Bedah Aset Brazil, Negara Dengan Juara Piala Dunia Terbanyak

bedah aset brazil

Di artikel ini, KoinWorks akan mengajak kamu untuk bedah aset Brazil, sang juara Piala Dunia terbanyak. 

Sepak bola dan Brazil merupakan dua hal yang saling terkait dan tidak bisa dipisahkan. Buktinya, mencari sepak bola di Brazil seperti halnya mencari mie instan di Indonesia. Saat ini, negara dengan nama lain Republik Federatif brazil ini memiliki 776 klub sepak bola profesional, lho.

Selain itu, Brazil juga sering disebut sebagai kiblat sepak bola dunia. Bagaimana tidak?

Negara ini telah menjuarai pentas sepak bola bergengsi Piala Dunia lima kali, lho. Bahkan, Brazil menjadi negara yang paling banyak juara Piala Dunia. 

Melihat prestasinya yang begitu luar biasa, penasaran enggak sih berapa aset yang dimiliki negara ini?


Overview Demografi Brazil

Brazil adalah negara yang terletak di benua Amerika Selatan dengan luas wilayah sebesar 8,516 juta kilometer persegi. Dengan luas tersebut, Brazil termasuk dalam negara terluas di dunia. 

Meski begitu, Brazil juga menjadi negara terpadat ke 5 di dunia dengan jumlah penduduk lebih dari 213 juta jiwa dan sekitar 70%-nya berada pada rentang usia produktif, yaitu 15-64 tahun. 

Sama halnya dengan Indonesia, Brazil juga merupakan negara yang memiliki populasi beragam, lho. Secara umum, etnis utama Brazil berasal dari rumpun Eropa, Ameridian, dan Afrika. Sementara secara historis, Brazil telah mengalami banyak percampuran etnis, ras, dan asimilasi budaya. 

Tak hanya itu, masih ingat dengan gelaran G20 yang baru saja dilaksanakan di Bali? Brazil merupakan salah satu negara yang tergabung di dalamnya, lho. 

Selanjutnya, kita bedah aset Brazil, yuk!


Aset PDB dan Ekspor Utama

Untuk membedah aset Brazil, KoinWorks telah mengutip data Produk Domestik Bruto (PDB) Brazil dari WorldBank pada tahun 2021. Dalam data tersebut, diketahui bahwa Brazil mempunyai PDB di angka US$1,61 triliun dan menjadi negara di Amerika Latin dan Karibia pada tahun 2021. 

Bagi kamu yang lupa-lupa ingat dengan apa itu PDB, PDB adalah nilai total semua barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu negara pada tahun tertentu. Tujuannya untuk mengukur laju pertumbuhan ekonomi suatu negara. 

Melansir dari World’s Top Export, ekspor terbesar Brazil di tahun 2021 adalah bijih, terak, dan abu dengan total ekspor mencapai US$48,7 miliar atau 17,4% dari total ekspor.

Dilanjutkan dengan ekspor biji minyak yang mencapai US$39,2 miliar atau 13,9% dari total ekspor dan bahan bakar mineral termasuk minyak yang mencapai US$38,4 miliar atau 13,7% dari total ekspor.


Pertumbuhan Ekonomi Brazil

Nah, mumpung kita lagi bedah aset Brazil, sekalian aja kita bahas bagaimana pertumbuhan ekonomi Brazil di tahun 2021, yuk!

Perhitungan PDB dilakukan untuk mengetahui laju pertumbuhan suatu negara. 

Nah, setelah mengetahui besaran PDB Brazil di tahun 2021 pada bahasan sebelumnya, tak lengkap rasanya jika kamu tak mencari tahu juga bagaimana pertumbuhan ekonomi Brazil. 

Melansir dari The Brazilian Report, di tahun 2021 ekonomi Brazil berhasil tumbuh 4,6 persen. Hal ini menandai laju pertumbuhan ekonomi tercepat Brazil sejak tahun 2010 lalu, lho. Tak hanya itu, pertumbuhan ini juga menunjukkan bahwa pemulihan aktivitas ekonomi lebih cepat dari perkiraan analis pasar. 

Di samping itu, berdasarkan sektornya pertumbuhan ekonomi Brazil di tahun 2021 disumbang oleh pertumbuhan industri dan jasa. Sementara dari sektor agribisnis mengalami penurunan 0,2 persen akibat cuaca ekstrem. 

Ngomongin aset langganan juara piala dunia yang satu ini, KoinWorks jadi keinget dengan pertumbuhan ekonomi Brazil di tahun 2015 dan 2016, deh!

Tepat setelah gelaran Piala Dunia 2014 di Brazil, pertumbuhan ekonomi Brazil sempat negatif selama 2 tahun berturut-turut, lho. 

Pada tahun 2015, pertumbuhan ekonomi Brazil -3,5 persen dari tahun sebelumnya. Sementara di tahun 2016, pertumbuhan ekonomi Brazil -3,3 persen.

Kira-kira kenapa, ya?

Padahal kan menjadi tuan rumah Piala Dunia akan memberikan dampak ekonomi secara langsung kepada negara. Bayangkan saja, ribuan suporter bola dari berbagai belahan dunia kan berkunjung. Tak hanya untuk menyaksikan tim kesayangannya bertanding, umumnya mereka juga akan membelanjakan uangnya untuk berlibur di tempat wisata

Usut punya usut, hal tersebut terjadi akibat krisis politik yang terjadi, tingginya inflasi, serta jatuhnya harga komoditas yang menjadi andalan ekspor Brazil, seperti minyak, kedelai, dan logam. 

Saat itu, Presiden Dilma Rousseff menerapkan kebijakan-kebijakan yang banyak memakan anggaran dan menaikan pajak serta suku bunga acuan. Oleh karena kebijakan ini, popularitasnya mengalami penurunan dan banyak aksi demonstrasi di jalan untuk menuntut Rousseff diturunkan.


Di tengah pertumbuhan ekonomi yang tidak menentu, suka kepikiran enggak sih? Kira-kira apa ya investasi yang cocok?

Enggak usah bingung-bingung, Sobat KoinWorks. 

Kamu bisa coba dengan melakukan pendanaan di KoinP2P dari KoinWorks, lho. 

Mulai dari Rp100 ribu saja kamu sudah bisa melakukan pendanaan di KoinP2P dengan penawaran imbal hasil hingga 18% per tahun, lho!

Yuk, lakukan pendanaan di KoinP2P!

Dengan KoinWorks, #SatuKlikUntukWujudkan finansial impianmu. 

Kunjungi KoinP2P!

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.