Mulai Resolusi Tahun Baru dengan Ceklis 5 Hal Finansial Berikut!

·
4 menit
resolusi tahun baru featured-download-kalender-2020

Mulai Resolusi Tahun Baru dengan Ceklis 5 Hal Finansial Berikut! – Tidak lebih dari dua minggu lagi, kita akan menyambut tahun baru 2020 yang penuh harapan dan menutup satu dekade dengan senyuman.

Di tahun yang baru, bisanya banyak orang membuat pembaruan terhadap rencana-rencana yang ingin dicapai di tahun berikutnya.

Hal inilah yang seringkali dikenal dengan “resolusi tahun baru” oleh banyak orang, tak terkecuali kamu, kan?

Resolusi yang dibuat bisa berasal dari kategori apa saja, mulai dari kesehatan hingga finansial. Kategori finansial tentunya sangat populer, karena berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari.

Nah sebelum kamu memulai untuk membuat resolusi di tahun 2020 nanti, yuk coba untuk tutup finansial akhir tahun dengan men-ceklis 10 hal berikut!

Setelah itu, niscaya resolusi finansialmu di tahun 2020 bisa tercapai!


Mulai Resolusi Tahun Baru dengan Ceklis 5 Hal Finansial Berikut!

Sisihkan Waktu 60 Menit 

cpns-tipu-penipuan-tips-cek-ricek-Ini Dia 5 Cara Hindari Penipuan Berkedok Tes CPNS! - Investasi untuk PNS - jenis investasi jangka panjang - resolusi tahun baru

Waktu 60 menit, untuk apa? Kamu bisa menggunakannya untuk meninjau kembali finansial selama satu tahun ke belakang, jangan lupa untuk mengajak pasanganmu bila ada.

Caranya, cukup siapkan kertas dan pulpen atau bila ingin lebih mudah kamu bisa menggunakan laptop, lalu cobalah untuk buat pertanyaan-pertanyaan seputar finansial dan jawab dengan sejujur-jujurnya.

Berikut contoh pertanyaan yang bisa kamu masukkan pada ceklis.

  1. Apakah kamu menyisihkan uang lebih banyak atau lebih sedikit dari yang diharapkan?
  2. Apakah kamu dapat membayar semua tagihan tepat waktu?
  3. Apakah ada pengeluaran tak terduga selama satu tahun? Jika ada berapa jumlahnya?

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jujur, tentukan juga hal-hal yang perlu kamu tingkatkan di tahun berikutnya.

Hal ini, bisa membantu kamu untuk konsisten dan berkomitmen dalam membuat perubahan di resolusi tahun baru finansialmu di 2020.


Buat Rencana Finansial untuk Pengeluaran Besar 6-12 Bulan ke Depan

Membuat Rencana Anggaran Setiap Bulan - resolusi tahun baru

Pengeluaran besar biasanya bisa terjadi terjadi ketika ada perubahan terhadap fase kehidupan kamu seperti menikah, bercerai, berulang tahun, masuk kuliah atau memulai suatu bisnis.

Tak hanya itu, kamu juga bisa saja mengeluarkan banyak dana ketika berurusan dengan masalah kesehatan, perbaikan rumah, atau mungkin munculnya kebutuhan untuk memiliki mobil baru untuk mendukung kegiatan sehari-hari.

Nah, apapun itu ketika kamu memiliki rencana pengeluaran besar ada beberapa pilihan yang bisa kamu pilih untuk memenuhinya seperti menyisihkan uang, mengajukan pinjaman, menggunakan kartu kredit bahkan mengadaikan barang.

Kamu harus pastikan bahwa pilihan yang dipilih tidak menggangu finansialmu.

Kamu boleh mengambil pinjaman ketika cicilan bulanannya, ketentuan serta bunganya sesuai dengan budget.


