Pastinya, ada banyak manfaat investasi yang bisa dilakukan oleh seorang pengusaha yang bisa menjalankan usahanya dengan sukses. Tapi, tidak jarang jika seorang pengusaha tidak bisa mendapatkan apa-apa dari investasinya ketika ia menemui kegagalan dalam berbisnis. Hal yang paling krusial tentang kegagalan bisnis adalah ketika seorang pengusaha tersebut tidak menyadari bahwa bisnisnya sedang turun bahkan merosot tajam menuju kegagalan. Hingga ia akhirnya sadar bisnisnya sudah ambruk.

Sudah menjadi kewajiban bagi setiap pengusaha untuk bisa membuat indikator bahwa perusahaannya sedang mengarah pada keberhasilan atau justru kegagalan. Berikut 5 indikator bahwa bisnis Anda sedang terjun ke arah kegagalan;

Tidak bisa memenej dengan baik

Ketiadaan kompentensi di bidang bisnis yang dijalankan, bingung dengan situasi bisnis serta tidak bisa memenej bisnis dengan baik sehingga terkesan semua semrawut dan tidak terkontrol adalah indikasi pertama bahwa kegagalan bisnis Anda akan segera hinggap. Jika Anda merasa bisnis yang berjalan tidak bisa dimenej atau dikontrol, maka waspadalah karena cepat atau lambat bisnis akan runtuh. Segera lakukan tindakan penyelamatan dengan sesegera mungkin memperbaiki sistem menejemen.

Bisa jadi diperlukan beberapa waktu bahkan sampai beberapa bulan untuk memperbaiki sistem menejemen agar semua yang berhubungan dengan bisnis Anda bisa dikendalikan dengan baik. Jika Anda masih menunda untuk membuat sistem menejemen yang bagus, maka hal itu sama saja dengan mempercepat kegagalan.

Tidak cukup wawasan dan rasa percaya diri

Pengalaman akan diperoleh ketika Anda sudah terjun ke dunia bisnis. Pengalaman juga bisa didapatkan dari banyak hal. Hal yang sama juga terjadi dengan wawasan pelaku usaha tentang usaha yang sedang ia jalani. Jika Anda merasa sama sekali tidak memiliki wawasan terkait bisnis yang Anda jalani sehingga Anda tidak tahu harus bagaimana langkah selanjutnya untuk menjalankan bisnis maka Anda harus waspada karena wawasan yang cukup untuk menjalankan bisnis merupakan kunci kesuksesan.

Wawasan di sini bisa juga diartikan sebagai seluk beluk usaha tersebut. Oleh sebab itu, sebelum terjun ke dunia bisnis, persiapkan diri dengan wawasan yang cukup sehingga tidak mudah panik, tidak terburu-buru memutuskan, tidak bingung menghadapi masalah dan lain sebagainya. Tingkat wawasan yang tinggi akan membantu rasa percaya diri yang tinggi.

Tidak bisa mengontrol laju keuangan

Keuangan adalah hal yang sangat krusial pada setiap jenis usaha. Keuangan yang baik tentunya mendukung kesehatan bisnis sehingga bisa melaju dan berkembang dengan baik. Sebaliknya, jika laju keuangan tidak bisa dikontrol, pemasukan dan pengeluaran tidak jelas, maka bisnis yang Anda jalankan akan stagnan karena Anda tidak cukup dana bahkan tidak mengetahui seberapa besar keuntungan yang sudah didapatkan sehingga bisnis tidak bisa dikembangkan.

Jika Anda merasa tidak bisa mengontrol laju keuangan bisnis Anda, maka Anda harus segera bertindak untuk menyelamatkan bisnis Anda dengan memulai pencatatan keuangan yang rapi, pembagian porsi penghasilan untuk tiap pos seperti untuk gaji, biaya operasional dan lain sebagainya. Mengontrol laju keuanganย  bisa dimulai dengan pencatatan keuangan yang baik dari mulai pemasukan dan pengeluran segaa hal.

Tidak bisa membuat perencanaan

Perencanaan merupakan hal yang wajib untuk dilakukan dengan baik bagi setiap pelaku usaha. Sayangnya, tidak semua pengusaha bisa membuat perencanaan yang baik. Tapi hal itu masih lebih baik karena sudah membuat perencanaan. Jika Anda sama sekali tidak bisa membuat perencanaan untuk kedepannya, maka bisa dipastikan Anda akan menemui banyak kesulitan. Hal ini dikarenakan ketika Anda tidak bisa membuat rencana berarti Anda tidak bisa mengembangkan bisnis Anda. Artinya, bisnis akan stagnan dan lama tapi pasti akan hancur.

Tidak bisa berinovasi

Inovasi adalah salah satu tolak ukur dari keberhasilan suatu usaha. Ketika Anda tidak berinovasi, maka sudah bisa dipastikan Anda akan kalah bersaing. Kalah bersaing artinya Anda tidak bisa terus eksis di tengah permintaan pasar. Lama tapi pasti, Anda akan menutup toko atau bisnis Anda lantaran kalah daya saing dengan para pesaing yang selalu melakukan inovasi. Jika Anda merasa tidak bisa membuat inovasi, maka waspadalah.

Nah, dari beberapa indikator diatas, mana yang menurut Anda sedang Anda rasakan? Bisnis akan memberikan manfaat investasi ketika berjalan dan berkembang bukan stagnan dan runtuh.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.