7 Tips yang Bisa Diterapkan Untuk Memilih Universitas Terbaik, Jangan Salah Pilih! – Semua orang pasti memiliki harapan untuk masuk dan memilih universitas terbaik dengan harapan mereka bisa mendapatkan fasilitas dan kesempatan belajar dengan orang-orang hebat yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Belajar Coding, ini 5 Manfaat yang Luput Dari Perhatian

Hal yang sering menjadi kendala adalah tidak semua orang paham tentang cara menentukan dalam memilih universitas terbaik yang harus dipilih.

Agar memudahkan Anda saat memilih universitas terbaik, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk menjelaskan tentang beberapa tips yang bisa diterapkan untuk memilih universitas terbaik.

Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.


7 Tips Untuk Memilih Universitas Terbaik

1Pastikan Anda Telah Memilih Jurusan yang Tepat

Kiat memilih jurusan yang ketiga adalah dengan mengikuti kursus mata kuliah terkait

Dalam memilih universitas Anda juga harus memilih jurusan yang tepat. Karena ini merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan, sebab Anda akan menghabiskan waktu sekitar 4 tahun untuk mempelajari bidang tersebut.

Tidak hanya itu saja, Anda juga kemungkinan besar akan bekerja pada lingkup bidang tersebut.

Baca Juga: 5 Kiat Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat, Jangan Salah Menentukan Masa Depan!

Jika ragu dengan pilihan yang akan diambil, sebaiknya Anda membaca berbagai hal yang berkaitan dengan jurusan tersebut. Atau bisa juga meminta saran dan rekomendasi kepada guru, keluarga, atau orang yang Anda percaya.


2Periksa Peringkat Universitas yang Akan Dituju

Ilustrasi Biaya Pendidikan

Jika Anda sudah menentukan jurusan yang akan diambil, maka langkah selanjutnya adalah mencari tahu peringkat universitas yang akan dituju.

Memilih universitas terbaik pasti memiliki peringkat yang tinggi dari banyak lembaga yang kredibel dan bisa dipercaya.

Baca Juga: Berdasarkan Penelitian Ini 5 Ciri-Ciri Orang Bodoh, Perbaiki Diri Segera!

Jangan lupa juga untuk mencari tahu akreditasi jurusan yang akan Anda tuju di universitas tersebut. Akreditasi jurusan akan menentukan kualitas tenaga pengajar dan lulusan dari jurusan yang akan Anda tuju.


3Cari Tahu Kualitas Perpustakaan

Manfaat bahasa Inggris adalah membaca sastra

Seorang mahasiswa pasti akan menghabiskan banyak waktu di dalam perpustakaan untuk belajar dan memahami pelajaran atau materi.

Jadi, sudah seharusnya Anda mencari tahu kualitas perpustakaan yang dimiliki oleh universitas tersebut.

Baca Juga: Mengatur Dana Untuk Pendidikan Anak? Ikuti Tipsnya!

Hal yang paling penting adalah perpustakaan tersebut memiliki banyak koleksi buku berkualitas yang menunjang proses belajar dan memiliki fasilitas yang membuat Anda merasa nyaman saat berada disana.


4Apa Saja Aktivitas dan Organisasi yang Ada Disana?

Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan

Aktivitas perkuliahan tidak hanya berkutat pada buku pelajaran dan belajar di dalam kelas saja, Anda juga harus aktif untuk mengikuti berbagai aktivitas menarik yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Inilah Manfaat Bahasa Inggris yang Perlu Anda Ketahui!

Semua universitas pasti akan menawarkan banyak aktivitas kampus dan kegiatan ekstrakurikuler yang Anda sukai. Oleh karena itu, saat anda memilih universitas hal ini jangan sampai luput dari perhatian Anda.


5Akomodasi yang Anda Perlukan

5 Tips Hemat Memanfaatkan Layanan Transportasi Online

Tidak sedikit mahasiswa yang menempuh pendidikan di luar daerah asal mereka dan tinggal jauh dari orangtua.

Saat ini terjadi, maka sangat penting untuk mempertimbangkan masalah akomodasi saat akan memilih universitas.

Baca Juga: Cari Jurusan Kuliah yang Masa Depannya Cerah? Pertimbangkan 7 jurusan berikut!

Pastikan Anda mengetahui transportasi yang perlu digunakan, biaya hidup selama sebulan disana, sewa tempat tinggal, dan lain sebagainya.


6Bertanya Langsung Dengan Mahasiswa di Sana

Mintalah bantuan orang lain agar dapat memilih jurusan kuliah yang tepat - 5 Hal yang Bisa Dilakukan Salesperson Untuk Meningkatkan Karier

Jika Anda masih ragu saat memilih universitas yang akan dituju, maka tidak ada salahnya untuk bertanya secara langsung dengan mahasiswa yang ada disana.

Baca Juga: 7 Universitas Termahal di Dunia, Siapkan Dana Pendidikan dari Sekarang

Sebab, mahasiswa yang ada di dalam kampus tersebut telah mengalami banyak momen dan pasti bisa menilai secara objektif kampus yang akan Anda tuju.

Sebelum memilih universitas, cari tahu apa yang hebat dan apa yang menjadi kekurangannya dari kampus tersebut untuk menjadi bahan pertimbangan Anda.


7Komunitas di Dalam Universitas

7 Tips Menghemat Uang Saat Membeli Peralatan Kantor

Manusia merupakan makhluk sosial yang pasti membutuhkan teman dan orang lain untuk berbagi dan berkumpul.

Komunitas merupakan salah satu tempat yang sangat tepat untuk berkumpul dengan orang-orang dengan latar belakang yang sama atau memiliki minat dan ketertarikan yang sama.

Baca Juga: Ini 6 Alasan yang Membuat Banyak Mahasiswa Lulus Terlambat

Dalam memilih universitas cari tahu juga apakah di dalam universitas tersebut terdapat komunitas mahasiwa yang memiliki latar belakang daerah yang sama dengan Anda.

Atau memiliki komunitas yang melakukan hal yang sangat Anda sukai, misalnya saja fotografi, seni, jurnalistik, atau yang lainnya.

Memiliki komunitas dan lingkungan sosial di dalam kampus membuat Anda bisa belajar mengembangkan keterampilan sosial dengan baik.

Baca Juga: 8 Manfaat Kuliah Sampai ke Perguruan Tinggi

Keterampilan sosial dan keterlibatan dalam organisasi seperti inilah yang nantinya akan menjadi salah satu bahan pertimbangan pihak pemberi kerja untuk merekrut Anda sebagai karyawan mereka.

Dengan menerapkan 7 tips dan langkah di atas, maka diharapkan Anda bisa dengan mudah dalam menemukan dan memilih universitas atau kampus terbaik.

Bagaimana dengan biaya kuliah yang tinggi dan mahal?

Jangan sampai impian Anda untuk mendapatkan pendidikan yang tinggi terkendala hanya karena biaya pendidikan yang mahal.

Anda bisa menggunakan pinjaman dana pendidikan dari KoinPintar untuk membiayai perkuliahan. Pinjaman dana pendidikan tersebut sangat ringan karena bisa dicicil sampai dengan 12 bulan ke depan.

Tidak hanya itu saja, suku bunga yang ditawarkan juga tidak akan memberatkan Anda dan orangtua. KoinPintar menawarkan suku bunga rendah mulai dari 9% per tahun atau sekitar 0,75% per bulan.

Cara seperti ini tentu saja lebih ringan, dibandingkan harus membayar biaya pendidikan langsung di muka.

Semoga informasi di atas memberikan banyak manfaat kepada Anda dalam memilih universitas!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.