Tinjau Kembali Asuransi Kesehatan

cara-hitung-bpjs-kesehatan-sakit-iuran-bayar - 5 Jurusan Kuliah Favorit yang Akan Dibutuhkan 2020 Mendatang! - resolusi tahun baru

Kamu sudah mengambil asuransi kesehatan? Bagus, apakah semua benefit yang kamu dapatkan selama ini sesuai dengan kebutuhan?

Meninjau kembali asuransi kesehatan, bisa menjadi poin penting sebelum kamu membuat resolusi tahun baru nanti.

Setelah selama setahun penuh membayar premi, menggunakannya di suatu instansi rumah sakit lalu melakukan proses klaim, apakah semua sudah sesuai dengan yang tertera pada buku polis atau perjanjian yang dibuat?

Jika kamu merasa ada beberapa poin yang ternyata tidak sesuai dengan harpanmu saat pertama kali mendaftar asuransi. Baiknya kamu mulai mencari opsi asuransi kesehatan yang lain.


Uang di Hari Raya

5 Tips Jitu Menghemat Pengeluaran Natal, Mau Mencobanya

Tinggal di Indonesia dengan beragam suku dan budaya, menjadikan kita memiliki beragam hari raya besar.

Hari besar tersebut biasanya sering dijadikan momentum untuk berkumpul bersama keluarga, ataupun kerabat dekat. Lalu bagaimana dengan kamu?

Nah di momen ini, kamu sebagai seorang yang berpenghasilan tak jarang akan mengeluarkan sejumlah uang untuk berpartisipasi. Entah itu memberikan THR, angpao, kado ataupun bingkisan.

Cek kembali berapa banyak uang yang kamu keluarkan saat itu dan jadikan hal tersebut sebagai acuan perencanaan anggaran di tahun 2020.


Dana Darurat dan Rencana Pensiun

dana-darurat-emergency-fund-5 Tanda Gaji Bulanan Anda Ternyata Belum Cukup - cara membeli mobil-Dana Pensiun - 4 Tujuan Keuangan yang Wajib Anak Jaman Sekarang Punya! - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!-mempersiapkan dana pensiun-Makan Siang di Kantor, Lebih Hemat Masak Sendiri atau Beli?-5 Tips Hemat Memanfaatkan Layanan Transportasi Online-5 Cara untuk Menghibur Tamu Pesta dengan Anggaran yang Terbatas-Cara Pintar Mengatur Keuangan Rumah Tangga untuk Pasangan Baru

Kedua hal ini merupakan poin penting yang masuk dalam tujuan finansial wajib bagi setiap orang.

Kamu wajib memiliki dana darurat yang jumlahnya 4 kali lipat dari pengeluaran bulanan kamu. Dana darurat ini harus bersifat likuid, yang mudah dicairkan setiap kamu memerlukannya.

Sedangkan, untuk rencana pensiun apakah kamu sudah melakukannya? Jika belum, mulailah sekarang juga karena merencanakan pensiun haruslah dilakukan sedini mungkin.

Baca Juga: Catat! 3 Pelajaran Finansial Penting dari Film Knives Out!

Kamu bisa mulai merencanakan dana pensiun dengan mengumpulkan dana melalui penghasilan bulanan. Setelah itu, sisihkan 20% dari gaji kamu untuk diinvestasikan melalui Reksa Dana, Saham, Deposito atau melalui KoinWorks, Super Financial App.

KoinWorks Super Financial App adalah suatu platform yang memungkinkan kamu mengakses finansial seperti mendanai dan meminjam dana di satu aplikasi,

Kamu bisa memanfaatkan produk KoinP2P dan KoinRobo dari KoinWorks sebagai investasi alternatif dengan imbal hasil hingga 21,32% per tahun hanya dengan modal awal Rp100.000

Jangan khawatir, dana kamu aman karena dana proteksi. Selain itu, KoinWorks saat ini juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk tahu bagaimana cara selengkapnya? Kamu bisa baca artikel ini.


Itulah 5 ceklis finansial yang harus kamu lakukan sebelum membuat resolusi tahun baru untuk 2020.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Firda
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.
0 0 vote
Article Rating

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih