Home Daily Kupas Tuntas: Cara Investasi Emas 2020 - Kenali, Beli,...

Kupas Tuntas: Cara Investasi Emas 2020 – Kenali, Beli, Jual dan Raih Untung

Cara Investasi Emas 2020 – Kenali, Beli, Jual dan Raih Untung – Meski terbilang menguntungkan, investasi emas tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar investasi tersebut berjalan secara aman dan menguntungkan.

Terlebih lagi bagi pemula, jika tidak dilakukan secara benar investasi tersebut justru berpotensi memberikan kerugian. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir sebab investasi emas termasuk golongan investasi yang minim risiko.

Selain itu, cara berinvestasi emas juga tidak sulit. Asalkan kamu menjalani segala prosesnya sesuai prosedur, maka investasi tersebut akan berjalan dengan aman dan berpeluang memberikan kamu keuntungan yang cukup besar.

Oleh karena itu, jika kamu tertarik untuk mulai berinvestasi emas, ada baiknya kamu mengenal seluk-beluk investasi emas terlebih dahulu. Berikut penjelasannya.


Mengapa Emas Dinobatkan Sebagai Instrumen Berharga yang Dapat Memberikan Keuntungan Dibanding Logam Lain?

emas-investasi-nilai-grafik-naik-tingkat - tips investasi untuk gaji pas pasan- Cara Investasi Emas

I. Emas adalah logam yang langka

Dibandingkan dengan logam dan mineral lain di bumi, emas sebenarnya sangat langka lho. Tak dipungkiri bahwa benda apapun yang tersedia dalam jumlah terbatas cenderung menjadi lebih berharga.

Stok emas yang telah ditambang di seluruh dunia meningkat sekitar 3000 ton setiap tahun. Hal ini sebenarnya tidak terlalu banyak. Produksi perak tahunan saja bisa mencapai 27.000 ton, kira-kira 9 kali lebih banyak daripada emas.

Sementara produksi baja mencapai 1.630.000.000 ton baja setiap tahunnya. Perbandingan produksi emas, perak, dan baja bisa menjadi perspektif kamu untuk melihat bahwa emas jauh lebih langka daripada logam lain. Hal inilah yang membuat kenapa harga nilai emas menjadi tinggi.


II. Sulit Menemukan Tambang Baru

Dilansir dari rt.com, kelompok masyarakat pemasok emas tengah berada di zona merah. Pasalnya, jumlah emas terus menurun dan belum ada penggantinya.

Perusahaan-perusahaan pertambangan juga kesulitan mencari cadangan tambang emas yang baru untuk mengganti tambang-tambang emas yang sudah lama.

Hal tersebut didukung oleh Rudy Fronk, CEO Seabridge Gold. Ia mengatakan bahwa puncak kejayaan emas menghadapi kenyataan baru dala bisnis emas dengan cadangan-cadangan emas lebih cepat habis ketimbang muncul pengganti cadangan tersebut.

Sedangkan, Kevin Dushnisky, Presiden Barrick Gold, memiliki pandangan bahwa anjloknya tingkat produksi emas karena sedikitnya penemuan cadangan emas baru.

Lalu, sebenarnya ada berapa jumlah tambang emas di dunia? berikut ini adalah negara dengan tambang emas yang memiliki kandungan terbesar di dunia beserta peringkatnya.

1. China

Tercatat jumlah produksi emas di setiap tahunnya sekitar 450 ton. Angka produksi emas di China menymbang 13% dari produksi emas secara global.

Hal ini tidak mengherankan, sebab pertambangan emas utama di China tersebar banyak di wilayah Shindong, Henan, Jiangxi, Yunnan, dan Fujuan. CHina bahkan masih memiliki cadangan emas sekitar 1.900 ton.

2. Australia

Australia menduduki peringkat kedua negara penghasil emas terbesar di dunia dengan produksi emas 300 ton setiap tahunnya. Cadangan emas Australia diperkirakan mencapai angka 9.800 ton, dan tambang emas Australia banyak ditemukan di wilayah Western Australia, South Australia, dan New South Wales.

3. Rusia

Sebagian besar tambang emas Rusia dapat ditemukan di banyak wilayah seperti Amur, Irkutsk, Khabarovsk, Krasnoyarsk, Magadan dan Sakha-Yakutia. Rusia mampu memproduksi emas sekitar 255 ton setiap tahunnya dan angka produksi emas ini meningkat dari tahun ke tahun.

Emas yang diproduksi Rusia ini mendukung 83%kebutuhan emas di Eropa. Sehingga menjadikan Rusia sebagai negara pada peringkat ketiga dengan produksi emas terbesar di dunia. Cadangan emasnya sendiri diperkirakan mencapai 5.000 ton.

4. Amerika Serikat

Tambang emas di Amerika tersebar di wilayah Amerika, seperti Nevada, Alaska, California, Colorado dan South Dakota. Setiap tahunnya Amerika Serikat memproduksi emas sekitar 211 ton, menjadikan negara adidaya ini berada di peringkat empat dengan produksi emas terbesar di dunia. Cadangan emas yang masih dimiliki Amerika Serikat diperkirakan sekitar 3.000 ton.

