Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Peer to Peer LendingĀ (P2P) – Terdapat dua pendekatan menuju konsep peer to peer lending (P2P Lending), yakni sebagai peminjam atau sebagai pemberi pinjaman atau investor.

Namun, sebagai apapun Anda dalam hal peer to peer lending, kedua peran akanĀ memberikan manfaat tersendiri bagi Anda dalam hal finansial.

Memang, sistem P2P LendingĀ ini bukanlah tanpa resiko, sama seperti kegiatan finansial lainnya, Anda tetap harus berhati-hati dalam menjalankannya.

Baca Juga:Ā KoinWorks, Investasi Online Menguntungkan Mulai dari Rp 100.000

Namun, selama Anda memahami bagaimana sistemnya, cara kerjanya, hal-hal yang terkait di dalamnya, dan berbagai hal penting lain, Anda akan baik-baik saja. Inilah semua hal yang perlu Anda ketahui tentang peer to peer lending (P2P).

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Peer to Peer Lending (P2P Lending)

Apa Itu Peer to Peer Lending (P2P Lending)?

Peer to Peer Lending (P2P Lending) adalah praktek atau metodeĀ memberikan pinjaman uang kepada individu atau bisnis dan juga sebaliknya, mengajukan pinjaman kepada pemberi pinjaman, yang menghubungkan antara pemberi pinjaman dengan peminjam atau investor secara online.

Peer to Peer Lending (P2P Lending) memungkinkan setiap orang untuk memberikan pinjaman atau mengajukan pinjaman yang satu dengan yang lain untuk berbagai kepentingan tanpa menggunakan jasa dari lembaga keuangan yang sah sebagai perantara.

Pada dasarnya, sistem P2P LendingĀ ini sangat mirip dengan konsep marketplace online, yang menyediakan wadah sebagai tempat pertemuan antara pembeli dengan penjual.

Baca Juga:Ā Investasi Fintech Lending: Praktik Terbaik dalam Berinvestasi di Fintech Lending

Dalam hal P2P Lending ini, sistem yang ada akan mempertemukan pihak peminjam dengan pihak yang memberikan pinjaman. Jadi, boleh dikatakan bahwa P2P Lending merupakan marketplace untuk kegiatan pinjam-meminjam uang.

Ketimbang mengajukan pinjaman melalui lembaga resmi seperti bank, koperasi, jasa kredit, pemerintah dan sebagainya yang prosesnya jauh lebih kompleks, sebagai alternatif, masyarakatĀ bisa mengajukan pinjaman yang didukung oleh orang-orang awam sesama pengguna sistem P2P Lending; dan oleh karena itulah maka disebut “peer-to-peer”.

Bagaimana Cara Kerja Peer to Peer Lending?

skema kerja peer to peer lending koinworks

I. Sebagai Peminjam

Sebagai peminjam, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunggah semua dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman secara online (yang relatif cepat prosesnya), yang di antaranya merupakan dokumen berisi laporan keuangan dalam jangka waktu tertentu dan juga tujuan Anda dalam pinjaman tersebut.

Permohonan peminjaman Anda bisa diterima atau pun ditolak, tentunya tergantung dari beragam faktor.

Baca Juga:Ā Investor Pemula? Baca Panduan Investor Pemula Untuk Investasi di Fintech Lending KoinWorks Ini

Jika permohonan Anda ditolak maka Anda harusĀ memperbaiki segala hal yang menjadi alasan penolakan permohonan Anda.

Kemudian, jika diterima, suku bunga pinjaman akan diterapkan dan pengajuan pinjaman Anda akan dimasukkan ke dalam marketplace yang tersedia agar semua pendana bisa melihat pengajuan pinjaman Anda.

II. SebagaiĀ Investor

Sebagai investor, nantinya Anda memiliki akses untuk menelusuri data-data pengajuan pinjaman di dashboard yang telah disediakan.

Anda juga pastinya bisa melihat semua data mengenai setiap pengajuan pinjaman, terutama data relevan mengenai si peminjam seperti pendapatan, riwayat keuangan, tujuan peminjaman (bisnis, kesehatan, atau pendidikan) beserta alasannya, dan sebagainya.

Baca Juga:Ā Trik Sederhana Mendapatkan Keuntungan Maksimal dari Investasi Fintech Lending KoinWorks

Jika Anda memutuskan untuk menginvestasikan pinjamanĀ tersebut, Anda bisa langsung menginvestasikan sejumlah dana setelah melakukan deposit sesuai tujuan investasi Anda.

Peminjam akan mencicil dana pinjamannya setiap bulan danĀ Anda akan mendapatkan keuntungan berupa pokok dan bunga. Besaran bunga akan tergantung pada suku bunga pinjaman yang diinvestasikan.


