6 Cara Efektif Membelanjakan Uang Rp 20 Juta Dibanding Membeli iPhone X – Saat ini Apple iPhone X sudah keluar dipasaran, dan telah mendapat banyak ulasan positif.

Todd Haselton dari CNBC menyebutnya sebagai “smartphone terbaik yang bisa Anda beli,” dan TechCrunch mengatakan “Menggunakan iPhone X sama dengan menggunakan teknologi smartphone masa depan, di hari ini.”

Baca Juga: 5 Keterampilan Sederhana yang Bisa Membantu Anda Menjadi Kaya dan Sukses

Banyak orang memuji kecanggihan dari smartphone ini, sehingga setiap orang berlomba untuk membelinya. Namun, dengan kecanggihan yang diberikan harga yang diberikan juga tidak main-main.

Anda bisa mendapatkan smartphone ini dengan mengeluarkan uang sebesar Rp18 juta – Rp 20 juta. Harganya memang terbilang mahal, dan cukup untuk menakuti setiap orang yang ingin membelinya.

Baca Juga: Cara Mengelola Uang Anda Mirip Superhero yang Mana? Yuk, Cari Tahu!

Lalu, apakah smartphone ini memang cukup layak dibeli? Tentunya jawabannya adalah tergantung kebutuhan, dan jika Anda hanya menggunakannya untuk sekedar fungsi telpon dan chatting maka Anda layak mempertimbangkannya dahulu.

Pertimbangkanlah uang yang dikeluarkan dengan apa yang Anda butuhkan, karena jika Anda tidak membelinya akan ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan uang yang sama.

Berikut adalah beberapa ide alternatif untuk apa yang bisa Anda lakukan dengan Rp 20 juta:

6 Cara Efektif Membelanjakan Uang Rp 20 Juta Dibanding Membeli iPhone X


1. Mempersiapkan Berbagai Kebutuhan di Masa Mendatang

merencanakan masa depan - merancang masa depan

Uang sebesar Rp 20 juta bukanlah nominal sedikit. Dengannya Anda tentu bisa mencapai berbagai tujuan lain yang tentunya lebih berarti dan lebih bermanfaat ketimbang membeli iPhone X yang notabene ‘musiman’.

Baca Juga: Investasi Rp 100.000 Setiap Hari, Bagaimana Keuntungannya Setelah 10 Tahun?

Dengan nominal sebesar itu Anda bisa menggunakannya sebagai nominal awal atau tambahan demi mempersiapkan biaya pernikahan, mempersiapkan biaya pendidikan anak, hingga mempersiapkan dana pensiun.


2. Meminum 400 Gelas Kopi di Starbucks

kopi starbucks

Dengan harga per gelas adalah Rp 50 ribu, maka dengan uang Rp 20 juta ini Anda bisa menikmati minum kopi Starbucks setiap hari sepanjang tahun, bahkan lebih. Dengan minum kopi setiap hari, Anda bisa lebih produktif dan akan lebih kuat untuk lembur.

Baca Juga: Investasi Sebagai Pendapatan Utama: Apa dan Bagaimana?

Namun tidak usah mengonsumsinya terlalu banyak atau pun beberapa kali dalam sehari. Cukup sekali dengan moderasi yang baik agar Anda bisa tetap produktif.


3. Traveling ke SingaporePortklangPenangPhuket

singapore - singapura

Nikmati pengalaman 6 hari 5 malam berlayar saat Malam Natal di kapal pesiar mewah dengan hanya Rp 8 juta, dan sisa Rp 12 juta bisa Anda nikmati untuk berbelanja maupun memasuki tempat wisata seperti Universal Studios Singapore, dan tempat-tempat menarik lainnya. Tentunya dengan berlibur akan membuat pikiran Anda lebih fresh, kan?


4. Menghabiskan 10 Hari Berlibur ke Jepang

gunung fuji jepang - liburan ke jepang

Jepang merupakan salah satu destinasi yang sangat populer. Saat ini, Anda mungkin akan sangat mudah mendapatkan tiket ke Jepang secara murah.