5. Kanada

Kanada mampu menghasilkan emas sekitar 160 ton setiap tahunnya dan Lebih dari 10 tambang emas utamanya tersebar di wilayah Ontario. Diperkirakan cadangan emas yang ada di Kanada sekitar 2.000 ton.

6. Indonesia

Indonesia sendiri memiliki cadangan emas sekitar 1.132 ton. Jumlah tersebut mampu mengalahkan jumlah cadangan emas yang dimiliki Jepang dan Swiss.

Tambang emas di Indonesia tersebar di beberapa wilayah nusantara dan salah satu tambang terbesarnya adalah tambang emas Grasberg di Papua.


III. Emas Akan Bertahan Lama

Berbeda dengan besi, emas tidak akan berkarat. Kamu bisa menyimpan emas selama 100 tahun dan saat mengambilnya kembali, emas kamu akan tetap bersinar seperti hari pertama ia dicetak.

Emas akan bertahan selamanya, kecuali jika dihancurkan secara fisik. Ini adalah alasan lain mengapa emas adalah investasi jangka panjang yang baik. Kalau kamu menyimpan koin atau uang kertas, nilainya akan sangat cepat menurun seiring waktu.


Apa yang Dimaksud Dengan Warna dan Karat Pada Emas?

emas-investasi-perhiasan-emas-investasi-nilai-grafik-naik-tingkat - tips investasi untuk gaji pas pasan- Cara Investasi Emas

Karena emas memiliki sifat yang lunak, maka dalam aplikasinya (perhiasan atau batangan) emas logam mulia perlu dilebur dengan logam lain agar sifatnya yang sangat lunak sedikit berkurang dan juga untuk menghasilkan warna tertentu sesuai kebutuhan.

Adapun logam yang biasa menjadi campuran adalah nikel, alumunium, dan beberapa logam lainnya.

Sebagai hasil peleburan tersebut, maka akan menghasilkan dua perbedaan, yaitu perbedaan warna dan nilai karat.

Mengenai perbedaan warna, hasil peleburan emas dengan logam lain akan menghasilkan warna yang berbeda-beda, contohnya adalah sebagai berikut:

  • Emas Merah: emas murni + tembaga
  • Emas Kuning: emas murni + perak murni
  • Emas Putih: emas murni + timah sari + nikel + perak murni
  • Emas Hijau: emas murni + perak murni + kadmiun + tembaga
  • Emas Biru: emas murni + besi
  • Emas Jingga: emas murni + perak murni + tembaga
  • Emas Coklat: emas murni + palladium + perak murni
  • Emas Abu-abu: emas murni + tembaga + besi
  • Emas Ungu: emas murni + aluminium

Kemudian, peleburan emas logam mulia dengan logam lain, akan menghasilkan perbandingan jumlah logam. Perbandingan inilah yang dikenal dengan istilah karat.

Perbandingan campuran ini memiliki kisaran antara 1 karat sampai 24 karat. Dengan mengetahui nilai karat, kita bisa melihat seberapa besar kemurian emas yang terkandung.

Berikut ini adalah jumlah kandungan emas yang dilebur dengan logam lain dalam nilai suau karat.

  • 24 karat: 24 bagian terdiri dari emas murni.
  • 23 karat: 23 bagian emas murni + 1 bagian dari logam lain.
  • 22 karat: 22 bagian emas murni + 2 bagian dari logam lain.
  • 21 karat: 21 bagian emas murni + 3 bagian dari logam lain.
  • 20 karat: 20 bagian emas murni + 4 bagian dari logam lain.
  • 19 karat: 19 bagian emas murni + 5 bagian dari logam lain.
  • 18 karat: 18 bagian emas murni + 6 bagian dari logam lain.
  • 17 karat: 17 bagian emas murni + 7 bagian dari logam lain.
  • 16 karat: 16 bagian emas murni + 8 bagian dari logam lain.
  • 15 karat: 15 bagian emas murni + 9 bagian dari logam lain.
  • 14 karat: 14 bagian emas murni + 10 bagian dari logam lain.
  • 12 karat: 12 bagian emas murni + 12 bagian dari logam lain.
  • 10 karat: 10 bagian emas murni + 14 bagian dari logam lain.
  • 8 karat: 8 bagian emas murni + 16 bagian dari logam lain.
  • 6 karat: 6 bagian emas murni + 18 bagian dari logam lain.

Keuntungan dan Kekurangan Investasi Emas Berdasarkan Jenisnya

Emas Berjenis Koin Dinar

pinjaman syariah - dana syariah - ekonomi syariah-emas-investasi-perhiasan-emas-investasi-nilai-grafik-naik-tingkat - tips investasi untuk gaji pas pasan- Cara Investasi Emas

Dinar disebut juga sebagai koin emas dan sampai saat ini, banyak orang yang berminat untuk mencoba investasi koin tersebut sekaligus disebut sebagai bentuk alternatif penyimpanan masa depan yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran maupun modal guna membangun bisnis tertentu sehingga pendapatan pun bertambah.

Seperti halnya emas batangan, koin Dinar pun hanya diproduksi oleh PT Antam dan Perum Peruri sebagai lembaga resmi milik negara.

