Tips Berpenghasilan Lewat Situs Freelancer

·
4 menit
tips mendapat penghasilan dengan freelance

Menjadi pekerja freelancer di situs freelance memang bukan hal mudah. Untuk kamu yang ingin lebih mudah bersaing dengan pekerja freelance lain, berikut ini adalah beberapa tips untuk memudahkan kamu mendapatkan uang sebagai freelancer di situs freelance. Apa saja? Ini dia ulasannya.

Kelebihan menjadi freelancer

Bekerja sebagai freelancer di situs freelancing memiliki banyak keuntungan. Akan tetapi ada juga kekurangannya.

Untuk kamu yang ingin tahu kelebihan bekerja sebagai freelance di situs freelance di situs, berikut ini adalah beberapa keuntungan-keuntungan paling utama bekerja di situs freelance.

  • Lebih mudah mengatur waktu untuk bekerja

Salah satu keuntungan menjadi pekerja freelance di situs freelancing adalah kamu lebih mudah menentukan waktu untuk bekerja.

Kamu bisa istirahat sebanyak yang kamu inginkan. Dengan waktu yang lebih fleksibel, kamu bisa menyempatkan waktu bersama keluarga tapi bisa mendapatkan uang untuk pengeluaran kamu.

  • Makin banyak pekerjaan makin banyak cuan

Kamu memang bisa istirahat kapan pun yang kamu mau jika bekerja sebagai freelancer. Akan tetapi jika kamu ingin banyak cuan, kamu juga bisa bekerja keras dengan mengambil banyak pekerjaan di situs freelancer.

Inilah yang membuat kamu bisa mendapatkan banyak uang bahkan lebih banyak dari uang sebagai karyawan.

Ya, biasanya freelancer memang memiliki lebih banyak uang, hal ini disebabkan karena sebagai freelancer kamu bekerja dengan sistem pembayaran tiap job. Jadi setiap job punya harga berbeda dan bisa kamu tentukan akan diambil atau tidak.

Tapi jika kamu berorientasi pada jumlah uang yang kamu dapatkan, kamu mungkin tidak punya waktu untuk diri kamu sendiri. Hal ini bisa menjadi salah satu kekurangan dari pekerjaan freelance di situs freelancer.

Selain itu jika kamu bekerja di situs freelancer, kamu akan bersaing dengan banyak orang. Tingginya persaingan ini membuat kamu mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Terlebih jika kamu belum mendapatkan kepercayaan dari klien kamu.

Untuk kamu yang ingin bekerja sebagai freelancer sukses, berikut ini adalah beberapa hal penting untuk diperhatikan agar kamu lebih mudah mendapatkan job dan cuan.

Langkah memulai pekerjaan sebagai freelancer

Sebelum kita membicarakan bagaimana cara menjadi seorang freelancer yang sukses, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk memulai pekerjaan sebagai freelancer.

  • Tentukan status pekerjaan kamu

Tidak sedikit orang yang menjadikan pekerjaan freelancer sebagai pekerjaan utama mereka. Hal ini memang akan lebih menguntungkan jika kamu sudah bisa membangun reputasi kamu di mata konsumen.

Jika kamu bekerja sebagai freelance penuh mungkin kamu akan berada di masa kesulitan dan tidak mendapatkan pemasukan jika jumlah pekerjaan terbatas dan persaingan tinggi.

Oleh karena itu, pastikan kamu tahu apakah pekerjaan freelance penuh atau freelance untuk keuangan tambahan yang lebih cocok untuk kamu.

  • Cari situs freelance yang sesuai dengan gaya kamu

Pada situs freelance yang memperbolehkan kamu melakukan bidding pekerjaan terlebih dahulu, ada juga situs freelance mengharuskan kamu untuk mengirim pekerjaan kamu terlebih dahulu.

Nah kamu bisa pilih salah satu yang paling sesuai untuk kamu. Jika kamu masih baru dalam dunia freelancing, akan lebih baik jika kamu mencari situs-situs kompetisi guna membangun reputasi kamu sebagai freelancer, contoh situs-situs frelance.

  • Lakukan pendaftaran

Langkah selanjutnya jika kamu sudah menetapkan situs freelance untuk bekerja, kamu bisa langsung melakukan pendaftaran atau registrasi.

