6 Hal Ini Bisa Tingkatkan Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi, Lakukan Yuk!

pertumbuhan dan pembangunan ekonomo

Saat ini di seluruh dunia, termasuk Indonesia sudah memasuki era revolusi industri 4.0.

Perkembangan ini tentunya akan mempengaruhi ekonomi Indonesia ke depannya.

Di era ini, Menrisetdikti menilai bahwa anak muda merupakan sumber ekonomi baru.

Kreativitas dan inovasi yang dilahirkan anak-anak muda Indonesia mampu menjadi sumber ekonomi baru untuk menggerakan ekonomi bangsa.

Lalu, apa saja hal-hal yang bisa anak muda lakukan untuk turut serta berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi?

Berikut ulasannya!


1. Melek dengan Teknologi Terbaru

Adanya perkembangan dalam masyarakat untuk menuju kehidupan yang lebih modern, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga berkembang jadi lebih berkualitas.

Ilmu pengetahuan dan teknologi sendiri mungkin merupakan dua unsur yang berbeda, tapi kalau digabung akan menjadi kesatuan yang berdampak bagi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

Nah, dengan menjadi seorang yang melek berita terbaru dari teknologi, kamu memiliki kemungkinan besar untuk menguasainya dan beradaptasi lebih cepat.

Nantinya, kamu tak hanya menjadi pribadinyang lebih berkembang, tapi juga tahu beragam cara dalam mengelola sumber daya supaya lebih efektif dan efisien.


2. Menjaga Sarana dan Prasarana

Kehadiran sarana dan prasarana menjadi hal penting karena hal ini mampu membuat mudah semua pihak yang bersangkutan dalam pembangunan ekonomi.

Maka dari itu, sebagai anak muda yang menjadi roda penggerak dalam pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, haruslah menjaga keutuhan sarana dan prasarana.

Hal ini dikarenakan, ketika sebuah sarana dan prasarana tidak terdukung dengan baik, upaya yang dilakukan dalam meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi bisa terhambat dan kurang optimal.

Ketika sebuah sarana prasarana tidak mendukung, upaya untuk meningkatkan perekonomian bisa terhambat dan kurang optimal. Sayang, kan?


3. Berinvestasi di Pasar Modal

Selanjutnya kamu bisa turut berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi dengan berinvestasi di pasar modal.

Secara umum, ada dua manfaat yang bisa kamu pakai dari sebuah pasar modal.

Pertama, bisa menjadi sarana atau sumber pendanaan untuk mengembangkan finansial.

Kedua, kamu turut serta menambahkan dana bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Tapi sebelum melakukannya perlu diperhatikan kalau investasi saham di pasar modal merupakan instrumen berisiko tinggi walaupun menghasilkan return yang juga tinggi.

Cari tahu banyak informasi tentang pasar modal, sehingga kamu bisa memilih instrumen saham yang sesuai dengan kebutuhan.


4. Mendanai UKM Indonesia

Saat ini Usaha Kecil Menengah atau UKM bisa dibilang sebagai motor penggerak ekonomi Indonesia. Bahkan, bisa disebut sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

UKM di negara kita bisa lho menyumbang sekitar 60% dari PDB atau Product Domestic Bruto.

Tak hanya itu, mereka juga memberikan kesempatan kerja pada banyak masyarakat.

Maka dari itu, pemerintah pun terus menjalankan program-program yang memberikan peluang menguntungkan untuk para bisnis UKM supaya lebih berkembang.

Melihat keadaannya saat ini, tak bisa dipungkiri bahwa UKM bisa meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi kita.

Tapi di balik semua itu, masih banyak juga penggiat UKM yang kesulitan untuk menjalankan usahanya.

Maka dari itu, tak sedikit dari mereka yang usahanya harus tutup dengan umur yang terbilang baru.

Alasannya juga beragam, tetapi hal yang paling sering ditemukan adalah kurangnya modal usaha.


5. Meningkatkan Pendidikan dan Keterampilan yang Dimiliki

Pendidikan merupakan faktor utama yang akan menentukan pengetahuan dan keterampilan yang akan kamu kuasai.

Tidak hanya itu saja, berbekal pendidikan yang baik, kamu juga bisa berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan kehidupan yang lebih mapan.

Hubungan dagang internasional dan globalisasi mengharuskan sebuah negara bersaing satu dengan yang lainnya.

Sebuah negara yang berhasil secara ekonomi akan mempunyai keunggulan kompetitif dibandingkan nagara lain.

Hal ini artinya perekonomian sebuah negara sangat berhubungan erat dengan keuntungan dan kerugian yang mereka alami di pasar global.

Pendidikan dan pelatihan pekerja suatu negara menjadi salah satu faktor utama yang akan menentukan seberapa baik ekonomi negara tersebut.

Para pekerja atau karyawan yang ingin meningkatkan potensi penghasilan mereka di masa depan perlu mengembangkan dan menyempurnakan kemampuan mereka.

Semakin banyak pengetahuan yang mereka miliki tentang fungsi pekerjaan atau semakin mereka paham dengan industri, maka akan semakin berharga mereka di mata perusahaan.


6. Membeli Obligasi

Pertumbuhan ekonomi suatu negara merupakan sebuah indikator utama yang dapat mempengaruhi kemajuan perekonomian negara tersebut.

Oleh karena itu, dibutuhkan usaha keras bagi pemerintah dan warganya untuk mencapai hal itu.

Namun, apabila dalam prosesnya, ekonomi Indonesia lebih dominan mendapat sumbangan dari sektor investasi asing (luar negeri), maka bisa berdampak pada krisis global di masa mendatang.

Selain itu, tingkat konsumsi masyarakat Indonesia yang tinggi juga bisa menjadi alasan yang mempengaruhi terjadinya krisis global.

Lalu apa saja upaya yang bisa dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kemajuan pembangunan ekonomi di Indonesia?

Dalam rangka mencegah risiko utang luar negeri yang dapat mempengaruhi kestabilan nilai tukar rupiah terhadap valas, pemerintah harus menerbitkan obligasi negara untuk menambah stok modal yang dibutuhkan.

Nah, stok modal dari investor yang telah membeli obligasi negara tersebut dapat digunakan oleh negara untuk melunasi utang dan juga memenuhi kebutuhan produksi yang ditujukan untuk masyarakat.

Di samping itu, kegiatan ekspor juga berperan penting untuk meningkatkan cadangan devisa, serta meningkatkan spesialisasi dan nilai tambah ekonomi di perdagangan Internasional.

Kamu mungkin sekarang merasa bingung akan memilih investasi apa.

Tidak perlu khawatir, jenis investasi apapun yang kamu pilih, itu tetap akan membantu meningkatkan perekonomian negara Indonesia.

Mulai dari obligasi, saham, reksa dana pasar uang dan lain sebagainya.

Kamu pun akan belajar bagaimana cara menganalisa untuk mendanai pinjaman yang mana, lalu menentukan strategi pendanaan supaya bisa mendapatkan imbal hasil maksimal mulai dari 18% per tahun.

Nah, jika ingin mendapatkan imbal hasil terprediksi mulai dari 6% hingga 13%, kamu dapar mendanai melalui KoinRobo.

Mau menabung emas?

Bisa juga melalui KoinGold dari KoinWorks.

Hanya dengan Rp10.000, kamu sudah bisa melakukan jual-beli emas digital yang mudah tanpa potongan biaya administrasi.

Semuanya bisa kamu lakukan dengan mudah melalui satu aplikasi KoinWorks!

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Firda Nur Asmita

Firda Nur Asmita

As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.