Namun khusus untuk koin dinar tidak bisa ditemukan dengan mudah seperti emas batangan. Koin ini hanya ada di bursa pasaran syariah seperti agen penjual yang menerapkan sistem syariah maupun bank dengan predikat syariah.

Hal ini disebabkan karena latar belakang Islam yang ada pada koin ini dan banyak penggemarnya juga berlatar belakang Muslim.

Sebenarnya koin emas ini bisa dibilang mirip dengan emas antam atau emas batangan karena sama-sama bernilai jual tinggi.

Namun ada perbedaan diantara keduanya dimana emas batangan biasanya memiliki nilai 24 karat dan beratnya pun beragam mulai dari satu bahkan seribu gram untuk setiap batangnya.

Sementara koin emas ini disertai dengan standar buku yang disebut single account dimana untuk setiap kepingnya bernilai 22 karat dengan berat yang mencapai 4,25 gram.

Banyak sekali fungsi atau kegunaan koin emas dinar untuk masyarakat. Koin ini dapat difungsikan sebagai mahar untuk pernikahan ala Islam, shadaqah, infaq, zakat, donasi atau hanya disimpan.

Penyimpanan ini disebut investasi dinar yang nantinya akan digunakan untuk berbagai macam hal di masa depan karena nilai emas tak akan pernah turun.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk investasi koin dinar, ada baiknya kamu perhatikan kelebihan dan kekurangannya dulu, seperti berikut ini

A. Kelebihan

  • Investasi dinar memiliki standar yang terukur, dimana sekeping dinar sama dengan emas 22 karat (91,7%) dengan berat 4,25 gram.
  • Investasi dinar terbilang likuid karena investor dapat membelinya di PT Antam, agen penjual dinar atau toko emas, dan menjual dinar di bank dinar atau bank syariah.
  • Dibandingkan emas batangan, investasi dinar dapat dijumlahkan dan dibagi dengan mudah. Contoh: jika kamu memiliki 100 dinar kemudian membutuhkan dana senilai 2 dinar, maka kamu tinggal menjual 2 keping dinar, dan menyimpan sisa 98 keping dinar. Hal ini tentu berbeda dengan emas batang ketika kamu memiliki 100 gram emas, dan hanya membutuhkan dana segar senilai 20 gram emas, kamu tidak dapat membaginya tetapi harus menjualnya semua.

B. Kekurangan

  • Berinvestasi dinar di Indonesia masih dianggap sebagai perhiasan, sehingga penjual akan terkena PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sebesar 10 persen.
  • Berinvestasi dinar lebih cocok untuk tujuan keuangan jangka panjang misalnyai 5 hingga 10 tahun karena jika berinvetasi dinar dalam jangka pendek berpotensi terkoreksi.
  • Pergerakan harga dinar juga dipengaruhi kondisi global, seperti kebijakan Bank Sentral Amerika Serikat dan Eropa, kemudian permintaan dan produksi emas dunia, serta nilai tukar rupiah terhadap US dollar.

Investasi Emas Batangan

cara tepat menyimpan emas yang mudah dan aman - penghasilan sambil tidur - jenis investasi jangka panjang-pinjaman syariah - dana syariah - ekonomi syariah-emas-investasi-perhiasan-emas-investasi-nilai-grafik-naik-tingkat - tips investasi untuk gaji pas pasan- Cara Investasi Emas

Emas batangan pada dasarnya sering sekali dijadikan sebagai investasi paling banyak dipilih sampai sekarang.

Emas batangan dianggap sebagai bentuk investasi paling ideal dilakukan dalam kurun waktu yang lama karena harga jual emas batangan terbilang tinggi dan stabil.

Tidak hanya itu saja, kemurnian dari emas batangan ini ternyata jauh lebih terjamin. Sebab, tiap pembelian dilakukan akan disertai dengan sertifikat yang di dalamnya mencakup ukuran, berat, dan tingkat kadarnya.

Namun, perlu diingat bahwa kekurangan berinvestasi emas batangan adalah, kamu memerlukan sarana penyimpanan khusus untuk menghindari risiko kejadian perampokan yang mungkin terjadi.

Biasanya, untuk melindungi aset mereka, pemegang investasi emas bersedia membayar lebih banyak dana untuk menyewa safe deposit box yang merupakan fasilitas sebuah bank untuk menyimpan berkas maupun barang milik nasabah yang dirasa memiliki nilai yang cukup tinggi.


Pilih Merk Emas Batangan yang Mana, Logam Mulia dari PT Aneka Tambang (ANTAM) atau UBS?

investasi emas-investasi emas - investasi berlian-cara tepat menyimpan emas yang mudah dan aman - penghasilan sambil tidur - jenis investasi jangka panjang-pinjaman syariah - dana syariah - ekonomi syariah-emas-investasi-perhiasan-emas-investasi-nilai-grafik-naik-tingkat - tips investasi untuk gaji pas pasan- Cara Investasi Emas

Bagi kamu yang tertarik untuk mulai berinvestasi emas batangan, terdapat beberapa merk emas batangan yang tersedia di pasaran, misalnya saja emas ANTAM dan UBS.

Lalu, apa saja perbedaan antara kedua gold bar tersebut?

Logam mulia ANTAM meruapakan salah satu produsen logam mulia tepercaya. Sedangkan UBS, lebih dikenal sebagai produsen perhiasan emas yang telah berdiri sejak 34 tahun lalu.