Apakah Peer to Peer Lending Merupakan Sarana yang Tepat Bagi Anda?

memaksimalkan keuntungan investasi p2p lending koinworks

Harus diakui, hal ini tentunya akan bergantung pada kebutuhan finansial Anda, baik sebagai si peminjam maupun bagi investor. Hal baiknya bagi peminjam, peer to peer lending merupakan sarana yang tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan pinjaman pribadi yang cepat.

Baca Juga:Ā 4 Hal yang Perlu Dipahami Sebelum Investasi di Fintech Lending

Dan hal baiknya bagi si investor, jika Anda memiliki dana lebih yang hendak dialokasikan namun tidak tahu ke mana harus menginvestasikannya, peer to peer lending ini merupakan sarana yang sangat bagus bagi kebutuhan Anda.


Kelebihan dan Kekurangan P2P Bagi si Peminjam

Kelebihan

  • Bagi si peminjam, salah satu manfaat terbesar dari P2P Lending adalah suku bunga yang rendah dibandingkan dengan suku bunga yang ditetapkan oleh lembaga keuangan resmi, misalnya, bank.
    Sebaliknya, pinjaman pribadiĀ mungkin memiliki tingkat bunga antara 12-20% dari lembaga keuangan, itu pun masih lebih rendah ketimbang tagihan kartu kredit. Sedangkan pinjaman dari P2P Lending memiliki suku bunga yang lebih rendah.
  • KelebihanĀ lainnya adalah proses pengajuan pinjamannya tidak seformal ketika mengajukan pinjaman di lembaga keuangan seperti bank.
    Prosesnya pun jauh lebih cepat dan mudah. Selain itu, Anda tidak membutuhkan syarat-syarat “berlebihan” yang harus dipenuhi agar pinjaman Anda disetujui.
  • Nantinya, jika Anda memiliki reputasi yang buruk soal pinjaman keuangan, Anda bisa menjelaskan alasan di baliknya kenapa hal tersebut bisa terjadi.
    Selain itu, Anda juga bisa mengajukan pinjaman untuk tujuan atau pun alasan apapun selama ada orang yang akan menginvestasikan uangnya.
  • Terakhir, P2P Lending merupakan pinjaman tanpa agunan yang artinya jaminan apapun sama sekali tidak diperlukan.

Kekurangan

  • Suku bunga pinjaman P2P Lending melonjak naik saat kelayakan kredit Anda jatuh.
  • Jika Anda telat membayar, tagihan akan sangat signifikan, di mana jika Anda gagal membayar pinjaman Anda, jumlah yang harus dibayarĀ nantinya bisa melejit tinggi.
  • Pinjaman hanya cocok untuk jangka pendek, sebab semakin lama jangka waktu pinjaman, tagihan akan terus naik.
  • Ada kemungkinan bahwa kebutuhan dana pinjaman Anda bisa terpenuhi secara keseluruhan, namun tidak ada jaminan bahwa seluruh pengajuan pinjaman dana akan terpenuhi.
    Misalnya Anda membutuhkan pinjaman dana sebesar Rp 150 juta, dan jika hanya Rp 75 juta saja yang terpenuhi, pengajuan pinjaman Anda berarti gagal dan dana yang sudah terkumpul akan dikembalikan ke para investor.

Kelebihan dan Kekurangan P2P Lending Bagi siĀ Investor

Kelebihan

Kekurangan

  • Jika Anda menginvestasikan uang melalui P2P Lending, Anda tidak bisa menarik uang yang Anda investasikan kapan pun Anda mau, tidak seperti menyetor uang ke bank.
  • Ada kemungkinan bahwa si peminjam akan gagal dalam mengembalikan uang pinjamannya, sehingga dana yang Anda pinjamkan bisa lenyap.
    Namun hal ini sudah diatasi oleh mayoritas platform Peer to Peer Lending dengan jaminan yang diberikan kepada Anda sebagai pendana.

Mulai Berinvestasi di Peer to Peer Lending Indonesia

investasi peer to peer lending p2p lending koinworks - 8

Apakah Anda sudah tertarik untuk menggunakan sistem peer to peer lending? Bagus! Nyatanya, banyak orang yang senang dan puas dengan pengalaman mereka menggunakan peer to peer lending.

Jika Anda ingin menggunakan peer to peer lending, baik itu sebagai peminjam maupun pendana, Anda bisa mulai mendaftarkan diri di KoinWorks.

Cara Kerja KoinWorks: Investasi Online P2P Lending

Terdapat beragam produk untuk kepentingan pendanaan seperti KoinBisnis, KoinSehat, dan KoinPintar, yang masing-masing bisa digunakan untuk kepentingan pendanaan (baik meminjam maupun mendanai) yang berkaitan di bidang bisnis (UKM), kesehatan, dan pendidikan.

