Cari Jurusan Kuliah yang Masa Depannya Cerah? Pertimbangkan 7 jurusan berikut! – Ada banyak sekali jurusan perkuliahan yang bisa Anda pilih di masa depan.

Banyak orang memilih jurusan perkuliahan berdasarkan minat dan ketertarikan. Namun, selain pertimbangan tersebut, Anda juga perlu melihat jurusan yang bisa mendukung karir di masa depan.

Baca Juga: 10 Hal yang Harus Anda Lakukan Sekarang Juga Jika Tidak Ingin Menyesal di Masa Depan

Pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan kepada Anda tentang 7 pilihan jurusan yang bisa memberikan jaminan lebih stabil dan karir di masa depan.

Mari kita simak penjelasannya di bawah ini!

7 Jurusan Kuliah yang Masa Depannya Cerah

1Sistem Informasi

tips ampuh negosiasi gaji

Jurusan kuliah komputer memang merupakan salah satu jurusan yang populer dan memiliki potensi kerja yang baik.

Hal yang perlu diketahui adalah tidak semua jurusan komputer bisa mendapatkan peluang pekerjaan yang baik dan memiliki permintaan yang tinggi.

Baca Juga: 7 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi yang Bisa Anda Kerjakan dari Rumah

Sebagai alternatifnya, sistem informasi merupakan pilihan jurusan yang bisa Anda pilih karena lulusannya banyak dicari.

Anda yang lulus dari jurusan ini memiliki peluang untuk bekerja di perusahaan IT atau berbagai perusahaan start-up yang masih dalam tahap perkembangan.


2Teknik Kimia

Ilustrasi Biaya Pendidikan - Tidak lulus SBMPTN

Jurusan Teknik Kimia  menjanjikan masa depan cerah untuk para lulusannya. Lulusan dari jurusan kuliah Teknik Kimia berpeluang untuk dipekerjakan pada perusahaan farmasi dan laboratorium.

Pertumbuhan lapangan kerja pada bidang Teknik Kimia diperkirakan meningkat sekitar 6% pada tahun 2020 nanti.


3Teknologi Medis

teknologi kesehatan adalah jurusan yang memiliki masa depan cerah- digital marketing

Teknologi medis merupakan bidang kesehatan yang menjanjikan masa depan yang lebih baik bagi mereka yang mengambil jurusan ini.

Anda yang lulus dari bidang teknologi medis akan banyak memiliki kesempatan kerja di rumah sakit dan juga laboratorium. Pertumbuhan kesempatan kerja di tahun 2020 diperkirakan meningkat sekitar 13%.


4Teknik Elektro/Listrik

5 Cara Mengurangi Biaya Tagihan Listrik Bulanan

Meski jurusan kuliah Teknik Elektro bukanlah jurusan perkuliahan yang mudah, tetapi bidang pendidikan ini memiliki potensi peluang kerja yang tinggi.

Banyak universitas yang menawarkan gelar sarjana pada bidang Teknik Elektro/Listrik yang bisa diselesaikan sekitar 4 tahun.

Insinyur di bidang kelistrikan banyak dicari oleh perusahaan pembangkit listrik, perusahaan manufaktur, dan perusahaan besar lainnya.


5Terapi Fisik

medical checkup - checkup medis - periksa kesehatan

Anda yang memiliki minat untuk mempelajari bidang yang berkaitan dengan biologi, anatomi tubuh, dan ilmu kesehatan bisa memilih bidang perkuliahan ini.

Perguruan tinggi atau universitas biasanya menawarkan gelar sarjana pada bidang Terapi Fisik dan bisa diselesaikan sekitar 4 tahun lamanya.

Baca Juga: Haruskah Anda Melewati Perguruan Tinggi demi Menjalani Bisnis?

Terapis fisik bisa mendapat pekerjaan di rumah sakit atau di pusat rehabilitasi. Hal yang paling menarik adalah bidang pekerjaan ini diperkirakan akan meningkat sebesar 33% di tahun 2020 nanti.


6Teknik Penerbangan dan Aeronautika

5 Tips Mendapat Tiket Pesawat Murah untuk Mudik Lebaran 2018

Bidang pendidikan ini termasuk jenis perkuliahan yang sulit dan rumit, namun ada berbagai manfaat yang akan dirasakan di balik susahnya jurusan Teknik Penerbangan. Anda berpeluang untuk bisa mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang bagus.

Tidak semua universitas menawarkan bidang pendidikan Teknik Penerbangan dan Aeronautika.

Baca Juga: Gajian Selalu Habis di Minggu ke-2? Lakukan Ini di Awal Bulan!

Oleh sebab itu, Anda harus mulai mencari perguruan tinggi atau universitas yang menawarkan bidang ini dan mulai mempersiapkan tes masuk secepat mungkin.

Anda bisa memiliki program pendidikan yang mempersiapkan diri untuk menjadi seorang pilot atau pendidikan yang fokus pada teknik.

Anda yang berhasil lulus pada bidang pendidikan ini berpotensi untuk bekerja di maskapai penerbangan atau perusahaan manufaktur pesawat terbang yang memiliki gaji yang tinggi.


7Jurusan Farmasi

Jurusan farmasi akan membuat para mahasiswa berhubungan dengan obat-obatan dan hal lain yang berhubungan dengan itu. Di Indonesia ada banyak sekali universitas negeri yang menawarkan gelar sarjana di bidang farmasi.

Baca Juga: Hidup Sehat dengan Konsumsi Buah-Buahan

Lulusan yang berasal dari jurusan Farmasi memiliki peluang untuk bekerja di laboratorium farmasi, apotek, dan rumah sakit.

Semakin tinggi pengalaman kerja yang Anda miliki di bidang ini semakin besar peluang untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi di masa depan.


Manakah jurusan kuliah yang menarik minat Anda?

7 jurusan yang kami sampaikan di atas merupakan beberapa contoh dari bidang perkuliahan yang menawarkan potensi pekerjaan yang baik dan stabil di masa depan.

Dengan penjelasan di atas, Anda bisa menjadikan pembahasan tersebut sebagai bahan pertimbangan saat akan memilih jurusan di perguruan tinggi.

Hal lain yang tidak kalah penting: mulailah mempersiapkan dana perkuliahan yang akan ditempuh di masa depan.

Baca Juga: KoinWorks Tawarkan Pinjaman Pendidikan dengan Bunga Terjangkau

Jika Anda tidak sempat mempersiapkan dana pendidikan untuk perkuliahan, jangan khawatir dengan masalah tersebut. Ada solusi pinjaman dana pendidikan yang bisa Anda dapatkan dari KoinPintar.

Fasilitas pinjaman dana pendidikan dari KoinPintar menawarkan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun.

Selain itu, cicilan pinjaman tersebut bisa Anda angsur sampai dengan 12 bulan lamanya. Hal ini tentu saja meringankan banyak pihak, dibandingkan harus membayar dana pendidikan di muka.

Ayo kejar impian Anda dengan berkuliah di jurusan yang potensial di masa depan!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.