Tertarik Investasi, Tapi Gaji Pas-Pasan? Intip 5 Strateginya!

investasi jangka panjang

Tertarik Investasi, Tapi Gaji Pas-Pasan? Intip 5 Strateginya! – Apakah Investasi itu penting? Pada awalnya kamu akan merasa bahwa investasi tidak begitu penting. Mengingat gaji kamu yang sudah pas-pasan, jika melakukan investasi maka dana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari akan berkurang.

Jika kamu berpikiran seperti diatas, tentunya kamu salah besar.

Dengan adanya jenis jenis investasi seperti deposito, reksadana, investasi emas bahkan properti, akan memberikan banyak keuntungan kepada kamu karena bunga yang akan kamu dapatkan dari masing-masing investasi yang kamu pilih.

Berinvestasi juga bisa membantu kamu terhindar dari risiko inflasi. Jika kamu berinvestasi, kamu tidak akan terkena risiko inflasi dan pajak yang tinggi, karena ada aturan yang akan melindungi dan tidak membuat rugi.

Pastinya dengan berinvestasi, kesejahteraan pun akan terjamin. Karena meskipun gaji pas-pasan kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus menyita banyak waktu kamu.

Setelah kamu membaca keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika berinvestasi dan mulai tertarik untuk memulai, berikut adalah tips untuk memulai investasi meskipun gaji kamu memiliki gaji yang pas-pasan.


Tertarik Investasi, Tapi Gaji Pas-Pasan? Intip 5 Strateginya!

Tentukan Berapa Besar Biaya yang Akan kamu Investasikan

biaya-perhitungan-iuran-BPJS-kesehatan- tips investasi gaji pas pasan

Ketika kamu memasuki awal bulan, kamu harus mulai untuk membuat anggaran untuk investasi. Mulailah dari 5-10 persen gaji kamu, misalkan kamu memiliki gaji Rp4 juta, maka kamu bisa sisihkan sekitar 200 ribu atau 400 ribu pe rbulannya untuk dana investasi.

Baca juga : Berinvestasi dengan Dana Terbatas? Ini 5 Cara yang Bisa Dilakukan Saat Ini Juga

Namun, Buatlah catatan untuk kebutuhan kamu terlebih dahulu untuk memastikan kembali bahwa anggaran yang sudah kamu sisihkan bisa cukup untuk kebutuhan sehari-hari.


Mulai Membuka Rekening Deposito atau Reksadana

bunga Diatas Deposito - investasi jangka pendek - Jenis Bunga Deposito Time Deposit - investasi untuk PNS- tips investasi untuk gaji pas pasan

Selanjutnya, pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan anggaran yang kamu punya. Cobalah untuk melakukan investasi dengan risiko yang rendah, yaitu deposito atau reksadana.

Jika kamu memilih deposito, uang yang akan investasikan akan aman meskipun keuntungan yang kamu dapatkan tidak begitu besar.

Jika kamu memilih reksadana, kamu dapat membuka rekening reksadana dengan dana minimun 100 ribu rupiah saja kemudian memilih jenis reksadana yang kamu inginkan.

Baca juga : Ketahui 4 Jenis-jenis Reksa Dana Ini sebelum Mulai Investasi!

Reksadana juga cocok jika kamu tidak memiliki waktu lebih menghitung keuntungan dan kerugian yang kamu dapatkan. Karena dengan reksadana kamu sudah percayakan dana investasi kamu kepada para staff ahli.


Pilih Investasi pada Instrumen Berwujud

emas-investasi-nilai-grafik-naik-tingkat - tips investasi untuk gaji pas pasan

Investasi pada instrumen berwujud yaitu seperti emas, properti atau investasi lainnya yang memiliki wujud nyata. Jika kamu memiliki gaji pas-pasan, kamu bisa mulai mencoba untuk berinvestasi emas.

kamu cukup membeli emas sebesar 1 atau 2 gram setiap bulannya. Selain harga emas yang tidak pernah turun, kamu pun bisa menjualnya kembali ketika harga emas sedang naik.

Baca juga: Sebelum Berinvestasi, Kenali 8 Cara Membedakan Emas Asli dan Emas Palsu

Lakukan kegiatan investasi ini secara berkala maka kamu akan mendapatkan keuntungan yang juga besar.


Perhatikan Keuntungan dan Risiko

Perhatikan Keuntungan dan Risiko

Setelah kamu mempelajari berbagai jenis investasi, kamu bisa mulai menyesuaikan investasi yang cocok dengan kondisi kamu. Perhatikan kembali imbal keuntungan dan risiko yang akan kamu dapatkan.

Baca juga : 5 Kesalahan Investasi yang Sering Dilakukan Investor dan Harus Segera Dihindari

Mengalami kerugian pada investasi adalah hal yang wajar. Namun, kamu tetap harus aktif untuk mencari informasi seputar investasi tersebut, agar terhindar dari kerugian terus menerus.


Kendalikan Diri kamu dalam Keuangan kamu

Kendalikan Diri kamu dalam Keuangan kamu

kamu adalah nakhkoda dalam mengatur dan merencanakan keuangan kamu. Jika kamu menginginkan kesejahteraan untuk kamu dan keluarga kamu ke depannya, investasi adalah awal yang baik.

Meskipun dana investasi kamu masih sangat terbatas. Namun, jika kamu rutin melakukannya, maka hal tersebut sudah pasti akan memberikan hasil yang baik.

Dengan investasi, kamu juga bisa belajar hal baru untuk mencapai tujuan keuangan kamu. Bagaimana, tidak sulit kan?

Apabila kamu sudah melakukan 5 hal di atas tapi masih merasa kurang maksimal, mengapa tidak mencoba untuk mendanai di Peer-to-Peer Lending dari KoinP2P?

Di KoinP2P, kamu bisa mulai mendanai mulai dari Rp100.000 dan keuntungan yang didapatkan mulai dari 18% per tahun.

Simak video pengalaman para Pengguna KoinWorks di bawah ini!

Selain itu, pendanaan yang kamu lakukan juga akan disalurkan ke berbagai pinjaman produktif seperti pinjaman bisnis dan pinjaman pendidikan.

Sekarang, tak ada lagi deh, alasan tidak bisa investasi meski gaji pas-pasan.

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.