Tetapi, selain perhiasan UBS juga mengeluarkan emas batangan untuk investasi. Namun, apa perbedaan atau persamaan dengan emas batangan yang dimiliki oleh PT. ANTAM? Berikut penjelasannya.

  • Produk emas batangan Antam terdiri dari dari ukuran 1 gram, 2 gram, 2.5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.
  • Sedangkan emas UBS mengeluarkan pecahan minted bar yang terdiri dari 0.5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.
  • Dari segi sertifikat, emas Antam yang paling baru memiliki bentuk cetakan press, dan emas terlaminasi dengan sertifikat berbentuk seperti simcard. Sertifikasi dari PT Antam telah diakui oleh LBMA (London Bullion Market Associaton).
  • Emas UBS bersertifikat Nasional keluaran dari PT UBS sendiri, dan memiliki perbedaan. Pada emas pecahan 0,1 – 4 gram menggunakan kertas dan emas terlaminasi di dalamnya. Kemudian untuk pecahan 5 – 100 gram menggunakan kertas berhologram dan terpisah dari emasnya. Sehingga hologram tersebut bisa di pegang secara langsung.
  • Harga dari emas Antam relatif lebih tinggi dibandingkan dengan emas UBS. Dan untuk waktu pemesanan emas Antam ini adalah 1 bulan. Sementara untuk memesan emas UBS relatif lebih singkat dibandingkan dengan emas Antam ini.
  • Dari segi ukuran, dengan berat yang sama, Emas Antam memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan dengan emas UBS.
  • Namun, emas Antam dan emas UBS i juga memiliki persamaan. Keduanya sama – sama memiliki kadar emas sebanyak 99,99 persen.

Investasi Perhiasan Emas

investasi emas - investasi berlian-cara tepat menyimpan emas yang mudah dan aman - penghasilan sambil tidur - jenis investasi jangka panjang-pinjaman syariah - dana syariah - ekonomi syariah-emas-investasi-perhiasan-emas-investasi-nilai-grafik-naik-tingkat - tips investasi untuk gaji pas pasan- Cara Investasi Emas

Seperti yang diketahui, investasi emas bisa meliputi berbagai perhiasan, seperti cincin, gelang, kalung dan anting.

Selain bisa digunaan sebagai investasi, emas dalam bentuk perhiasan juga bisa digunakan untuk mempercantik penampilan atau pun sebagai status sosial.

Harga emas perhiasan pun cukup terjangkau dan pada umumnya dijual dengan harga yang bervariasi. Selain itu, emas perhiasan juga mudah ditemukan di mana-mana. Seperti di pasar, deretan ruko, bahkan perempatan jalan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kadar emas pada emas perhiasan cenderung rendah, karena harus dicampur dengan logam lain.

Sifat emas sendiri cenderung lunak dan tidak tahan lama untuk dijadikan sebagai perhiasan. Maka dari itu, untuk membuatnya tahan lama sebagai perhiasan, maka diperlukan beberapa campuran logam lain.

Selain itu, emas perhiasan harganya cenderung tidak stabil, belum lagi terdapat ongkos perubahan emas batang menjadi emas erhiasan yang membuat harga emas perhiasan sudah menjadi otomatis turun ketika dijual.

Karena sang pembeli biasanya tidak akan mau membayar ongkos pemrosesan perhiasannya, mereka hanya mau membayar emasnya saja.

Investasi emas dalam bentuk perhiasan juga mudah cepat rusak dan hilang. Jika kamu sering memakainya dan sering terjadi benturan dengan benda lain, hati-hati bisa merubah penampilannya. Karena kelecetan pada perhiasan akan mengurangi nilai jual dari perhiasan emas tersebut.

Dan juga yang perlu kamu perhatikan ketika ingin membeli perhiasan emas, hati-hati ketika proses transaksi pembelian emas. produsen emas palsu bisa ditemui di mana saja, mulai dari pusat perbelanjaan modern hingga pasar tradisional.

Perhatikan toko mulai dari penempatan toko, kondisi toko, hingga track record toko perhiasan tersebut. Kamu bisa menanyakan lewat pedagang di pasar atau mencari ulasan toko tersebut di internet.


Tabungan Emas dan Investasi Emas Online Untuk Generasi Modern

simpan-emas-curi-pencuri-menabung-investasi emas-investasi emas - investasi berlian-cara tepat menyimpan emas yang mudah dan aman - penghasilan sambil tidur - jenis investasi jangka panjang-pinjaman syariah - dana syariah - ekonomi syariah-emas-investasi-perhiasan-emas-investasi-nilai-grafik-naik-tingkat - tips investasi untuk gaji pas pasan- Cara Investasi Emas

Sama halnya dengan pendanaan peer-to-peer lending di KoinWorks, saat ini investasi emas juga bisa dilakukan melalui aplikasi mobile.

Hal ini tentunya dipengaruhi oleh perilaku masyarakat terutama generasi modern yang lebih menyukai berbagai hal yang berbau online dan praktis.

Emas memang sudah lama menjadi instrumen investasi yang juga menguntungkan dan tidak sulit didapat. Tapi kelemahan dari investasi emas adalah modal awal.

