3 Bekal untuk jadi Pengusaha Muda

Penggolongan UMKM

3 Bekal untuk jadi Pengusaha Muda – Kamu mungkin sudah tidak kuat lagi membendng keinginanmu untuk segera membuka dan menjalankan bisnis pertamamu ketika kamu melihat begitu banyaknya anak muda seusiamu muncul di berbagai media massa karena kesuksesan bisnis mereka.

Ya! Mereka yang sedang naik daun saat ini jadi pengusaha muda yang sukses mengeksekusi ide brilian mereka.

Tentu hal itu semakin membuatmu ingin seperti mereka, bukan? Selalu diundang menjadi pembicara dan membagikan kisah sukses mereka adalah salah satu pembuktian bahwa bisnis yang dirintis pengusaha muda tersebut menginspirasi banyak orang untuk sukses seperti mereka. Selain ide yang brilian tentu saja ada bekal yang perlu disiapkan sebelum eksekusi dilakukan.

Nah, apa saja bekal yang perlu kamu siapkan untuk memulai bisnis dari ide brilianmu?

3 Bekal untuk jadi Pengusaha Muda

1. Pilih jenis bisnis yang sesuai dengan minatmu

Terdengar klasik memang, namun usaha yang dijalankan sesuai minat terbukti lebih tekun untuk dijalankan. Ketertarikan dengan suatu hal membuat kamu akan tetap berenergi untuk mengeksplor lebih dalam tentang hal tersebut.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Modal Kecil Rp 1 Juta Tapi Bisa Untung Besar

Misalnya, kamu sangat senang dengan dunia traveling, rasanya setiap hari ingin selalu menarik koper untuk menjelajah tempat-tempat baru dan mengumpulkan informasi tentang destinasi wisata dan akomodasi terkait tempat baru tersebut.

Memutuskan untuk menjalankan usaha di bidang jasa tour dan travel sangat tepat untuk minatmu. Bayangkan saja, kamu bisa membuat dan menawarkan paket liburan menarik dan hemat untuk calon customermu dengan penuh energi karena kamu menyukai hal tersebut. Hati senang, uangpun datang!


2. Maksimalkan fungsi social media

Jangan hanya membagi cerita cintamu di social media, sudah saatnya kamu juga menyebarkan informasi tentang bisnis yang kamu rintis di sosial media.

Saat ini, cara tercepat membuat bisnismu jadi jadi bahan pembicaraan semua orang adalah dengan memanfaatkan social media.

Buat semua orang kenal dengan produk ataupun jasa yang kamu tawarkan sehingga orang-orang akan langsung ingat produk atau jasa yang kamu tawarkan ketika mereka butuh.

Selain itu, jika kamu aktif di social media maka akan banyak pula sesama pengguna social media yang akan mempromosikan bisnismu di akun mereka.


3. Pilih metode pendanaan usaha yang cocok

Jika kamu sudah siap dengan bisnis yang kamu minati maka saatnya kamu membuat financial plan untuk bisnismu.

Apakah akan dibiayai oleh tabunganmu, patungan dengan teman atau mendapatkan pinjaman dari keluarga terdekat.

Bisnis yang berjalan lancar ke depan tentu didorong dengan pendanaan yang disusun dengan baik pula. Kamu dapat menyusun biaya apa saja yang akan dikeluarkan untuk memulai bisnismu dan sumber dananya.

Tidak usah pusing dengan biaya yang sudah pasti dikeluarkan untuk memulai suatu bisnis, karena nantinya dana yang kamu keluarkan di awala tentu akan kembali beserta keuntungan kalau kamu dapat menyusun rencana keuangan dengan baik untuk bisnismu.

Tidak perlu khawatir dengan sumber dana karena banyak bisnis yang dimulai dengan modal awal yang kecil.

Kamu juga dapat bekerja sama atau patungan dengan teman yang minatnya sama dengan kamu selain bisa menambah semangat untuk menjalankan bisnis bersama, kamu dan temanmu juga dapat menangani pendanaan bisnis bersama.

Jangan lupa, saat ini juga sedang tren pendanaan bisnis dengan ‘crowdfunding’ dan juga peer-to-peer lending yang mulai merambah Indonesia.

Jadi, tunggu apalagi? Segera siapkan dirimu untuk menjadi pengusaha muda yang berpengaruh dan memberikan inspirasi bagi generasi muda lainnya.

Gunakan tiga bekal diatas agar semuanya ipersiapkan secara matang dan jangan lupa untuk mempersiapkan mentalmu karena untuk memulai bisnis dibutuhkan energi agar dapat menjalankan bisnismu dengan maksimal.

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
jonathan bryan

jonathan bryan

Head of Marketing for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.