Habis ORI022 Terbitlah ST009: SBN Ritel Terakhir di 2022

ST009

Ketinggalan ORI022? Kalau iya, ada kabar gembira buat kamu! Pemerintah melalui Kementerian Keuangan akan segera menerbitkan Sukuk Tabungan (ST) seri ST009 dalam waktu dekat!

ST009 merupakan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel keenam sekaligus seri terakhir yang diterbitkan pemerintah di tahun 2022. Rencananya, ST009 akan ditawarkan selama 20 hari, mulai 11 November hingga 30 November 2022 mendatang.

Sembari menunggu masa penawaran, simak ulasan lengkap tentang ST009, jadwal dan jumlah pembelian, kupon, dan keuntungannya bareng KoinWorks, yuk!


Apa itu ST009?

Sukuk Tabungan (ST) seri ST009 adalah jenis Surat Berharga Negara (SBN) untuk masyarakat individu yang dikelola dengan prinsip syariah atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Sesuai namanya, Sukuk Tabungan memiliki kemiripan sifat dengan tabungan atau deposito bank. Bedanya uang investor di ST akan digunakan untuk membiayai proyek hijau (green projects) pemerintah dalam jangka waktu dua tahun dengan jenis kupon mengambang dengan batas minimal (floating with floor).

Dengan memegang prinsip-prinsip islami, Sukuk Tabungan sangat cocok bagi kamu yang sedang mencari investasi bebas unsur riba (bunga), maysir (judi), dan gharar (ketidakpastian). Sebab, segala informasi berkaitan dengan struktur, keuntungan, dan tanggal jatuh tempo sukuk dapat dibaca dalam memorandum informasi yang diterbitkan langsung oleh Kementerian Keuangan. 


Jadwal dan Jumlah Pembelian ST009

Rencananya, penawaran ST009 akan berlangsung selama 20 hari, yaitu mulai tanggal 11 November hingga 30 November 2022 mendatang. 

Sedangkan terkait jumlah pembelian ST009, belum ada informasi resmi dari Kementerian Keuangan. Namun, jika berkaca dari seri sebelumnya, yaitu ST008 yang diterbitkan November 2021, nilai minimal pemesanan ST yang ditetapkan senilai Rp1 juta (1 unit) dengan kelipatan Rp1 juta hingga Rp1 miliar (1.000 unit) per orang selama masa penawaran. 

Jadi, buat kamu yang ingin membeli ST009 pastikan catat tanggalnya dan jangan lewatkan kesempatan tersebut, ya!


Kupon ST009

Kupon ST009 memiliki besaran imbal hasil yang mengambang dengan batasan minimal (floating with floor). Artinya, kupon bisa naik bila suku bunga acuan naik, namun jika suku bunga turun kupon tidak akan turun lebih rendah dari batas minimal. 

Nah, untuk besaran kupon atau imbal hasil ST009 sebentar lagi akan diumumkan oleh pemerintah. 

Denger-denger sih bakal lebih besar dari imbal hasil Sukuk Tabungan (ST) seri sebelumnya! Mari kita tunggu update resmi dari pemerintah ya, Sobat KoinWorks!


Keuntungan Investasi ST009

Secara umum, terdapat beberapa keuntungan dari investasi di Sukuk Tabungan. Apa saja, ya? Yuk, simak!


1. Jaminan 100% dari Negara

Tahukah kamu?

Surat Berharga Negara (SBN) menjadi satu-satunya instrumen investasi yang mendapatkan jaminan langsung oleh negara, baik dari pembayaran kupon maupun pokok investasi. Jaminan ini secara resmi diatur dalam UU tentang Surat Utang Negara (SUN), lho. 

Maka dari itu, kamu tak perlu khawatir akan risiko gagal bayar jika berinvestasi pada Surat Berharga Negara, termasuk ST009. 


2. Imbal Hasil Lebih Tinggi dari Bunga Deposito

Biasanya, SBN menawarkan imbal hasil atau kupon yang relatif lebih tinggi dari bunga deposito. Selain itu, pajak instrumen ini juga lebih rendah dari investasi di deposito, yaitu 10%. Hal ini membuat imbal hasil dari ST009 dan SBN ritel lainnya jadi lebih optimal. 

Tak hanya itu, dengan jenis kupon floating with floor, investor akan mendapat keuntungan berupa imbal hasil yang naik jika suku bunga acuan Bank Indonesia juga naik. Sebaliknya, jika suku bunga acuan turun, imbal hasilnya tidak akan ikut turun. 


3. Sumber Passive Income

Mana nih yang ingin punya passive income?

Bagi investor ST009 dan SBN ritel lainnya kamu bisa mendapatkan passive income setiap bulannya hanya dengan investasi di ST009, lho. Pemerintah akan membayarkan kupon pada rekening kamu yang terdaftar sampai tanggal jatuh tempo berakhir. 

Menarik, bukan?


4. Fasilitas Early Redemption

Belum jatuh tempo tapi ingin menarik dana investasi? Bisa, dong!

Investor ST009 dapat mencairkan maksimal 50% dari nilai investasinya sebelum jatuh tempo. Jadi, jika suatu saat ada kebutuhan mendesak kamu bisa menggunakan dana tersebut untuk menutup kebutuhan mendesak kamu.


5. Memegang Prinsip Syariah

Bebas unsur riba, judi, dan ketidakpastian, investasi di ST009 cocok bagi kamu yang ingin berinvestasi pada instrumen berbasis syariah. 

Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini jika kamu tertarik dengan investasi syariah dengan keuntungan melimpah, ya!


6. Turut Membangun Negara

Tujuan pemerintah menerbitkan ST adalah membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembiayaan pembangunan negara dengan tetap mengedepankan prinsip syariah. 

Oleh karena itu, dengan investasi di ST009 kamu tidak hanya akan mendapatkan keuntungan berupa kupon, tetapi juga turut berpartisipasi dalam pembangunan negara


Gimana? Tertarik investasi di ST009? Kamu bisa membeli ST009 secara online saat masa penawaran berlangsung kapan pun dan di manapun melalui mitra distribusi resmi yang ditunjuk Kementerian Keuangan, salah satunya di KoinBond dari KoinWorks.

Sebelum membeli ST009, kamu perlu melakukan registrasi akun di KoinBond terlebih dahulu, Sobat KoinWorks. Ikuti cara berikut, ya!

Yuk, investasi ST009 di KoinBond!

Dengan KoinWorks, #SatuKlikUntukWujudkan finansial impianmu.

Kunjungi KoinBond!

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.