Tidak semua orang memiliki uang tunai untuk bisa melakukan investasi emas secara cepat, ditambah lagi seringnya terjadi perubahan pada harga emas yang membuat banyak orang.

Terutama para generasi millenial merasa bingung untuk menentukan waktu kapan yang tepat untuk membeli emas.

Dengan adanya investasi emas online, hal tersebut tidak usah dikhawatirkan lagi. Hadirnya investasi emas online untuk mengatasi kesulitan para generasi modern yang ingin memiliki investasi emas dengan cara yang kekinian.

I. Apa itu Tabungan Emas Digital?

Tabungan emas digital adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas. Produk tabungan emas memungkinkan kamu sebagai nasabah untuk melakukan investasi emas secara mudah, murah dan aman.

Dengan memanfaatkan tabungan emas digital, kamu bisa membeli emas secara menyicil dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, tabungan emas digital menyediakan fasilitas menjual emas yang bisa kamu beli secara online, dan kamu bisa mencairkan dana tabungan emas baik dari dana tabungan atau hasil penjualan emasmu.

Bagi kamu yang tertarik utuk mencoba investasi emas digital, kamu bisa menemukannya di beberapa e-commerce yang sudah menyediakan tabungan emas digital, bank mau pun pengadaian.


II. Kelebihan Investasi Emas Melalui Online

A. Modal Ringan

Sama halnya seperti tabungan emas, membeli emas melalui aplikasi juga bisa dimulai mulai 0,01 gram saja yaitu seharga kurang lebih Rp6.000. Hal ini tentu terasa ringan dilakukan dan mudah bukan? Kamu bisa saja membeli emas setiap hari.

B. Bisa Dijual Kembali

Kamu bisa menjualnya kembali kapanpun kamu mau. Uangnya nanti akan masuk ke e-wallet kamu yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan atau kamu bisa menariknya ke rekeningmu.

C. Cek Harga Realtime

Aplikasi investasi emas juga memberikan update harga secara realtime sehingga kamu bisa mengamati dan memilih kapan waktu terbaik untuk membeli atau menjual emas. Misalnya, kamu membeli saat harga turun, kemudian menjualnya kembali saat harga naik.

D. Bisa Dilakukan Kapann Saja Di Mana Saja

Yang paling memudahkan dengan adanya aplikasi investasi emas, kamu bisa melakukan kapan saja dan di mana saja selama kamu terkoneksi ke internet. Jadi kamu tidak perlu jauh-jauh datang ke bank atau Pegadaian.


Kekurangan Investasi Emas Secara Keseluruhan

Selain berbagai keuntungan emas yang akan kamu dapatkan, seperti sifatnya yang mudah dicairkan, bebas akan pajak dan lainnya. Berinvestasi emas juga terdapat kekurangannya yang juga harus kamu perhatikan.

Oleh karena itu, beberapa kelemahan atau kekurangan lainnya yang mungkin dialami oleh investor emas terkait dengan keputusan kepemilikan emas sebagai investasi, adalah sebagai berikut.

I. Risiko Kehilangan yang Cukup Tinggi

Karena emas berupa barang, maka salah satu kekurangan utamanya adalah risiko kehilangan.

Hal ini terutama jika kamu membeli emas dalam bentuk perhiasan dan memakainya. Selain hilang karena terjatuh, emas juga bisa hilang karena dicuri orang. Menyimpan emas di dalam rumah juga tidak aman dari risiko ini.

Hal aman yang bisa dilakukan untuk menghindari risiko ini adalah apabila kamu mengambil tabungan emas atau kredit emas, karena emasnya bisa dititipkan kepada pihak penyedia jasa sehingga keamanannya terjamin.


II. Harganya Fluktuatif

Meski kecenderungan harga emas selalu meningkat, namun peningkatan itu tidak lantas terjadi setiap hari dan bukanlah suatu kejadian yang membutuhkan waktu singkat.

Emas disebut memiliki kecenderungan peningkatan harga emas karena tinjauannya dilakukan dalam waktu beberapa tahun. Emas pun terkadang mengalami penurunan harga jual meski tak jarang mengalami kenaikan

Perubahan harga emas yang sering inilah berpotensi mempersulit investor emas untuk dapat menghitung nilai investasi emas yang kamu miliki di masa mendatang.

Jadi bila kamu berencana memiliki investasi emas dalam jumlah besar, pertimbangkan faktor fluktuasi harga emas terlebih dahulu.


III. Merupakan Investasi Jangka Panjang

Investasi emas bukanlah alternatif yang cocok bagi kamu yang menginginkan keuntungan dalam waktu cepat.

Fluktuasi harga emas yang cukup besar tidak bisa menjamin investor akan mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kecenderungan harga emas naik merupakan proses yang cukup lama, artinya untuk mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual yang tinggi tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.


IV. Harga Cenderung Melambat Ketika Kondisi EKonomi Stabil

Harga emas akan mengalami peningkatan ketika kondisi ekonomi dalam keadaan tidak stabil. Bisa jadi dalam waktu ini, terjadi inflasi yang menyebabkan kenaikan dan juga penurunan harga emas.