SebagaiĀ Investor

Di KoinWorks, Anda bisa mulai berinvestasi sebagai investorĀ mulai dariĀ Rp 100.000,- dan memiliki kendali penuh terhadap kepada siapa Anda akan meminjamkan dana dan untuk tujuan apa, entah itu Pinjaman Bisnis (Business Loan), Pinjaman Kesehatan (Health Loan) atau pun Pinjaman Pendidikan (Education Loan).

Dengan teknologi yang inovatif Anda bisa dengan mudah melakukan diversifikasi terhadap dana yang ingin Anda pinjamkan, tentu berdasarkan pilihan Anda.

Sebagai Peminjam

Berperan sebagai peminjamĀ di KoinWorks akan memberi Anda kemudahan dalam mengajukan pinjaman, cepat prosesnya dengan pinjaman yang bisa Anda sesuaikan. Anda juga memiliki fleksibilitas dalam hal pengembalian pinjaman.

Anda tidak perlu datang ke kantor KoinWorks, cukup mengunggah dokumen yang diperlukan dan mulai ajukan pinjaman.Ā KoinWorks juga transparan dalam laporan pinjaman dengan suku bunga yang lebih rendah.

Baca Juga:Ā Begini Teknik Diversifikasi Investasi di Fintech Lending KoinWorks

Kunjungi KoinWorks sekarang juga dan temukan kebutuhan finansial Anda lewat sistem peer to peer lending yang inovatif.


[Infografis] Apa Itu Peer to Peer Lending?

apa itu peer to peer lending - penjelasan p2p lending - KoinWorks

Embed Infografis Ini di Website Anda:


Tertarik untuk mencoba berinvestasi peer to peer lending di Fintech Lending KoinWorks?

Investasi Sekarang


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

16 KOMENTAR

  1. belum jelas apa yg dilakukan investor atau pemberi pinjaman setelah transaksi p2p terjadi, dan selama waktu pinjaman berjalan?,
    apa yg dilakukan pihak koinworks kepada investor apabila ada indikasi gagal pengebalian dana investasinya ?

    • Halo, Pak Komang.
      Setiap Peminjam memiliki jangka waktu maksimal 10 hari hingga pinjamannya terpenuhi (fully funded) untuk kemudian dicairkan ke rekening yang ditunjuk. Setelah dicairkan, Pendana tinggal menunggu pengembalian (berupa pokok + bunga) dari cicilan yang dibayar Peminjam setiap bulannya, bergantung dari tenor pinjaman mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan.
      Bila terjadi indikasi NPL, pihak KoinWorks akan secara reguler melakukan tindakan penagihan dan mengenakan biaya keterlambatan, dan setelah 3 bulan tidak ada kejelasan mengenai pembayaran, KoinWorks akan menyatakan bahwa pinjaman tersebut gagal bayar. Bila demikian, seluruh tanggung jawab penagihan akan diambilalih oleh KoinWorks dan KoinWorks akan mencairkan Dana Proteksi demi meminimalisir kerugian yang ditanggung oleh seluruh Pendana yang mendanai pinjaman tersebut. Selengkapnya mengenai Dana Proteksi, mohon rujuk halaman berikut.
      Semoga seluruh pertanyaan Anda terjawab.
      Terima kasih.

    • Halo.
      Ada dua metode pengembalian imbal hasil di KoinWorks, yakni Bulanan dan Lump Sum.
      Normalnya, imbal hasil akan diterima setiap bulannya berupa pokok + bunga hingga tenor pinjaman berakhir.
      Aoabila pinjaman tersebut memiliki metode pengembalian Lump Sum, maka imbal hasil akan diberikan di akhir tenor, misalnya pada bulan ke-12 bila tenornya 12 bulan.

      Selamat berinvestasi!

  2. Apa hanya invest 100rb sja kh dan tinggal menunngu bunga yg masuk ataw ada dgan usaha laen spya bunga invest bisa masuk ke kuta??

    • Halo.
      Terima kasih atas ketertarikannya.
      Di KoinWorks, selain sekedar mengalokasikan dana, Anda memiliki kontrol penuh terhadap pengelolaan investasi Anda.
      Jadi, Anda bebas memilih sendiri tingkat risiko, keuntungan, tenor dan siapa Peminjamnya.
      Anda perlu melakukan analisa terhadap setiap kegiatan investasi Anda agar dana yang dialokasikan sesuai dengan tingkat risiko dan keuntungan yang sesuai preferensi Anda.
      Anda juga bisa memilih RoboLending untuk mengotomatisasikan investasi Anda.

      Terima kasih.

    • Halo.
      Terima kasih sudah mendaftar.
      Apabila Anda baru mendaftar, pengajuan Anda masih akan ditinjau oleh tim kami sebelum bisa mulai berinvestasi.
      Bila Anda sudah mendapatkan email persetujuan pendaftaran, Anda bisa login ke dalam akun KoinWorks dan masuk ke menu Telusuri/Browse atau deposit terlebih dahulu di menu Deposit.

      Selamat berinvestasi!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.