Argentina Juara Piala Dunia, Berikut Rincian Asetnya

argentina juara piala dunia

Gelaran Piala Dunia 2022 Qatar resmi ditutup dengan keberhasilan Argentina juara Piala Dunia.

Pertandingan final Argentina Vs Perancis telah digelar pada 18 Desember lalu. Menariknya, duel antara Argentina dan Perancis ini tak hanya untuk memperebutkan juara Piala Dunia 2022 saja melainkan juga untuk mengincar trofi ketiga untuk predikat juara Piala Dunia. 

Sebelumnya, Argentina pernah juara Piala Dunia pada tahun 1978 dan 1986. Sementara itu, Perancis juara Piala Dunia pada tahun 1998 dan 2018. 

Dalam setiap pertandingan pasti ada yang menang dan kalah termasuk dalam Piala Dunia.

Pada hajatan empat tahun sekali tersebut, Argentina berhasil keluar sebagai juara Piala Dunia tahun 2022 setelah mengalahkan Perancis di laga pamungkas dengan skor 4-2 saat adu penalti.

Meski gagal mengalahkan Argentina, Perancis tetap menjadi juara bagi pendukungnya, kok! 

Masih dengan euforia Piala Dunia 2022, pada artikel ini KoinWorks akan mengajak kamu mengintip aset dari sang juara piala dunia, Argentina dan juga Perancis.  

Penasaran, dong?

Sebelum itu, simak perjalanan singkat Argentina dan Perancis di Piala Dunia tahun 2022 sebelum dipertemukan di laga final, yuk!


Perjalanan Argentina dan Perancis di Piala Dunia Tahun 2022

Bukan hal mudah bagi Argentina dan Perancis untuk mencapai partai terakhir turnamen sepak bola yang satu ini. 

Melansir dari laman resmi FIFA, berikut rangkuman perjalanan mereka dalam laga Piala Dunia 2022.


Argentina

Pada Piala Dunia 2022, Argentina tergabung dalam grup C bersama tiga negara lainnya, yaitu Arab Saudi, Meksiko, dan Polandia. 

Pertandingan grup C berlangsung pada 22-30 November 2022. Sementara itu, Argentina berhasil menempati klasemen teratas grup C setelah menang atas Polandia di laga terakhir. 

Rincian terkait skor Argentina selama pertandingan fase grup adalah sebagai berikut: 

  • Argentina (1) Vs Arab Saudi (2)
  • Argentina (2) Vs Meksiko (0)
  • Polandia (0) Vs Argentina (2)

Sementara itu, di babak 16 besar Argentina dipertemukan dengan Australia. Hasilnya, Argentina menang 2-1 dan berhasil masuk ke babak perempat final. 

Kemudian pada babak perempat final, Argentina berhadapan dengan Belanda dan menghasilkan skor akhir 2-2 yang mengharuskan keduanya untuk adu penalti. Hasilnya, Argentina menang 4-3 dan kembali melaju ke babak semifinal. 

Lanjut, pada babak semi final, Argentina berhasil mengalahkan Kroasia dengan skor akhir 3-0 dan mengantarkan Argentina pada babak final Piala Dunia 2022.


Perancis

Beralih ke Perancis, pada laga Piala Dunia 2022 negara ini masuk pada grup D bersama tiga negara lain, yaitu Australia, Tunisia, dan Denmark. 

Berikut rincian skor Perancis pada pertandingan grup D.

  • Perancis (4) Vs Australia (1)
  • Perancis (2) Vs Denmark (1)
  • Tunisia (1) Vs Perancis (0)

Meskipun dihajar oleh Tunisia, hal tersebut tak pengubah kedudukan Perancis sebagai juara grup D dengan total enam poin dan masuk dalam babak 16 besar. 

Lho, bukannya total poin Australia juga enam, ya?

Yap. Akan tetapi, Australia kalah selisih gol dari Perancis, guys. Itulah mengapa hanya Perancis yang masuk dalam babak 16 besar. 

Di babak 16 besar, Perancis dihadapkan dengan Polandia. Hasilnya Perancis berhasil unggul dengan skor akhir 3-1. Hal ini mengantarkan Perancis pada babak perempat final. 

Pada babak perempat final, Perancis dipertemukan dengan Inggris. Hasilnya, Perancis unggul dengan skor akhir 2-1. 

Setelah berhasil mengalahkan Inggris, Perancis harus bertanding dengan Maroko pada babak semi final. Hasilnya, Perancis unggul 2-0. 

Atas kemenangannya melawan Maroko, Perancis berhasil masuk dalam babak final untuk bertanding dengan Argentina. Yang hasilnya pun sudah kita saksikan bersama pada laga 18 Desember 2022 lalu. 


Bedah Aset Negara Argentina

Melansir dari laman resmi World Bank, Argentina memiliki Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar US$491.49 miliar dengan pertumbuhan ekonomi di tahun 2021 mencapai 10.4%.

Angka tersebut menandai bahwa pemulihan ekonomi Argentina terbilang cepat setelah turun 9.9% di tahun 2020 akibat Covid-19

Selain itu, dengan angka PDB yang mencapai US$490 miliar, Argentina menjadi salah satu negara dengan ekonomi terbesar di Amerika Latin, lho. 

Hal tersebut salah satunya didukung oleh aktivitas ekspor agrikultur, yaitu kedelai dan gandum yang menjadi sumber devisa terbesar Argentina di tahun 2021. 

Tak hanya itu, Argentina juga memiliki sumber daya alam di bidang energi dan pertanian yang besar. Dengan wilayah 2,8 juta kilometer persegi, Argentina diberkahi tanah yang subur, cadangan gas dan litium, serta potensi besar untuk energi terbarukan. 

Selain itu, Argentina juga memiliki peluang signifikan di berbagai subsektor manufaktur dan layanan inovatif di industri teknologi tinggi, lho.

Lalu, bagaimana dengan Perancis?


Bedah Aset Negara Perancis

Melansir dari sumber yang sama, di tahun 2021 PDB Perancis mencapai US$2.94 triliun dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 7%. 

Pertumbuhan tersebut bisa dikatakan sebuah sejarah baru sejak 52 tahun yang lalu, lho. Hal ini bisa terjadi karena adanya pemulihan aktivitas setelah pandemi Covid-19 yang berhasil menaikan pertumbuhan ekonomi pada kuartal ketiga tahun 2021. 

Bahkan, berdasarkan data dari Katadata, Perancis masuk dalam peringkat 7 negara dengan PDB tertinggi di dunia tahun 2021, lho.  

Melihat Paris (ibukota Perancis) yang terkenal sebagai pusat mode dunia yang membuat tak sedikit wisatawan asing yang tertarik mengunjunginya. Selain itu, sebagai negara yang terkenal akan fashion-nya Perancis juga telah melahirkan brand-brand ternama, sebut saja Louis Vuitton dan Hermes. 


Ngomongin tentang Piala Dunia, pernah enggak sih kamu kepikiran kalau suatu saat ingin menonton pertandingan tersebut secara langsung?

Kamu bisa wujudin mimpi kamu dengan rajin melakukan pendanaan di KoinP2P dari KoinWorks, lho. 

Mulai dari Rp100 ribu saja kamu sudah bisa melakukan pendanaan dengan imbal hasil hingga 18% per tahun!

Yuk, mulai pendanaan KoinP2P!

Dengan KoinWorks, #SatuKlikUntukWujudkan finansial impianmu.

Kunjungi KoinP2P!

 

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.