Home Daily Menyambut Tahun Baru Imlek, Simak 4 Tips Berikut Agar...

Menyambut Tahun Baru Imlek, Simak 4 Tips Berikut Agar Keuangan Kamu Tetap Aman

ā€¢

Menyambut Tahun Baru Imlek, Simak 4 Tips Berikut Agar Keuangan Kamu Tetap Aman – Imlek menjadi salah satu perayaan yang ditunggu-tunggu bagi orang Tionghoa. Selain pemberian amplop merah atau angpao, akan ada acara bahagia lainnya yang biasa dirayakan saat Imlek.

Seperti hari raya lainnya, tahun baru Imlek juga akan lebih khidmat bila dirayakan bersama keluarga besar. Tapi, tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada banyak biaya yang dikeluarkan selama perayaan ini berlangsung.

Oleh karena itu, kamu harus mulai mengatur anggaran Imlek, nih. Mulai dari angpao, membeli pakaian baru yang akan dipakai saat Imlek, membeli makanan dalam jumlah besar untuk dimakan bersama, sampai berjalan-jalan bersama kerabat.

Tenang saja, kali ini kamu tidak perlu khawatir uang kamu terkuras habis karena banyaknya pengeluaran pada saat tahun baru Imlek. KoinWorks punya beberapa tips keuangan agar dompet kamu tetap aman, lho.

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!


Menyambut Tahun Baru Imlek, Simak 4 Tips Berikut Agar Keuangan Kamu Tetap Aman

1
Memberi Angpao Sesuai Anggaran

Menyambut Tahun Baru Imlek, Simak 4 Tips Berikut Agar Keuangan Kamu Tetap Aman - angpao imlek

Tradisi saling memberi angpao selama tujuh hari menjelang imlek sering disebut sebagai Hari Persaudaraan bagi warga Tionghoa. Walaupun sebenarnya tidak ada peraturan tertulis bahwa tradisi angpao ini harus ada dalam perayaan tahun baru Imlek.

Amplop merah melambangkan sebuah doa agar selalu bernasib baik dan menolak adanya malapetaka di tahun yang baru. Semua orang sudah mengetahui isi dari angpao yaitu uang yang jumlahnya bervariasi. Biasanya jumlah angpao disesuaikan dengan usia dan status hubungan keluarga.

Tapi, peraturan ini tidak harus dipatuhi, kamu yang sudah menikah berhak memberi angpao dengan jumlah semampu kamu kepada mereka yang belum menikah.

Namun, jika ternyata kamu yang berkesempatan diberi angpao, jangan sedih dan berkecil hati bila tidak mendapatkan nominal sesuai yang kamu harapkan. Sebab, dalam perayaan Imlek, yang terpenting adalah seberapa besar kasih sayang dan doa yang diberikan lewat angpao tersebut. Bukan jumlah uang di dalamnya.

Atur anggaran angpao kamu sekarang juga, jika merasa bingung coba baca artikel ini untuk membantu kamu menghitungnya lebih mudah.

Langkah awal yang harus kamu lakukan yaitu membuat daftar saudara yang ingin kamu beri angpao, mulai dari yang paling kecil hingga yang paling kamu hormati. Setelah itu, barulah kamu bisa menentukan jumlah uangnya.

Jangan lupa untuk mencatat histori pengeluaran kamu agar mudah dipastikan kembali jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan datanya. Dengan begitu, keuangan kamu akan tetap aman terkendali.


2
Berburu Diskon Pakaian Imlek

rekomendasi bisnis jelang imlek

Tahun baru Imlek tidak lengkap rasanya bila tidak memakai baju baru bernuansa merah. Warna merah pada perayaan Imlek memiliki simbol ‘pengharapan’ di tahun yang baru, di mana semua kesedihan akan digantikan dengan kebahagiaan.

Untuk menghemat anggaran, akan lebih baik apabila kamu membelinya dengan memanfaatkan diskon dan potongan harga yang ditawarkan di berbagai marketplace online. Tapi, tidak jarang juga toko-toko yang berada di mall menawarkan hal yang sama untuk mendongkrak penjualan mereka.

Perlu diingat, saat membeli pakaian untuk Imlek, jangan biarkan sepasang mata kamu menangkap hal menarik lainnya. Bukannya hemat, malah sekarat nantinya.

