10 Pekerjaan Freelance dengan Gaji Tinggi

freelance dengan gaji tinggi

Apa saja pekerjaan freelance dengan gaji tinggi?

Well, pekerja freelance atau yang disebut freelancer kerap kali dipandang sebelah mata karena gaji yang tidak lebih besar dari pekerjaan tetap. 

Namun, tahukah kamu?

Faktanya terdapat beberapa pekerjaan freelance yang menawarkan gaji tinggi, lho. Selain itu, sistem kerja freelance yang dapat dilakukan secara remote merupakan sebuah keuntungan bagi seseorang yang kurang menyukai bekerja tanpa harus datang ke kantor

Lantas, apa saja pekerjaan freelance dengan gaji tinggi? 

Eitss… Sebelum itu, kenalan dengan pekerjaan freelance dulu, yuk!


Apa itu Freelance?

Freelance adalah sebutan bagi seseorang yang bekerja, tapi waktu kerjanya fleksibel. Tidak seperti full time worker yang harus bekerja selama 8 jam sehari dan jam kerja yang terjadwal. 

Selain itu, seorang freelancer tidak terikat kontrak jangka panjang dengan suatu perusahaan, namun tetap memiliki ikatan kerja dengan klien sesuai dengan kesepakatan yang dapat berupa project, design, waktu pengerjaan, serta biaya yang dikenakan.

Lalu, berapa penghasilan seorang freelancer?

Penghasilan seorang freelancer sangat bervariasi, bisa tergantung dari kesulitan proyek maupun jam terbang. 


Pekerjaan Freelance dengan Gaji Tinggi

Saat ini, pekerjaan sebagai freelance mulai dilirik oleh banyak orang karena memiliki prospek dan penghasilan yang tak kalah dengan bekerja secara full time.

Melansir dari Katadata, berikut 10 besar pekerjaan freelance global dengan rata-rata gaji tertinggi.

Adakah bidang yang kamu kuasai?


1. Manajer Humas

Manajer humas bertanggung jawab untuk mempertahankan citra perusahaan dimata konsumen. 

Mulai dari menulis dan mendistribusikan siaran pers, bekerjasama dengan media, hingga memonitor, merekam dan mengevaluasi kritik dan saran konsumen

Masuk sebagai pekerjaan freelance dengan gaji tinggi, rata-rata penghasilan seorang freelance manajer humas bisa mencapai $52 per jam atau setara dengan Rp766 ribu. 


2. Account Executive

Suka bertemu dengan orang baru? Kalau iya, pekerjaan freelance dengan gaji tinggi yang satu ini cocok buat kamu. 

Seorang account executive bertanggung jawab untuk mencari klien baru, dengan cara melakukan promosi dan menawarkan keuntungan kepada calon klien jika bergabung dengan perusahaan. 

Jika klien setuju dengan penawaran, account executive akan bertugas untuk melakukan negosiasi kontrak dengan klien. 

Soal penghasilan rata-rata, seorang freelance account executive bisa mengantongi $43 per jam atau setara dengan Rp633 ribu, lho. 


3. Software Developer

Masuk dalam pekerjaan freelance dengan gaji tinggi, seorang software developer bertanggung jawab untuk mengimplementasikan solusi perangkat lunak dengan membangun program, aplikasi, dan situs website.

Untuk berkarier sebagai software developer, setidaknya kamu harus memiliki kemampuan analisis yang baik, berpikir secara logis, dan perhatian terhadap detail.

Dari segi penghasilan, seorang software developer bisa mengantongi $42 per jam atau setara Rp619 ribu dengan waktu kerja 40-50 jam dalam satu minggu. 


4. Profesor

Suka berbagi ilmu? Kalau iya, menjadi seorang freelance profesor bisa jadi pilihan untuk menambah cuan, lho. 

Pertumbuhan pesat platform pendidikan dan eLearning membuat freelance profesor banyak dibutuhkan. Tak heran jika profesor masuk dalam pekerjaan freelance dengan gaji tinggi. 

Freelance profesor bertanggung jawab untuk mengajar siswa di seluruh dunia dalam berbagai disiplin ilmu. Biasanya, dalam satu minggu profesor bisa bekerja 9-12 jam, tambahan 20-30 jam untuk mempersiapkan kelas, dan 10 jam untuk menilai dan mengevaluasi tugas kursus

Penghasilan rata-ratanya bisa mencapai $41 per jam atau setara dengan Rp604 ribu, lho. 


