Perkembangan sebuah perusahaan bukan hanya dilihat dari segi kekayaan yang dimiliki maupun juga sistem organisasi yang kuat tapi juga tidak lepas dari peran para SDM sebagai karyawan yang mendorong keberhasilan sebuah perusahaan merangkak naik menuju kesuksesan. Tanpa adanya SDM yang mumpuni, maka perusahaan pun tidak akan maju dan justru diambang kegagalan. Oleh sebab itu, diperlukan berbagai macam cara untuk membangun SDM yang solid dalam perusahaan yang akan membantu produktivitas sekaligus mampu dijadikan sebagai jalan untuk bisa meraih keuntungan dan bersaing dengan bisnis serupa lainnya. Perlu diketahui jika kemampuan SDM itu bukan hanya dilihat dari segi latar belakang pendidikannya saja karena belum tentu lulusan sarjana pun mampu bekerja dengan baik dimana lulusan SMP atau SMA bisa berusaha dengan giat.

Tentunya tidak semua SDM memiliki kemampuan yang sama sehingga sudah menjadi tugas Anda untuk membagi mereka menjadi sebuah kelompok sesuai dengan keahlian dan juga bagian kerja yang dibutuhkan di perusahaan. Untuk membangun kerja sama karyawan yang solid, maka Anda sebagai pemimpin atau pemilik perusahaan harus menentukan tujuan terlebih dahulu. Bukan tujuan dengan menargetkan pada keuntungan semata saja namun juga tujuan untuk apa mereka ada dan apa tugas karyawan itu. Tentukan tugas mereka masing-masing dalam satu divisi yang berbeda misalnya divisi penjualan. Berpaa target yang harus diperoleh dan siapa yang menjadi target? Hal itulah yang harus diperhatikan dengan baik sehingga mereka bisa menentukan strategi atau cara-cara tepat guna meningkatkan penghasilan lebih sekaligus mencapai target. Jika para SDM tersebut tidak diberikan tujuan yang jelas, maka mereka tentu saja tidak akan bisa melaksanakan tugasnya.

Selain itu, Anda juga perlu memberikan pelatihan kerja atau training sehingga mampu meningkatkan kreativitas dan juga produktivitas kerja para karyawan. Adanya pelatihan mampu membuat hubungan kerja setiap karyawan menjadi harmonis dan mereka pun dapat saling bekerja sama dengan baik tanpa adanya konflik internal maupun kesenjangan. Kerja sama mereka pun akan lebih solid dan kompak sehingga semua permasalahan yang dihadapi bisa diselesaikan dengan mudah. Karyawan senior pun tidak akan merasa lebih berpengalaman dan akan membantu para juniornya untuk bisa melakukan tugasnya dengan baik. Selain itu adanya pelatihan karyawan akan membuat mereka sadar akan tanggung jawab sekaligus beban yang harus dipikul. Pelatihan ini akan membuat batas dari pegawai senior dan junior menjadi hilang dan mereka pun lebih akrab lagi. Dengan bersatunya para karyawan, maka perusahaan pun akan berkembang dengan baik dan cepat.

Tentunya bukan hanya kerja sama antar karyawan saja yang perlu diperhatikan namun juga kondisi kerja yang kondusif dan stabil. Kondisi kerja yang baik bisa mendukung para karyawan untuk bekerja dengan aman sekaligus juga nyaman. Produktivitas para karyawan pun akan lebih meningkat dan bisa memotivasi para karyawan untuik bekerja lebih giat lagi dan terus berusaha meningkatkan nama baik perusahaan di kalangan masyarakat. Kondisi yang stabil ini bisa diciptakan dengan membuat suasana kantor lebih nyaman sekaligus tidak terlalu ada batas antara atasan dengan bawahan agar tercipta kondisi fair dan lebih baik. Namun pengertian tidak ada batas antara karyawan dengan atasan itu adalah bawahan bisa berbuat sesuka hatinya dan bertindak tidak sopan pada atasan serta tidak mengikuti aturan, melainkan atasan sebaiknya tidak langsung marah ataupun emosi ketika perusahaan menghadapi masa sulit. Akan lebih baik jika atasan dan bawahan mampu berkomunikasi dengan baik atau berdiskusi demi memperoleh solusi.

Jika kondisi perusahaan kurang stabil seperti ada ancaman PHK maupun perusahaan sepertinya akan mengalami kebangkrutan, maka Anda sebagai pemilik usaha pun tidak bisa mengharapkan apapun. Jangankan keuntungan, kerja sama tim maupun semangat kerja mereka pun tidak akan meningkat dan hanya rasa cemas akan resiko pemecatan saja yang membuat mereka terus berhati-hati jika hal buruk itu akan benar-benar terjadi. Semoga informasi mengenai cara membangun SDM yang solid dalam perusahaan bisa diterapkan oleh banyak pemilik perusahaan sehingga karyawannya merasa lebih dihargai dan bisa turut serta membantu meningkatkan kesuksesan perusahaan.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.