Home Daily 6 Tips Finansial yang Harus Anda Ketahui di Usia...

6 Tips Finansial yang Harus Anda Ketahui di Usia 30 Tahun

6 Tips Finansial yang Harus Anda Ketahui di Usia 30 Tahun – Bagi kebanyakan orang, usia 20 merupakan usia di mana Anda berkesempatan menikmati kehidupan masa muda Anda.

Di usia 20, Anda masih bisa bersenang-senang dan menghabiskan uang Anda untuk berbagai keinginan Anda yang sebenarnya tidak terlalu penting itu.

Namun, ketika sampai di usia 30, Anda sudah perlu memikirkan banyak hal terutama tentang hal-hal yang berkaitan dengan finansial.

Mengapa?

Ini dikarenakan semakin banyaknya kebutuhan finansial yang mau tidak mau harus Anda penuhi, seperti cicilan rumah, cicilan kendaraan, hingga tabungan pernikahan.

Bahkan mungkin Anda tidak lagi menyukai masakan rumah dan memilih untuk makan siang/malam di luar. Dengan demikian, Anda pun membutuhkan extra budget untuk memenuhi hal-hal semacam itu.

Nah, berikut ini ada beberapa tips finansial yang bisa Anda terapkan ketika menginjak usia 30 tahun. Simak yuk!


6 Tips Finansial yang Harus Anda Ketahui di Usia 30 Tahun

1
Bisa Menentukan Antara Membeli atau Menyewa

Bisa Menentukan Antara Membeli atau Menyewa

Di usia 30, apalagi Anda sudah berkeluarga, sangat penting bagi Anda untuk menentukan di mana Anda dan anak-istri Anda akan tinggal. Apakah keputusan untuk membeli tempat tinggal lebih baik daripada menyewanya? Atau sebaliknya?

Antara membeli dan menyewa, keduanya merupakan keputusan yang tepat. Anda hanya tinggal menyesuaikan dengan situasi dan kondisi Anda secara personal. Pernyataan ini berlaku untuk segala jenis barang/jasa yang akan Anda beli atau pinjam.

  • Jika Anda memilih untuk Membeli

Katakanlah Anda memutuskan untuk membeli sebuah rumah sebagai tempat tinggal Anda sekeluarga.

Terdapat beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan sebelumnya, mulai dari rencana untuk jangka pendek sampai rencana jangka panjang.

Anda harus mempertimbangkan berbagai pertanyaan seperti; Apakah Anda akan tinggal dalam jangka waktu yang lama? Apakah penghasilan Anda mampu menutupi kredit rumah Anda? Apakah Anda masih bisa membayar kebutuhan Anda lainnya setelah membeli rumah? Dan pertanyaan lainnya.

Pastikan Anda mampu membayar biaya-biaya tambahan, termasuk biaya renovasi, biaya asuransi, serta biaya pajak yang tidak boleh Anda lupakan.

  • Jika Anda memilih untuk Menyewa

Masih tentang tempat tinggal. Jika Anda lebih tertarik untuk menyewa, pastikan harga sewa dan tingkat kenaikannya tidak melebihi 30% dari penghasilan Anda. Sebab, Anda tentu masih memiliki kebutuhan lain yang harus dibayarkan.

Sebisa mungkin, Anda harus menghitungnya terlebih dahulu dan mengetahui keuntungan apa saja yang akan Anda dapatkan dengan menyewa, tanpa membeli.

Merasa kesulitan menghitung? Coba hitung menggunakan kalkulator sewa vs beli. Ini akan memudahkan Anda dalam memutuskan.


2
Mulai Tinggalkan Gaya Hidup Paycheck-to-Paycheck

Mulai Tinggalkan Gaya Hidup Paycheck-to-Paycheck

Tanggal gajian, adalah hari yang sangat ditunggu-tunggu. Beberapa dari Anda pasti sudah memiliki rencana untuk menghabiskan gaji yang Anda dapat setiap bulan. Namun, tidak sedikit juga yang lupa menahan diri untuk tidak konsumtif.

Nah, jangan sampai Anda keterusan memenuhi daftar keinginan Anda dan lupa untuk menyisihkan 20%-nya untuk ditabung atau diinvestasikan.

Gaya hidup Paycheck-to-Paycheck sama sekali tidak mencerminkan kondisi keuangan yang baik dan sehat. Tinggalkanlah kebiasaan boros ini sebelum menjamur dalam pikiran Anda.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan?

Jangan bingung, mulai saat ini ubah cara pandang Anda tentang finansial. Cobalah untuk selalu mencatat aliran dana yang masuk dan keluar dari rekening Anda. Jujurlah pada diri sendiri dan awasi kondisi finansial Anda.

Selain itu, bersikap tegaslah pada diri Anda sendiri. Hapus biaya-biaya yang tidak penting dan tidak perlu dipenuhi dari daftar rancangan anggaran biaya Anda.

Jika Anda merasa kesulitan memangkas biaya tidak penting tersebut, Anda bisa mencari solusi lain yaitu meningkatkan pendapatan. Caranya yaitu dengan mencari pekerjaan dengan gaji yang lebih besar atau mendirikan pekerjaan sampingan.


3
Memiliki Dana Darurat

emergency fund

Mungkin Anda sudah bosan membaca judul ini. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa dana darurat adalah hal terpenting yang harus Anda ingat kapanpun dan dimanapun.

Akan selalu ada dana yang Anda keluarkan untuk keadaan darurat di masa mendatang. Sebab, kehidupan tidak dapat diprediksi oleh siapapun. Hal-hal yang terjadi di dunia ini tidak dapat Anda prediksi, sekecil apapun itu.