  • Lakukan bidang pekerjaan atau tawarkan jasa kamu

Setelah kamu sukses melakukan registrasi dan kamu lolos menjadi salah satu freelancer dari website freelancing ini, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah melakukan betting pekerjaan atau menawarkan jasa.

Tujuan kedua dari pekerjaan ini adalah untuk menemukan klien terbaik untuk pekerjaan kamu. Sangat penting bagi kamu untuk membangun kepercayaan klien terlebih dahulu.

Cara membangun kepercayaan klien dan menjadi seorang freelance yang sukses akan kami bahas tersendiri pada subbab selanjutnya.

  • Selesaikan pekerjaan dan submit

Jika kamu sudah menemukan pekerjaan atau klien mencari kamu untuk mengerjakan pekerjaan mereka, selesaikan pekerjaan kamu.

Akan tetapi sebelum menyelesaikan pekerjaan, pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai pekerjaan dari segi detail pekerjaannya maupun dari segi pembayarannya.

  • Dapatkan bayaran

Nah kita proses sebelumnya sudah lancar selesai, langkah terakhir adalah mendapatkan bayaran kamu.

Tips Menjadi Freelance yang sukses

Bagi kamu yang ingin menjadi seorang freelancer sukses, kami akan memberikan beberapa tips bagi kamu. Berikut ini adalah tipsnya :

  • Menemukan niche yang tepat

Sebelum kamu mulai pekerjaan freelancer kamu, sangat penting bagi kamu untuk menentukan niche sesuai dengan kemampuan kamu. Kamu bisa mendapatkan banyak sekali hal menarik dan memiliki bayaran tinggi di situs freelancer.

Akan tetapi mengerjakan banyak jenis pekerjaan akan membuat kemampuan kamu terbagi-bagi. Hal ini mungkin akan membuat calon konsumen atau klien kamu ragu saat menemukan akun freelancer kamu.

Oleh karena itu akan lebih baik bagi kamu untuk fokus pada satu niche agar lebih mudah menjaring klien dan lebih fokus pada satu lingkup pekerjaan.

  • Memberikan penjelasan detail mengenai layanan

Apa yang kamu lakukan jika kamu sedang mewawancarai seseorang untuk pekerjaan dan orang tersebut terkesan tidak memenuhi kualifikasi standar kamu? Kamu pasti tidak akan menggunakan orang tersebut dalam pengerjaan proyek kamu bukan?

Entah itu karena orang tersebut memang tidak kompeten atau tidak bisa mengungkapkan bagaimana kemampuan dirinya. Hal yang sama akan terjadi pada kamu jika kamu tidak bisa memberikan detail layanan untuk klien kamu.

Jika kamu yakin bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut berikan penjelasan sedetail mungkin untuk memastikan klien kamu paham mengenai kualifikasi dan kompetensi kamu. Hal ini akan membantu kamu lebih mudah memenangkan hati para klien.

  • Mendefinisikan ideal klien kamu

Selain memberikan detail mengenai kemampuan kamu dalam bentuk teks, hal yang tidak kalah penting adalah bukti kualifikasi kamu. Ketika kamu akan mencari pekerjaan, kamu akan diminta untuk memberikan portofolio bukan?

Portofolio ini nantinya akan digunakan sebagai pertimbangan oleh klien untuk menentukan apakah kamu sesuai dengan proyek mereka atau tidak. Jadi sangat penting bagi kamu untuk membuat portofolio dengan kualitas tinggi.

Masukkan karya terbaik kamu dan juga pencapaian-pencapaian terbaik kamu di situs freelancer yang kamu pilih guna memastikan klien kamu tahu kamu adalah orang paling tepat untuk proyek mereka.

  • Buat skill meyakinkan

Terakhir adalah mengenai skill kamu. Jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak klien, pastikan untuk memberikan informasi pada klien tersebut mengenai skill kamu. Akan lebih baik jika skill ini didukung dengan sertifikat pelatihan berhubungan dengan layanan yang kamu tawarkan.

Hal ini akan membuat layangan kamu lebih yakin dengan kualifikasi kamu, menawarkan kualitas prima kamu ke dalam proyek mereka sehingga kamu bisa mendapatkan uang sebagai freelancer dengan lebih mudah.

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih