Perbedaan Kredit Tanpa Agunan dan Kredit Dengan Agunan serta Pengaruhnya Terhadap Investor – Setiap pebisnis yang hendak mencari pinjaman, biasanya akan selalu beralih kepada dua jenis pinjaman ini. Mungkin sudah sangat tidak asing bagi Anda mendengar jenis pinjaman kredit tanpa agunan dan kredit dengan agunan ini.

Seperti yang Anda ketahui, keduanya sama-sama mampu memberikan dana pinjaman bagi nasabah yang membutuhkan. Tentunya, masing-masing jenis pinjaman juga memiliki syarat tertentu yang tetap harus dipenuhi oleh nasabah.

Lalu sebenarnya apa perbedaan dari Kredit Tanpa Agunan dan Kredit Dengan Agunan Yuk mari membahasnya!

Apa Itu Kredit Tanpa Agunan (KTA)? Mari Mengenalnya Lebih Dalam

Sesuai dengan namanya, maka pinjaman melalui metode ini dapat kita lakukan tanpa memberikan jaminan atau agunan apapun. Kredit Tanpa Agunan ini sangat cocok bagi Anda yang memang tidak ingin menjaminkan aset yang Anda miliki.

Pinjaman jenis ini juga akan memiliki waktu pencairan yang relatif lebih cepat, namun nominal yang dipinjamkan juga memiliki limit yang tidak terlalu besar. Biasanya nominal maksimal yang akan dikeluarkan bank hanya berkisar Rp 50.000.000,00.

Dalam jenis pinjaman ini, bunga yang ditawarkan biasanya juga akan relatif tinggi. Maka, pastikan Anda telah memperhitungkan dengan matang mengenai cicilan yang akan dibayarkan nantinya. Pastikan cicilan tersebut tidak akan menyusahkan dikemudian hari.

Baca Juga: Persiapan dan Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Menjelang Ramadhan dan Lebaran

Sehubungan dengan tenor atau jangka waktu pelunasan kredit, pinjaman jenis ini biasanya hanya diberikan waktu sekitar 1-2 tahun. Untuk dapat mengajukan KTA, biasanya syarat-syarat yang diperlukan akan lebih sedikit dan tidak akan terlalu merepotkan.

Biasanya pinjaman KTA ini cenderung dipakai oleh nasabah untuk hal-hal yang bersifat mendesak, seperti membayar uang sekolah, renovasi rumah saat musim hujan, atau untuk membeli barang untuk keperluan bisnis.

Apa Itu Kredit Dengan Agunan (KDA)?

Berbeda dengan KTA, maka kredit dengan agunan membutuhkan aset dalam proses peminjamannya. Akan tetapi, dengan memberikan jaminan aset, nasabah akan mendapatkan beberapa keringanan, seperti bunga yang lebih rendah jika dibandingkan dengan KTA.

Selain bunga yang lebih rendah, tenor yang diberikan biasanya juga akan relatif lebih panjang. Untuk Kredit Dengan Agunan, bank dapat memberikan tenor hingga 25 tahun masa cicilan.

Nominal yang dapat diajukan untuk dipinjam oleh nasabah juga akan cenderung lebih besar, nasabah dapat meminjam dana sampa miliaran melalui Kredit Dengan Agunan ini.

Namun, perlu Anda ketahui, karena nominal yang diajukan cenderung besar maka syarat yang diajukan tentunya lebih rumit, dan proses pencairan dana juga akan berlangsung cukup lama karena akan ada proses appraisal (penilaian) yang dilakukan oleh bank.

Baca Juga: Butuh Modal Usaha Untuk Bisnis Online? Coba Ajukan Melalui Platform P2P Lending

Pinjaman jenis ini biasanya akan diajukan oleh nasabah untuk keperluan jangka panjang, seperti kredit usaha atau kredit kepemilikan rumah (KPR).

Lalu, jenis aset apa saja yang dapat menjadi jaminan bagi pengajuan Kredit Dengan Agunan?

Jenis Aset yang Diperlukan Saat Mengajukan Kredit Dengan Agunan (KDA)

1. Properti

Aset berupa properti ini tidak hanya mengacu pada rumah saja, namun cukup meluas mencakup gudang, ruko, hotel, tanah bahkan gedung. Jika Anda ingin mengajukan properti yang Anda miliki sebagai agunan maka Anda cukup menyerahkan sertifikat kepemilikan yang dimiliki kepada bank.

Selanjutnya, bank akan melakukan proses penilaian apakah properti tersebut layak atau tidak dijadikan jaminan. Sebagai contoh, jika Anda mengajukan ruko Anda sebagai jaminan, maka kondisi ruko harus dalam keadaan baik, minim kerusakan, terletak dilokasi yang mudah diakses oleh kendaraan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha

Jika ruko Anda kemudian memenuhi persyaratan maka Bank akan meloloskan pengajuan kredit Anda. Rata-rata nominal kredit yang akan diberikan untuk jaminan properti berkisar Rp 100 juta sampai dengan Rp 2,25 miliar dengan tenor yang bervariasi mulai dari 2 hingga 10 tahun.