Jika inflasi terjadi jauh lebih tinggi daripada perkiraan masyarakat, tidak menutup kemungkinan bahwa harga emas akan jauh lebih tinggi. begitu pula sebaliknya.


Cara Membedakan Emas Asli atau Palsu

cara mudah kenali emas palsu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ketika kamu memutuskan untuk berinvestasi emas, kamu harus berhati-hati terhadap emas palsu. Terlebih lagi jika dalam bentuk perhiasan.

Pada dasarnya, membedakan emas asli dan palsu cenderung sulit. Apalagi jika kamu belum pernah memiliki atau membeli emas sebelumnya.

Maka dari itu, berikut ini adalah cara mudah bagi kamu untuk mengetahui emas yang akan kamu beli, asli atau palsu.

I. Identifikasi Warna

Cara termudah pertama yang bisa kamu ketahui adalah dengan memperhatikan warna. Caranya bisa dimulai dengan menggosokkan bagian jari kamu dengan pada badan emas.

Jika warnanya tidak mengalami perubahan maka emas tersebut adalah asli, dan jika berubah maka emas tersebut adalah palsu.


II. Digigit

Emas adalah logam mulia lunak, sehingga mudah sekali dibentuk. Jika si penjual tawarkan emas dengan kadar tinggi, maka kamu bisa cek lunak atau tidaknya emas tersebut dengan mudah. Karena semakin tingginya kadar karatnya, maka emas akan jadi semakin lunak.

Cara mengetahui asli dan palsunya emas tersebut paling mudah adalah dengan menggigit bagian permukaan emas. Jika setelah digigit ada bekas gigitan yang tertinggal, itu artinya emas asli.

Meski demikian, disarankan untuk tidak membelinya terburu-buru. Karena bisa jadi material yang menyusun emas palsu itu adalah timah, karena logam timah juga termasuk golongan logam lunak.


III. Gunakan Alat Tambahan, Yaitu Magnet

Emas pada dasarnya termasuk logam yang sifatnya non magnetis. Itu berarti jika didekatkan dengan magnet, emas tidak akan tertarik atau pun menempel.

Perlu diingat, bahwa pengujian satu ini tak berarti emas yang kamu miliki terjamin keasliannya, sebab masih ada banyak sekali logam lainnya yang memiliki sifat non magnetis.


IV. Menggoreskan di Keramik atau Kertas

Jika emas digoreskan ke keramik atau kertas tidak menyisahkan bekas, itu artinya emas tersebut adalah asli.

Tak ada goresan yang tertinggal bisa jadi petunjuk bahwasannya emas tersebut asli. Tetapi harus Kamu perhatikan pula cara yang digunakan ini beresiko merusak emas.


V. Gunakan Nitric Acid

Mengukur emas apakah asli atau palsu bisa digunakan dengan uji asam atau menggunakan Nitric Acid atau asam nitrat.

Jika berubah jadi warna hijau, itu artinya logam ini adalah besi yang diberi lapisan emas, tetapi jika berubah jadi warna kuning, berarti ini merupakan kuningan yang beri lapisan emas.

Sementara itu jika berubah jadi warna susu, maka logam tersebut adalah perak yang diberi lapisan emas. Tetapi jika tidak berubah warna, logam tersebut merupakan emas asli.

Jika akan melakukan pengukuran kadar sebuah emas dengan menggunakan asam nitrat ada baiknya kamu didampingi seorang profesional. Karena jika tidak, maka bisa berujung kepada kerusakan emas dan merugikan dirimu sendiri.


VI. Surat Resmi ANTAM

Untuk yang terakhir ini cocok banget untuk kamu yang tidak ingin repot dengan cara–cara di atas.

Kamu cukup membawa emas yang sudah dibeli ke butik Antam LM terdekat.

Petugas di butik Antam LM terdekat nanti akan menentukan keaslian dan kadar emas yang terkandung di dalamnya.

Petugas butik Antam LM terdekat biasanya sudah terbiasa kenali emas asli dan palsu, jadi apa yang ia bilang biasanya selalu tepat.


Berapa Harga Emas Setiap per Gram Hari Ini? Berikut Cara Mengetahuinyaemas-untung-tukar-investasi

Pada dasarnya, harga emas sama seperti harga saham, yaitu harga jual-beli komoditas di bursa akan terus berubah, terutama logam mulia seperti emas dan perak.

Maka dari itu, bagi kamu yang sedang menimbang-nimbang untuk mengalokasikan modal pada investasi emas dan perlu memantau harga pasaran emas saat ini.

Grafik Harga Emas Hari Ini

Konversi:

  • 1 Ounce = 28,3495 gram
  • 1 Troy Ounce = 31,1035 gram

Grafik Komprehensif Harga Emas Hari Ini

Informasi Penting Pada Grafik di Atas

Pada bagian Daftar Pantau, berikut masing-masing definisinya:

-USDID: Nilai tukar/konversi mata uang dollar Amerika Serikat ke rupiah.
-XAUID: Harga emas hari ini per gram secara real-time dalam mata uang rupiah.
-XPTID: Harga logam mulia platinum per gram hari ini secara real-time dalam mata uang rupiah.
-XAGID: Harga logam mulia perak/silver per gram hari ini secara real-time dalam mata uang rupiah.


Cara Membeli Emas

investasi emas-5 Cara Mudah Kenali Emas Palsu - investasi untuk ibu rumah tangga

Membeli Emas Batangan Antam

I. Cek Harga Emas di Website Resmi

Sebelum beli logam mulia, sebaiknya cek terlebih dahulu berapa harga emas per hari itu. Tujuannya agar kamu bisa memperkirakan berapa gram emas batangan yang bisa kamu beli.

Kamu bisa mengeceknya di situs-situs resmi yang menjual logam mulia, seperti Pegadaian atau Antam.

Di sana kamu juga bisa mengetahui kisaran harganya kalau membeli emas lebih dari satu gram.

Contohnya saja kalau dikutip dari situs Pegadaian, harga satu gram emas Antam yaitu sebesar Rp 764 ribu. Kalau perhitungan awam, maka kamu harus menyiapkan bujet sebesar Rp 764 ribu x 2 yakni Rp 1,528 juta.

Nyatanya, kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 1,481 juta per dua gram emas batangan. Karena itu, pentingnya mengecek dahulu harga emas batangan di hari kamu ingin membeli.

II. Menghubungi Kantor ANTAM

Jika sudah mengetahui berapa gram logam mulia yang pengin kamu beli. Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan ialah menghubungi kantor Antam untuk memastikan apakah barang masih tersedia.

Pasalnya, banyak orang memborong emas batangan setiap harinya. Biasanya sih yang membelinya para pedagang toko emas yang memang nantinya akan dijual kembali.

III. Mengambil Nomor Antrian

Saat sampai di kantor Antam, katakan ke petugas keamanan yang ada di depan kantor kalau kamu ingin membeli emas batangan.

Mereka akan sangat membantu kamu kok, mulai dari mengambil nomor antrian hingga masuk ke dalam ruang tunggu.

IV. Siapkan Dokumen Seperti KTP dan NPWP

Sebelum membeli emas batangan, pihak Antam akan menanyakan apakah kamu pernah membeli emas sebelumnya.

Jika belum, maka kamu akan diminta untuk melampirkan kartu identitas diri yaitu KTP dan NPWP.

Jadi, kamu akan mendapatkan faktur yang berisi data diri kamu serta jumlah emas batangan yang menandakan kamu sudah berhasil membeli emas dan terdaftar di Antam.

V. Diarahkan untuk ke loket penyerahan Emas

Setelah selesai melakukan transaksi, kamu akan dialihkan ke ruangan loket untuk penyerahan emas. Ruangan tersebut juga tertutup, jadi sangat aman karena ada pembatas kaca antara pembeli dengan pihak Antam.


Membeli Tabungan Emas

Tabungan Emas saat ini tersedia di lembaga Pengadaian. Bagi kamu yang ingin membelinya, ada pun caranya seperti berikut ini.

  1. Membuka rekening Tabungan Emas di kantor cabang Pegadaian disertai fotokopi KTP/Paspor/SIM yang masih berlaku.
  2. Mengisi formulir rekening tabungan dengan membayar anggaran administrasi Rp 000 serta biaya penitipan Rp 2.500 per bulan atau selama satu tahun sebesar Rp30.000.
  3. Pembelian emas bisa dilakukan mulai dengan 0,01 gram. Semisal Kamu ingin membeli emas berat 1 gram maka akan dikalikan dengan harga emas hari itu per 0,01 gramnya (contoh Rp 860). Jadi, Kamu harus membayar sebesar Rp 586.000.
  4. Apabila menginginkan fisik kepingan emas, Kamu bisa melakukan pencetakan dan akan dikenai biaya cetak sesuai dengan ukuran yang Kamu inginkan. Biaya ini bisa berubah sewaktu-waktu, jadi Kamu harus mengeceknya setiap hari. Adapun pilihan ukuran pencetakan emas, yakni 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.
  5. Jika Kamu membutuhkan uang segera, Tabungan Emas bisa dijual kembali dengan minimal penjualan seberat 1 gram di Pegadaian.

Membeli Perhiasan Emas

Bagi kamu yang ingin membeli Emas perhiasan, kamu bisa membelinya melalui dua cara, yaitu online dan onffline.

Sebagai contoh, kamu ingin membeli emas perhiasan di UBS. Jika secara offline, kamu bisa langsung mengunjungi lokasi di mana kamu bisa membeli produksi UBS tersebut.

Jika secara online:

  • Pilih produk yang menarik bagi kamu
  • klik “beli sekarang”
  • Jika sudah selesai dengan semua pilihanmu, klik halaman “shopping chart”
  • Klik “finish shopping”
  • Pilih metode pengiriman dan metode pembayaran yang kamu inginkan.
  • Setelahnya, periksa kembali seluruh belanjaanmu sekali lagi.
  • Jika sudah benar semua, klik “place order: dan tunggu email konfirmasi.

Membeli Emas Secara Online

Bagi kamu yang ingin membeli untuk investasi emas secara online, kamu bisa mengenjungi beberapa e-commerce yang saat ini telah menyediakan layanan menabung emas secara online.

Pada e-commerce tersebut, kamu bisa menentukan berapa jumlah rupiah yang ingin kamu belanjakan. Atau, berapa gram emas yang ingin kamu beli.