5. Technical Writer

Technical writer atau penulis teknis bertugas untuk mendokumentasikan dan menulis materi teknis seperti panduan penggunaan peralatan atau petunjuk pengoperasian dan pemeliharaan secara runut.

Bentuk dari tulisan bisa berupa buku petunjuk, artikel jurnal, maupun dokumen pendukung lainnya untuk menyampaikan informasi yang bersifat kompleks dan teknis secara lebih mudah. 

Biasanya, seorang technical writer bisa menghabiskan 40 jam waktunya untuk bekerja dengan gaji rata-rata $41 per jam atau setara dengan Rp604 ribu. Jadi, dalam satu minggu saja mereka bisa meraup penghasilan Rp4 juta-an.

Tentunya, besaran penghasilan menyesuaikan dengan jam terbang penulis serta berapa jam kerjanya dalam satu minggu. 


6. Akuntan

Secara global, rata-rata penghasilan seorang freelance akuntan bisa mencapai $38 per jam atau setara dengan Rp560 ribu. 

Seorang freelance akuntan akan bertanggung jawab pada proses keuangan, transaksi, serta dokumen kliennya.

Dalam satu minggu, biasanya seorang freelance akuntan jam kerja rata-ratanya bisa mencapai 40 jam, hal ini tergantung dari industrinya. 

Sementara untuk klien, freelance akuntan dapat bekerja dengan klien individu maupun usaha kecil atau sebuah organisasi. 


7. Copywriter

Freelance Copywriter adalah penulis konten kreatif dengan tujuan memperkenalkan produk dagang dari klien. 

Biasanya, mereka bertugas untuk memproduksi konten persuasif untuk keperluan tulisan iklan digital, cetak, maupun bentuk pemasaran lainnya. 

Penghasilan seorang freelance Copywriter bisa mencapai $38 per jam atau setara dengan Rp560 ribu, asalkan sepadan dengan level pengalamannya, ya.


8. Programmer

Seorang freelance programmer bertugas untuk mengembangkan perangkat lunak dan aplikasi komputer, menawarkan konsultasi, serta memberikan solusi bagi klien mereka.

Dalam satu minggu, mereka bisa bekerja 40 jam/minggu dengan penghasilan rata-rata mencapai $38 per jam atau setara dengan Rp560 ribu, lho.


9. Graphic Designer

Graphic designer merupakan salah satu pekerjaan freelance yang paling banyak diminati.

Namun, tidak semua orang bisa menjadi graphic designer, lho. Karena dibutuhkan kreativitas yang tinggi serta kemampuan menggunakan aplikasi desain yang mumpuni untuk menjadi graphic designer.

Untuk itu, seorang graphic designer pemula bisa mulai membuat portofolio terlebih dahulu sebelum menawarkan jasanya kepada calon klien. 

Semakin lama pengalaman, penghasilan freelance graphic designer bisa makin tinggi juga, lho. 

Melansir dari Katadata, gaji rata-rata freelance graphic designer bisa mencapai $36 per jam atau setara dengan Rp530 ribu.  

Gimana? Tertarik berkarier sebagai freelance graphic designer?


10. Web Developer

Web developer atau pengembang web bertanggung jawab untuk membuat dan membangun situs web, mulai dari tampilan situs internet hingga kegunaannya. 

Jam kerja rata-rata pengembang web kurang lebih 35 jam per minggu dengan gaji rata-rata $35 per jam atau setara Rp525 ribu. 

Jika di total, dalam satu minggu seorang freelance pengembang web bisa mengantongi Rp3 juta-an!

Tak heran jika pengembang web masuk sebagai pekerjaan freelance dengan gaji tinggi. 

Karena besaran penghasilan bisa saja menyesuaikan dengan kemampuan serta jam terbang masing-masing. 


Gimana? Adakah pekerjaan di atas yang kamu minati?

Setelah menerima penghasilan dari pekerjaan yang telah kamu lakukan, jangan lupa untuk menyisihkannya untuk investasi di KoinP2P dari KoinWorks.

Mengapa harus KoinP2P? 

Dengan sistem peer-to-peer lending, kamu bisa investasi sekaligus berkontribusi memberdayakan UMKM di Indonesia, lho.

Selain itu, mulai dari Rp100.000 kamu sudah bisa mulai investasi dengan imbal hasil 18%+ per tahun. 


Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.