Seperti pada saat kendaraan kesayangan Anda tiba-tiba rusak karena ditabrak oleh orang yang tidak bertanggung jawab, mau tidak mau Anda harus mengeluarkan uang untuk memperbaikinya. Padahal Anda sama sekali tidak menduga hal ini akan terjadi pada Anda.

Satu solusi yang bisa Anda lakukan yaitu membuat tabungan dana darurat yang bisa dicairkan kapan saja di saat Anda membutuhkannya.

Jika sekarang ini Anda sama sekali tidak memiliki dana darurat, yuk mulai targetkan Rp1 juta setiap bulannya. Anda bisa menaikkan nominalnya apabila pendapatan Anda juga ikut naik.

Mudah bukan?


4
Lunasi Utang Anda

Lunasi Utang dan Cicilan - nasihat keuangan

Saat ini, kartu kredit telah menjadi makanan sehari-hari masyarakat di dunia, termasuk Indonesia. Dari hasil riset, ada sebanyak 97,1% dari total transaksi kartu kredit digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berbelanja.

Bahkan, menurut data Statistik Sistem Pembayaran RI, volume transaksi kartu kredit pada triwulan I tahun 2019 mengalami kenaikan 1,15% dari tahun 2018, yaitu dari 163,41 juta ke 169,28 juta.

Nominal transaksi kartu kredit juga tercatat naik sebesar 9,53%, dari Rp151,49 triliun (2018) menjadi Rp166,07 triliun (2019).

Ketika Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman/kredit baik menggunakan kartu kredit atau media lainnya, secara tidak langsung Anda telah berkomitmen untuk melunasinya, sekalipun itu berbunga.

Menurut data di tahun 2017, bunga kartu kredit maksimal tercatat 2,95% per bulan (35,4% per tahun). Sementara untuk bunga tarik tunai, rata-rata bank mengenakan bunga 6% per transaksi.

Dengan adanya fakta tersebut, banyak orang-orang di kalangan menengah ke bawah merasa kesulitan untuk melunasi utang mereka yang sudah berbunga banyak.

Lalu, bagaimana cara melunasinya?

Seorang pengusaha asal Amerika, Dave Ramsey, menyarankan untuk menggunakan metode snowball. Di mana Anda mulai melunasi utang dengan jumlah terendah, kemudian beralih ke utang dengan jumlah terendah berikutnya, dan seterusnya.


5
Diversifikasi Penghasilan Anda

Bagaimana Cara Mendiversifikasikan Investasi?

Seperti yang sudah disinggung pada poin kedua, di usia 30 tahun, alangkah lebih baiknya Anda memiliki lebih dari satu sumber pendapatan. Sehingga Anda tidak terpaku pada satu pekerjaan yang membuat Anda stress berat karena gajinya tidak sesuai dengan yang Anda harapkan.

Mulai diversifikasi penghasilan Anda dengan menambah bidang pekerjaan di samping pekerjaan utama Anda. Carilah kesibukan berpenghasilan lain yang lebih santai dan bisa dikerjakan sambilan di rumah, seperti menjadi pekerja lepas atau pekerja paruh waktu.

Dengan demikian, tidak hanya penghasilan Anda yang bertambah, tapi pengalaman Anda juga ikut bertambah.

Cobalah lihat tren di sekitar Anda, buat sesuatu yang unik, menarik, dan banyak peminatnya. Lalu, pasarkan ke orang-orang terdekat Anda. Baru setelahnya Anda bisa mempromosikan ke jangkauan yang lebih luas lagi.

Jangan lupa untuk menganalisa kondisi pasar Anda dan mulai fokus pada apa yang Anda kerjakaan saat ini. Semakin Anda dan produk Anda dikenal, maka semakin mudah bagi Anda menghasilkan uang yang lebih banyak.


6
Memilih Teman Hidup

memilih teman hidup

Tips finansial yang terakhir yaitu memilih pasangan yang tepat di usia 30 tahun. Lho, memang apa hubungannya antara pasangan dan finansial?

Tips ini muncul karena begitu banyak penelitian yang mengaitkan uang sebagai sumber permasalahan dari pertengkaran yang terjadi di antara Anda dan pasangan Anda.

Menurut survei, sebanyak 70% pasangan bertengkar karena uang. Ahli keuangan dari New York, Jacqueline Newman, juga menyatakan bahwa 35% pemicu pertengkaran dalam rumah tangga adalah uang.

Banyak juga yang mengatakan bahwa finansial menjadi penyebab utama stress dalam sebuah pernikahan (riset dari SunTrust Bank).

Cinta memang tidak dapat dipaksakan. Namun, Anda juga harus lebih mempertimbangkan masalah ini dengan pasangan Anda sebelum kalian menikah dan memiliki anak.

Sebab, segalanya akan berubah setelah Anda berkeluarga. Tanggung jawab finansial tidak hanya milik Anda, tapi juga milik pasangan Anda. Oleh karena itu, pilihlah teman hidup yang cocok dengan Anda dan bisa berkompromi dengan permasalahan finansial semacam ini.

Jangan lupa untuk selalu jujur pada pasangan dan berjanji akan bekerja sama dalam pengelolaan keuangan. Menjaga komunikasi juga salah satu hal terpenting dalam sebuah hubungan, terutama komunikasi tentang keuangan.

Demikianlah tips finansial yang setidaknya harus Anda lakukan di usia 30 tahun. Jangan sampai Anda menyesal karena mengabaikannya.

Tips di atas adalah beberapa dari sekian banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meraih kebebasan finansial di masa depan.

Pada intinya, pahami diri Anda, ubah cara Anda memandang segala sesuatu yang berkaitan dengan ‘finansial’, serta lakukan yang bisa Anda lakukan selama itu bermanfaat bagi Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

Selamat mencoba!



Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Apa itu KoinWorks?

Baca
X