Tips dan Trik Berinvestasi Emas

emas-investasi-untung

Apakah kamu sudah memutuskan akan investasi emas dalam bentuk apa? Apakah dalam bentuk batangan, perhiasan, atau secara online?

Nah, jika sudah memutuskannya, kami akan memberikan kamu tips agar sukses berinvestasi emas. Berikut adalah tips dan triknya.

I. Selalu Pantau Harga Emas

Dalam berinvestasi emas, kamuharus selalu memantau harga dan mempelajari pergerakannya di pasaran.

Sebagai patokan, kamu bisa lihat harga emas Antam yang saat ini sudah mencapai 900 ribu er 1 gramnya.

Lalu, pelajari lebih jauh tentang pergerakan harga emas di pasaran. Misalnya, tentang bagaimana tren kenaikan atau penurunan harga, faktor ekonomi yang mempengaruhi dan sebagainya.


II. Perhatikan Waktu Investasi

Selanjutnya, perihal timing. Ada waktu tertentu yang perlu diperhitungkan saat akan berinvestasi emas. Hampir sama dengan ‘bermain’ valas (valuta asing), waktu yang tepat untuk membeli emas adalah ketika nilainya sedang turun. Kemudian dijual lagi saat harganya mulai naik di pasaran.

Satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan, investasi emas sebaiknya disimpan dalam jangka waktu menengah panjang. Usahakan lebih dari 5 tahun demi mendapatkan manfaat optimal. Pastikan kamu juga membeli emas yang memiliki sertifikat resmi dari ANTAM atau Pegadaian.


III. Tentukan Jenis Emas

Emas memiliki berbagai macam jenis. Seperti logam mulia, perhiasan, atau emas kuno. Tiap jenisnya menyimpan nilai yang berbeda pula.

Bagi pemula, disarankan untuk berinvestasi dalam bentuk logam mulia. Menginvestasikan logam mulia tersebut lebih menguntungkan daripada perhiasan.

Kelebihan emas logam mulia adalah memiliki harga jual yang cenderung tinggi. Berbeda dengan perhiasan yang harga jualnya lebih rendah karena dipengaruhi oleh komponen biaya. Mulai dari biaya pembuatan, jumlah karat, nilai seni, model, dan penurunan harga (depresiasi).


IV. Simpan di Tempat yang Aman

Jika kamu memutuskan untuk berinvestasi emas batangan atau perhiasan, simpan investaasimu tersebut di tempat yang benar-benar aman.

Kecerobohan dalam penyimpanan berisiko membuat emas yang sudah disimpan cacat bahkan hilang.

Penyimpanan emas dapat dilakukan dengan menyimpannya di brankas di rumah. Jika mau lebih aman, kamu juga bisa menyimpannya melalui Safe Deposit Box (SDB), yakni sebuah layanan penyimpanan barang berharga. Umumnya layanan SDB disediakan oleh pihak bank.


Alternatif Diversifikasi Investasi Selain Emas

Pengaruh Investasi Terhadap Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Indonesia-ide bisnis online - pelajaran bisnis dari bernard arnault-Apa itu Socially Reponsible Investment (SRI)?-simpan-emas-curi-pencuri-menabung-investasi emas-investasi emas - investasi berlian-cara tepat menyimpan emas yang mudah dan aman - penghasilan sambil tidur - jenis investasi jangka panjang-pinjaman syariah - dana syariah - ekonomi syariah-emas-investasi-perhiasan-emas-investasi-nilai-grafik-naik-tingkat - tips investasi untuk gaji pas pasan- Cara Investasi Emas
img source: unsplash.com/photos/EMPZ7yRZoGw

Seperti yang diketahui, memulai investasi emas memang cenderung mahal. Bagi kamu yang pemula, atau berpenghasilan tidak banyak, mungkin saja hal ini cukup berat dan jadi pertimbangan untuk memulainya.

Sebagai alternatif kamu bisa melakukan investasi pada instrumen lain seperti reksa dana, saham hingga tabungan berjangka.

Tetapi, jika masih belum pasti, sebagai permulaan kamu bisa mendanai di KoinWorks untuk mempelajari investasi secara fundamental, karena pada dasarnya prinsipnya mirip dengan mendanai di KoinWorks.

KoinWorks menyediakan solusi untuk kamu yang ingin mengembangkan dana melalui Peer-to-peer lending dari KoinP2P atau KoinRobo.

Hanya dengan modal awal Rp100.000 kamu bisa mendapatkan imbal hasil 18% per tahun melalui KoinP2P, atau imbal hasil tetap melalui KoinRobo.

Yuk, mulai download, daftar dan mendanai di KoinWorks, Super Financial App! Dapatkan modal awal pendanaan sebesar 350.000 KOIN!

Klaim 350.000 KOIN


Berikut tadi adalah penjelasan mengenai investasi emas yang bisa kamu coba di tahun 2020.  Selalu perhatikan dan lihatlah peluang yang ada supaya investasi emasmu bisa memberikan kamu keuntungan yang maksimal.

Selamat mencoba.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

1 KOMENTAR

  1. aku menjual LM 999,5 – 999,9 berlogo & Polos. harga US $ 55./ gram, belum dipotong potongannya. mulai 7% sd 10%. hubungi + 62-81297087863. Terima kasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.