Daerah industri di Indonesia memang banyak. Namun, sebagian besar ada di Pulau Jawa. Jadi, jika Anda ingin berkunjung ke beberapa daerah industri di Indonesia berikut ini, Anda tidak memerlukan suku bunga KTA lantaran lokasinya yang tidak terlalu jauh.

Sebelumnya, Anda perlu tahu bahwa kawasan industri memang sengaja dijadikan pusat industri atau berdirinya berbagai macam perusahaan oleh Pemerintah sejak awal. Maka wajar jika di daerah industri terdapat banyak sekali perusahaan yang berdiri. Baiklah, daerah industri mana yang patut Anda kunjungi?

5 Daerah Industri Di Indonesia Yang Patut Dikunjungi

1. Karawang, Jawa Barat

Kawasan industri ini tergolong sangat menggiurkan bagi para pekerja. Hal ini dikarenakan karena gaji yang ditawarkan oleh perusahaan di daerah industri karawang sangat tinggi. UMR atau Upah Minimum Regional Karawang sendiri mencapai Rp 3,3 juta.

Tentu, ini lebih besar dibandingkan dengan Jakarta. Karawang adalah rumah bagi lebih dari 78 perusahaan dimana semua perusahaan ini bergerak di bidang yang sama yakni produksi. Sebagian besar perusahaannya adalah perusahaan sektor otomotif dari negeri Sakura.

2. Bekasi, Jawa Barat

Bekasi menempati urutan kedua sebagai daerah industri yang menawarkan gaji tertinggi di Indonesia. Di daerah Bekasi, hampir sama dengan daerah Karawang lantaran ada lebih dari 75 perusahaan yang bergerak di bidang yang sama, yakni bidang produksi.

Pastinya, dari perusahaan-perusahaan inilah ratusan ribu pekerja mencari nafkah serta masih banyak lagi lowongan pekerjaan yang tersedia. Untuk UMR sendiri, jika Bekasi Kota, UMR sekitar Rp 3,3 juta namun untuk UMR Kabupaten sekitar Rp 3,2 juta. Wajar saja jika banyak pencari kerja yang berbondong-bondong datang ke Bekasi.

3. Pulogadung, Jakarta

Pulogadung, Jakarta adalah daerah industri berikutnya yang wajib dikunjungi. Pulogadung sendiri menempati urutan ketiga sebagai daerah industri yang menawarkan gaji tertinggi. UMR Pulogadung untuk tahun 2016 sendiri mencapai Rp 3,1 juta.

Ini menunjukkan adanya peningkatan UMR daerah industri ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pulogadung adalah daerah industri yang sangat penting untuk daerah Jakarta lantaran Pulogadung merupakan rumah bagi lebih dari 40 perusahaan yang bergerak di berbagai sektor seperti otomotif, makanan, minuman dan obat-obatan.

Hanya saja, Pulogadung juga menawarkan biaya hidup yang tinggi. Oleh sebab itu, jika Anda ingin bekerja di dearah Pulogadung, biaya hidup yang relatif mahal bisa dijadikan pertimbangan dikarenakan gaji besar yang ditawarkan bisa saja tidak mencukupi beban hidup yang ada. Tentu, ini semua tergantung dari individu yang menjalaninya.

4. Surabaya, Jawa Timur

Surabaya adalah kota terbesar kedua setelah Ibukota Jakarta. Surabaya menempati urutan keempat sebagai daerah industri yang menawarkan gaji tinggi. UMR di daerah Surabaya mencapai angka Rp 3,04 juta. Perbedaannya bisa terbilang sedikit dengan UMR Jakarta.

Namun, tingkat biaya hidup di Surabaya tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan Jakarta atau daerah industri yang sudah disebut di atas. Maka wajar jika Anda lebih memilih Surabaya ketimbang Jakarta karena biaya hidup yang relatif murah.

Perusahaan yang ada di Surabaya bergerak di berbagai bidang dari mulai makanan, elektronik sampai garmen. Bagi Anda yang sedang melakukan survey atau ingin berkunjung ke daerah industri yang memiliki biaya hidup murah dan termasuk juga suku bunga KTA yang bisa saja lebih rendah, Surabaya adalah jawabannya.

5. Pasuruan, Jawa Timur

Kawasan industri berikutnya memiliki luas 518 hektar. Dengan luas sebesar itu, Pasuruan merupakan rumah bagi lebih dari 119 perusahaan dengan jumlah tenaga kerja mencapai lebih dari 23 ribu pekerja. Perusahaan yang berada di Pasuruan sebagian besar bergerak di bidang industri makanan dan minuman dan sebagian kecil di sektor lain seperti otomotif.

UMR yang ditawarkan kota ini mencapai Rp 3,03 juta. Walau Pasuruan dekat dengan kota Malang, tingkat UMR-nya jauh lebih tinggi 1 juta jika dibandingkan dengan Malang.

Hal yang menarik lainnya dari daerah industri yang sudah disebut di atas adalah sektor pariwisatanya dimana setiap kota atau daerah industri tersebut memiliki banyak tempat menarik yang wajib dikunjungi. Selain itu, jangan lupa untuk mencoba mencicipi jajanan khas kota tersebut seperti rujak cingur ketika Anda berada di daerah industri Surabaya.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.