Cara Menghitung Berapa Banyak Pinjaman Modal yang Anda Butuhkan – Setiap jenis bisnis tentunya akan membutuhkan banyak dana dan modal untuk dapat bertumbuh dan berkembang.

Ada banyak cara untuk mendapatkan banyak modal, mulai dari pengajuan pinjaman kepada bank hingga pinjaman modal dari P2P Lending. Tapi berapa banyak dana yang sesungguhnya dibutuhkan? Menghitung berapa banyak pinjaman modal yang dibutuhkan memang tidaklah mudah.

Baca Juga: Bagi Pemilik Bisnis Online, 5 Tips Ini Bisa Meningkatkan Penjualan

Anda mungkin akan berpikir untuk mengajukan lebih banyak dana dari kebutuhan sebenarnya, berasumsi bahwa hal itu akan membantu Anda dalam jangka panjang dengan memiliki modal ekstra.

Namun, lebih banyak dana berarti harus bekerja lebih lama dan lebih sulit dalam mengembalikan uang itu kepada investor. Tentunya, meminjam dana yang sesuai dengan kebutuhan bisnis akan lebih menguntungkan.

Akan tetapi, jika Anda bingung untuk menghitung kebutuhan dana, maka berikut adalah beberapa tips yang dapat dipraktikan agar dapat mengetahui berapakah dana yang sesungguhnya dibutuhkan:

Cara Menghitung Berapa Banyak Pinjaman Modal yang Anda Butuhkan

1. Tentukan Tujuan

kembangkan bisnis online dengan pinjaman modal usaha koinworks koinbisnis

Saat membuat rencana keuangan, pastikan tujuan bisnis telah ditentukan. Apakah itu hanya untuk membangun sebuah toko batu bata atau untuk menciptakan produk baru. Tentukan tujuan sedetail mungkin saat mempresentasikan tujuan Anda.

Hal ini akan membantu Anda berfokus kepada apa yang benar-benar perlu dibeli untuk mencapai tujuan Anda. Pikirkan rencana keuangan yang kemudian dikonversikan sebagai bentuk anggaran; Ini akan memberikan panduan yang jelas tentang apa yang harus dilakukan.

2. Tentukan Timeline yang Direncanakan

ilustrasi peminjaman menggunakan kartu kredit

Rencana keuangan harus disertai dengan garis waktu yang direncanakan. Lakukan yang terbaik untuk memperkirakan tenggang waktu untuk sub-tujuan yang perlu Anda capai dalam perjalanan menuju tujuan utama Anda. Anggap ini sebagai taktik yang perlu dibangun untuk mencapai strategi jangka panjang.

Baca Juga: 5 Cara Bagaimana Fintech Mampu Membantu Perkembangan UKM

Merencanakan tenggang waktu juga akan memungkinkan untuk menghitung kebutuhan modal dengan lebih baik. Ini akan mendorong Anda untuk melihat periode-periode yang mungkin akan memaksa Anda untuk mengeluarkan dana ekstra.

Perhatikan periode waktu ketika lebih banyak modal akan diperlukan untuk mendanai sebuah proyek baru atau menciptakan produk baru, lalu anggarankan sesuai dengan itu.

3. Hitung Kebutuhan Finansial Anda

pengelolaan arus kas yang baik

Setelah menciptakan tujuan dan tenggang waktu yang ditetapkan, maka bersiaplah untuk menghitung kebutuhan finansial. Cantumkan semua yang dibutuhkan untuk mencapai visi bisnis Anda. Ada tiga kategori modal berbeda yaitu; modal tetap, modal kerja, dan modal manusia.

Modal tetap terdiri dari barang-barang produksi yang tahan lama, biasanya digunakan selama masa operasional. Tanaman, traktor, dan pabrik adalah contoh dari modal tetap. Biasanya, modal tetap memiliki harga yang mahal dan tidak likuid, tapi akan sangat diperlukan untuk mendukung operasional bisnis Anda.

Baca Juga: 3 Keadaan Dimana Pinjaman Bisnis Bisa Sangat Membantu Pebisnis Online

Modal kerja terdiri dari barang produsen sekali pakai, seperti bahan baku, barang dalam proses, dan bahan bakar. Apa pun yang digunakan dalam satu tindakan produksi dianggap sebagai modal kerja. Karena karakteristiknya, modal kerja bisa lebih sulit dikelola. Jadi persiapkan dengan baik saat menghitung berapa modal yang Anda butuhkan.

Modal manusia dapat dengan mudah didefinisikan sebagai orang-orang yang bekerja untuk perusahaan Anda dan keterampilan masing-masing, latar belakang pendidikan, kesehatan, dan lain-lain.

Seperti modal tetap dan modal kerja, pengeluaran untuk modal manusia perlu sedetail mungkin. Biaya penggajian, anggaran untuk sumber daya manusia yang lebih banyak, dll – catat semuanya dan buat rentang biayanya.

Merencanakan berapa banyak dana yang dibutuhkan mungkin terdengar sangat menyita waktu, tapi percayalah bahwa hal ini akan membantu Anda memiliki persiapan yang lebih matang dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Perbedaan Kredit Tanpa Agunan dan Kredit Dengan Agunan serta Pengaruhnya Terhadap Investor

Begitu Anda mendapatkan pinjaman modal yang  dibutuhkan, Anda juga bisa melakukan evaluasi kembali kepada perhitungan yang ada agar tetap berada di jalur yang benar. Jadi buatlah perencanaan sedetail mungkin!

Setelah Anda selesai menghitung perencanaan dana yang dibutuhkan, maka selanjutnya adalah waktunya untuk mencari pinjaman tersebut. KoinWorks memberikan peluang bagi bisnis Anda untuk terus berkembang dengan pinjaman modal usaha dari KoinBisnis.

Para pebisnis online yang memiliki visi yang kuat dalam meningkatkan penjualannya dari waktu ke waktu berhak untuk mendapatkan pinjaman hingga Rp 2 miliar dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% per bulan. Menarik sekali, bukan? Yuk ajukan pinjaman ke KoinWorks.


Ajukan Pinjaman


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks




Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.