Tokoh Difabel Inspiratif Indonesia yang Sukses dalam Bisnis – Memiliki kekurangan atau disability, bukanlah hal yang dapat menghalangi Anda untuk menjadi orang sukses.

Di luar dari kekurangan dan kelemahan seseorang, pasti ada suatu kelebihan yang lebih besar dibaliknya.

Tidak perlu khawatir dengan perkataan-perkataan negatif orang lain kepada Anda. Jadikan perkataan mereka sebagai hal yang dapat menguatkan diri Anda.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Jastip Tanpa Modal yang Besar

Tapi, kebanyakan orang masih menganggap para penyandang disabilitas adalah orang yang ‘berbeda’ dengan mereka yang memiliki kondisi normal.

Padahal itu salah, penyandang disabilitas juga memiliki kesempatan untuk sukses dan bahagia.

Nah, ternyata ada beberapa tokoh difabel inspiratif Indonesia yang sukses dalam bisnis lho. Penasaran dengan sosok mereka? Mari simak selengkapnya di bawah ini.


Tokoh Difabel Inspiratif Indonesia yang Sukses dalam Bisnis

1Habibie Afsyah

Habibie Afsyah - Tokoh Difabel Inspiratif Indonesia yang Sukses dalam Bisnis
img source: https://today.line.me/

Pria kelahiran 1988 ini mengalami kelumpuhan karena Muscular Dystrophy Progressive atau kelumpuhan yang berkaitan dengan kesalahan fungsi otot.

Habibie harus duduk di kursi roda setiap hari karena tidak bisa berjalan, bentuk tubuhnya juga tidak sempurna karena penyakit yang dideritanya.

Tapi, penyakitnya ini tidak pernah menghalanginya untuk selalu berusaha membahagiakan orangtuanya.

Di samping itu, ia memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Sehingga ia memutuskan pergi ke Singapura untuk mengikuti pelatihan marketing.

Setelah tiga minggu, Habibie kembali ke Indonesia dan langsung mendaftarkan dirinya dalam program affiliate situs Amazon.

Kini, ia telah berhasil menjalankan bisnis online (agen jual beli internasional) di situs tersebut. Habibie Afsyah sukses meraup pendapatan hingga sepuluh juta setiap bulannya. Hebat ya?


2Tarjono Slamet

Tarjono Slamet - Tokoh Difabel Inspiratif Indonesia yang Sukses dalam Bisnis
img source: https://foto.tempo.co/

Mantan pegawai PLN ini mengalami cacat seumur hidupnya akibat kecelakaan kerja, Tarjono tidak sengaja terkena setruman listrik bertegangan tinggi saat ia bekerja.

Kecelakaan tersebut membuat kakinya diamputasi dan jemari tangannya juga lumpuh akibat kerusakan saraf.

Selama dua tahun lebih, Tarjono terpuruk akibat kejadian yang menimpanya. Namun, setelah itu, ia berusaha bangkit kembali dengan mencoba mendirikan usaha baru (CV Mandiri Craft) untuk memperbaiki kehidupannya.

Bisnisnya ini fokus pada pembuatan kerajinan kayu untuk alat peraga pendidikan dan pembelajaran dengan berbagai bentuk yang menarik.

Produk yang dibuat oleh Tarjono Slamet sukses menembus pasar ekspor dengan pendapatan bisa sampai Rp150 juta setiap bulannya.


3Fanny Evrita Rotua Ritonga

Fanny Evrita - Tokoh Difabel Inspiratif Indonesia yang Sukses dalam Bisnis
img source: http://pengusahadahsyat.com

Wanita cantik yang akrab disapa Fanny ini berstatus tuna daksa. Ia seringkali mendapat perlakuan sensitif dari orang-orang di sekitarnya.

Tapi, Fanny berusaha keras untuk menepis perkataan mereka dengan tekad menjadi sukses di kemudian hari.

Keinginan dan usaha keras wanita kelahiran 1991 ini perlahan membuahkan hasil. Ia memulai bisnis produk kecantikan bernama Thisable Beauty Care.

Ini semua berkat ajakan Angkie Yudistia yang merupakan CEO dari Thisable Enterprise.

Baca Juga: 3 Womanpreneur Inspiratif Indonesia dan Pelajaran yang Bisa Dipetik dari Mereka

Fanny Evrita bersama dengan teman-teman penyandang disabilitas (difabel) lainnya berhasil meraih kesuksesan masing-masing setelah bergabung dengan Thisable Enterprise.

Sangat terlihat bahwa kesuksesan Fanny terwujud karena tekad kuat dalam dirinya untuk bangkit menjadi pebisnis yang hebat.


4Irma Suyanti

Irma Suyanti - Tokoh Difabel Inspiratif Indonesia yang Sukses dalam Bisnis
img source: http://www.monitorjakarta.com/

Tokoh difabel inspiratif Indonesia berikutnya bernama Irma Suyanti. Wanita yang biasa dipanggil Irma ini mengalami cacat fisik akibat polio yang dideritanya.

Ia menggunakan tongkat sebagai alat bantu untuk berjalan. Irma menyadari bahwa kekurangannya akan menyulitkannya melakukan segala hal.

Akan tetapi, pada tahun 1999 Irma pun berusaha bangkit dengan mendirikan bisnis pembuatan keset.

Awalnya, produk-produk miliknya itu dijual ke pasar dan tetangga sekitar rumah saja. Irma sangat bersyukur karena penjualannya kian hari kian meningkat.

Oleh karena itu, ia bertekad untuk memperbesar bisnisnya.

Luar biasa, kini Irma Suyanti berhasil mempekerjakan lebih dari 2500 karyawan, bahkan di antaranya banyak yang berstatus difabel sama seperti dirinya.

Kini, Irma Suyanti sukses meraih omzet ratusan juta setiap bulannya dari bisnis keset yang ia jalani.


Beberapa tokoh difabel inspiratif Indonesia di atas tentu bisa memotivasi Anda untuk mendirikan bisnis yang dapat membantu permasalahan finansial Anda.

Terlepas dari status difabel yang dialami, setiap orang harus selalu mengedepankan semangat dan tekad yang kuat untuk mencapai impian yang didambakan.

Anda tidak perlu mengkhawatirkan modal untuk membuka bisnis Anda. Berapapun nominalnya, KoinWorks akan dengan senang hati membantu Anda.

KoinWorks merupakan salah satu platform yang menyediakan jasa pinjaman online tanpa jaminan yang dapat memudahkan Anda.

Sebab Anda akan mendapat tambahan modal usaha dengan proses yang cepat dan tidak dipersulit.

Anda juga akan dikenakan bunga pinjaman yang cukup rendah, mulai dari 0,75% – 1,67% per bulan tanpa biaya tersembunyi.

Untuk keamanannya, Anda tidak perlu khawatir. KoinWorks sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan semua data yang diinput ke website kami terjamin aman karena sudah terenkripsi dengan baik.

Mari kembangkan bisnis Anda dengan bantuan KoinWorks. Selamat mencoba!


Artikel lainnya:

Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.