Pengertian Obligasi Dan Keuntungan Memilih Obligasi Sebagai Investasi – Sejauh ini, popularitas investasi obligasi tidak seramai saham dan deposito. Namun, bukan berarti jenis investasi ini tidak ada peminatnya.

Bahkan ORI sampai saat ini menjadi salah satu obligasi negara (Surat Utang Negara) yang sangat diburu oleh masyarakat.

Baca juga: Investasi Obligasi Untuk Anda yang Memiliki Modal Terbatas

Berbicara tentang investasi obligasi, memang apa saja sih keuntungan berinvestasi surat utang? Nah, sebelumnya pahami dulu apa pengertian obligasi berikut ini.


Pengertian Obligasi Dan Keuntungan Memilih Obligasi Sebagai Investasi

1Apa Itu Obligasi?

Inilah Manfaat Inklusi Keuangan yang Perlu Anda Ketahui!

Obligasi merupakan surat utang yang diterbitkan oleh entitas pemerintahan atau perusahaan dengan jangka waktu tertentu. Dengan memiliki obligasi, itu artinya negara atau perusahaan berutang pada Anda sebesar yang dijanjikan dengan waktu jatuh tempo yang disepakati.

Selain itu, debitur (dalam hal ini negara atau perusahaan) akan membayarkan bunga atau kupon kepada Anda setiap bulannya. Investasi obligasi juga termasuk jenis investasi yang aman dan mumpuni.

Setelah mengetahui pengertian obligasi, selanjutnya Anda perlu mengetahui keuntungan dari investasi obligasi itu sendiri. Berikut adalah penjelasannya.


2Keuntungan Investasi Obligasi

Ayo Ketahui Karakteristik Obligasi Berikut Ini!

Ketika memutuskan untuk memilih investasi, pastikan untuk mengulik segala informasi tentang investasi terkait, termasuk keuntungan yang akan Anda dapat.

  • Memperoleh kupon (bunga) secara berkala. Baik setiap bulan, tiga bulan, atau enam bulan sekali. Kupon tersebut terbagi menjadi dua, yaitu kuponĀ fixedĀ (tetap) dan kuponĀ floatingĀ (mengambang/tidak tetap).
  • MendapatĀ capital gain saat menjual obligasi kepada investor umum. Capital gain adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan, dihitung dari selisih harga jual dikurangi dengan harga beli suatu obligasi.
  • Pasti dibayarkan kembali ditambah denganĀ returnĀ (kupon). Jika itu obligasi negara, Anda tidak perlu khawatir karena sudah dijamin keamanannya. Sudah pula tercantum dalam UU No. 24 Tahun 2002 Tentang Surat Utang Negara atau UU No. 19 Tahun 2008 Tentang Surat Berharga Syariah Negara.
  • Keuntungan kupon obligasi lebih tinggi daripada keuntungan bunga deposito.Ā Hal ini tentu menjadi pertimbangan Anda dalam berinvestasi agar dapat menerima keuntungan semaksimal mungkin.
  • Dapat dijadikan sebagai jaminan atau agunan. Obligasi bisa digunakan sebagai agunan untuk mendapatkan pinjaman ke bank atau membeli saham ke bursa efek (stock exchange).

Bagaimana? Penjelasan di atas sudah bisa meyakinkan Anda untuk melakukan investasi obligasi belum?

Sebagai informasi tambahan, ternyata investasi yang aman bukan hanya obligasi saja. Anda bisa mengalokasikan dana Anda di KoinWorks, salah satuĀ fintech yang menyediakan jasa pendanaan dengan sistem P2P Lending.

KoinWorks secara resmi terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keamanannya.

Mulai dari Rp100.000 dan berlaku kelipatannya, Anda bisa mulai mendanai dan mendapat imbal hasil hingga 21,32% per tahun dengan dana proteksi sampai 100% tergantungĀ gradeĀ risiko yang Anda pilih.

Pilihan ada di tangan Anda, sebab investasi apapun yang Anda pilih tergantung pada perspektif Anda masing-masing. Satu hal yang penting adalah Anda perlu memahami lebih dulu hal-hal seperti ini sebelum Anda mulai berinvestasi.

Semoga bermanfaat!



Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.