2. Mobil

Selain properti, Anda juga dapat memberikan mobil sebagai jaminan dalam proses mengajukan kredit. Anda dapat menyerahkan STNK, BPKB asli, beserta kunci kendaraan.

Tentunya, mobil yang akan dijaminkan harus dalam kondisi yang layak, dengan usia kendaraan maksimal 10 tahun. Melalui kendaraan yang Anda jaminkan, biasanya nasabah akan menerima pinjaman hingga Rp 100 juta, dengan maksimal tenor selama 5 tahun.

3. Emas

Jika Anda memiliki emas, maka tentunya barang ini dapat Anda jadikan sebagai jaminan untuk mengajukan pinjaman ke bank. Namun, perlu Anda ketahui bahwa uang tunai yang dijaminkan biasanya hanya berkisar 85% dari nilai emas yang digadaikan.

Contohnya, jika emas yang Anda gadaikan senilai Rp 10 juta, maka Anda akan memperoleh uang tunai sebesar Rp 8,5 juta.

4. Deposito

Jenis aset lain yang dapat dijadikan jaminan adalah deposito. Biasanya bank akan meminta bilyet deposito Anda sebagai jaminan untuk bank.

Setelah itu, barulah bank mulai memeriksa akan keaslian, legalitas, dan kebenaran dari deposito Anda. Akan tetapi, tentunya selama Anda belum melunasi pinjaman Anda ke bank, maka deposito yang dimiliki tidak akan bisa dicairkan.

5. Surat Berharga dan Saham

Jaminan lain yang dapat diberikan adalah surat berharga dan saham. Surat berharga dan saham yang dijadikan sebagai jaminan tentunya harus tetap memenuhi persyaratan yang ada. Contohnya, saham harus aktif diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia atau memiliki peringkat investasi.

6. Hewan Ternak

Nah, jaminan kali ini mungkin sedikit terdengar tidak masuk akal. Namun, beberapa bank seperti Mandiri, Bank Jateng, Bank Jatim, BRI, dan BNI turut menerima hewan ternak sebagai jaminan untuk mengajukan pinjaman.

Baca Juga: 

Biasanya hewan ternak yang dijaminkan terbatas kepada sapi betina produktif, sapi hamil maupun sapi siap hamil. Umumnya, program ini dilakukan untuk membantu para peternak yang ingin memperbesar usahanya dengan mengajukan modal pinjaman kepada bank.

Nah, sekarang sudah mengerti bukan mengenai Kredit Tanpa Agunan dan Kredit Dengan Agunan? Kedua jenis pinjaman memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tentunya Anda dapat mempertimbangkan mana yang paling cocok untuk Anda. Selain itu, Anda juga tentunya dapat melakukan pinjaman melalui KoinWorks.

Baca Juga: 

KoinWorks mampu memberikan pinjaman dengan bunga 0,75% hingga 1,67% perbulan untuk Anda. Di samping itu, syarat yang akan dilengkapi juga relatif lebih mudah dengan biaya yang lebih rendah. Anda dapat mengajukan pinjaman dengan mudah di manapun Anda berada melalui website KoinWorks tanpa harus mendatangi kantornya.

Penutup

Dari sudut pandang investor, kredit yang memiliki agunan tentu dirasa lebih terjamin. Hal ini wajar adanya karena bila peminjam tidak menunjukkan itikad baik untuk membayar pinjamannya, ada agunan yang bisa dijadikan ‘ganti rugi’ atas pinjamannya.

Di sisi lain, bukan berarti KTA sepenuhnya tidak aman. Standar penilaian yang sangat ketat diberlakukan bagi setiap peminjam, baik KDA maupun KTA.

Bagi para investor yang sudah tergabung di KoinWorks, kini pinjaman dengan agunan (KDA) sudah tersedia di dalam platform dan bisa segera Anda danai. Masuk ke menu Telusuri/Browse di Lender Dashboard Anda, pinjaman dengan agunan ditandai dengan icon kunci di sisi kirinya, seperti yang terlihat pada gambar berikut:

pinjaman dengan agunan KoinWorks - KDA KoinWorks

Dengan begitu, investor akan merasa semakin aman untuk mendanai di KoinWorks. Perlu diingat bahwa setiap peminjam akan dinilai dengan sangat ketat sebelum bisa terbit di dalam platform KoinWorks dan siap untuk didanai.

Jadi, jangan pernah ragu untuk menyalurkan dana investasi Anda ke berbagai peminjam di KoinWorks. Selamat berinvestasi!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.