Baca Juga: Tips Biar Bisa Liburan Setiap Tahun

Beberapa maskapai penerbangan yang ada menawarkan Rp 5 juta rupiah untuk tiket pulang pergi ke negeri sakura ini. Untuk hotel selama 10 hari, dengan memilih hotel yang minimalis Anda cukup membayar seharga Rp 5 juta saja untuk biayanya.

Di luar itu, untuk biaya transportasi cukup beli JR Pass seharga Rp 3,5 juta untuk bebas mengunjungi berbagai tempat di Jepang dengan kereta super cepat.

Baca Juga: Mengenal Investasi dan Cara Memulai Investasi dengan Rp 1 juta

Sisa uang sebesar Rp 5,5 juta dapat Anda gunakan untuk biaya makan selama 10 hari berada disana. Sangat murah bukan untuk berlibur selama 10 hari?


5. Membayar DP atau Bahkan Cicilan Rumah Untuk Satu Bulan

rumah - jaminan rumah

Bagi Anda kaum millennial, membeli rumah mungkin terasa cukup sulit di zaman sekarang ini. Tapi anggapan tersebut pastinya muncul karena Anda melihat total biaya yang harus dibayar secara keseluruhan, bukan?

Baca Juga: Bagaimana Caranya Membuat Anggaran Untuk Beragam Kebutuhan Keuangan Anda? Begini Tipsnya

Lalu bagaimana jika rumah tersebut dibeli dengan metode KPR bank?

Contoh, Anda ingin membeli sebuah rumah dengan harga RP 1,2 miliar menggunakan metode KPR selama 20 tahun dan bunga 8% per tahunnya.

Dengan hitungan ini, kurang lebih Anda akan membayar cicilan sebesar Rp 13 juta setiap bulannya. Lebih kecil daripada harga iPhone X, kan? Nah, sekarang mana yang Anda pilih; bayar DP/cicilan rumah atau iPhone X?


6. Investasikan dan Buatlah Perubahan

Memanfaatkan Efek Compounding Sebagai Bagian dari Strategi Investasi - mengembangkan strategi investasi

Meskipun pilihan membeli 400 gelas Starbucks, melakukan liburan atau membayar cicilan rumah adalah hal yang menyenangkan dan baik, jika Anda benar-benar ingin memasukkan uang ekstra sebesar Rp 20 juta, salah satu pilihan pilihan terpintar Anda adalah menginvestasikannya.

Baca Juga: Cara Berinvestasi Sesuai Dengan Risk Tolerance

Jangan pernah meremehkan kekuatan investasi, terlebih efek compounding atau bunga berbunga: Uang sebesar Rp 20 juta yang diinvestasikan hari ini akan lebih dari tiga kali lipat bertumbuh selama 10 tahun ke depan, katakanlah dengan tingkat pengembalian 12 persen per tahun.

Penasaran? Coba hitung sendiri bagaimana performa keuntungan investasi Anda dalam 10 tahun ke depan apabila dana Rp 20 juta untuk membeli iPhone X diinvestasikan dengan memanfaatkan efek compounding dengan kalkulator berikut:


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Future Value:
Bunga Keuntungan:

Nah sekarang, jenis investasi apa yang menguntungkan namun tetap ‘ramah’ bagi investor pemula?

Saat ini, investasi jenis peer to peer lending dapat menjadi pilihan tepat, KoinWorks adalah salah satunya. KoinWorks hadir sebagai salah satu platform penyedia layanan peer-to-peer lending yang telah resmi terdaftar di OJK.

Baca Juga: Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Di sini, Anda juga dapat berinvestasi dengan nominal yang terbilang cukup kecil, yaitu hanya dengan Rp 100 ribu, untuk memiliki pendapatan pasif dengan bunga efektif mulai dari 18% per tahun. Hanya dengan berinvestasi Anda dapat menjadi lebih kaya dari saat ini.

Nah, masih kukuh untuk membelanjakan Rp 20 juta untuk membeli iPhone X? Sudah tahu hal efektif apa yang bisa Anda lakukan dengan Rp 20 juta dibanding membeli iPhone X? Yuk, buat keputusan terbijak untuk masa depan!




There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?