Oleh karena itu, pastikan keranjang belanjaan kamu hanya terisi dengan produk fashion yang kamu butuhkan saat Imlek. Bukan ditambah kitchen set, televisi, apalagi pernak-pernik dapur yang seharusnya tidak kamu beli.

Think smart dalam berbelanja ya!


3
Menggelar Acara Makan Bersama di Rumah

Membuat Produk Makanan Homemade

Makan bersama merupakan salah satu acara yang paling penting ketika perayaan tahun baru Imlek.

Jika kamu memutuskan untuk makan malam bersama di luar rumah, alias di restoran, kamu harus menyiapkan budgetĀ yang super banyak. Belum lagi, biaya tambahan pajak serta biaya pelayanan yang jumlahnya tidak dapat kamu pastikan.

Daripada menghabiskan berjuta-juta rupiah, lebih baik makan malam bersama di rumah dengan konsepĀ potluck. Pernah dengarĀ potluck?

Yap! Benar sekali.Ā PotluckĀ berarti masing-masing keluarga menyumbang satu atau lebih lauk pauk untuk kemudian dimakan bersama-sama di satu meja besar. Ini adalah cara terbaik untuk menekan pengeluaran agar tidak membengkak.

Lagipula, kehangatan makan malam bersama di rumah akan lebih terasa daripada di restoran mewah. Kamu dan keluarga besar juga bisa asik bersantai sambil bercengkerama tanpa batasan waktu.

Jika dihitung-hitung, membeli bahan makanan mentah akan jauh lebih murah daripada membeli makanan yang sudah jadi seperti di restoran. Oleh karena itu, memasak adalah salah satu cara utama yang bisa kamu lakukan.

Selain menyenangkan, dengan memasak, kamu tidak perlu mengkhawatirkan isi dompet. Setidaknya, aman untuk perayaan Imlek di tahun ini.


4
Pergi ke Tempat Wisata Hemat Budget

Tentukan Destinasi Wisata yang Tepat

Wah, tanggal perayaan Imlek di tahun 2020 ternyata jatuh pada hari Sabtu alias akhir pekan! Tentu saja, banyak orang yang sudah merencanakan perjalanan jauh untuk mengisi liburan sambil merayakan Imlek.

Apa kamu termasuk salah satunya? Kalau iya, lokasi mana yang ingin kamu kunjungi bersama kerabat dan keluarga besar? Hmm, sepertinya kamu harus mempertimbangkannya lagi.

Mengingat harga tiket perjalanan, tiket akomodasi, bahkan tiket masuk wisata pasti akan menjadi lebih mahal dari hari biasanya, inilah saatnya kamu mengurungkan niat untuk pergi ke luar kota atau ke tempat-tempat wisata yang ramai pengunjung.

Lho, mengapa?

Sudah jelas bukan jawabannya? Kamu akan menghabiskan uang jauh lebih banyak untuk membayar tiket yang harganya merangkak naik pada high season, seperti saat menjelang perayaan Imlek.

Solusinya, coba kunjungi tempat-tempat menyenangkan lain yang tidak memakan banyak biaya. Misalnya, lokasi yang bernuansa alam asri seperti taman kota, atau lokasi lain yang bisa memanjakan mata; museum atau mall contohnya.

Untuk sampai ke tempat-tempat itu kamu tidak perlu memesan tiket perjalanan darat, air, apalagi udara. Kamu juga tidak perlu memesan penginapan yang harganya bisa sampai selangit. Cukup dengan transportasi pribadi, kamu sudah bisa bersenang-senang dalam waktu singkat.

Di samping menghemat pengeluaran, akan lebih baik jika kamu mengalokasikan sisa uang kamu untuk ditabung dan kemudian digunakan untuk mendanai di KoinP2P persembahan dari KoinWorks.

Di platform yang sudah berizin resmi OJK ini, kamu bisa mendanai dengan jumlah minimal Rp100.000. Imbal hasil yang kamu peroleh per tahunnya mencapai 21,32% lho.

Tidak tanggung-tanggung, selain mendapat untung, mendanai di P2P Lending KoinWorks sama saja berkontribusi meningkatkan perekonomian negara. Jadi, tunggu apalagi?



Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di: Ā 

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di: Ā 

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.