5 Buku Investasi Terbaik Untuk Investor Pemula – Sebagai kaum dewasa muda dan profesional, sangatlah penting untuk paham tentang seluk-beluk investasi karena melalui investasi jangka panjang akan memungkinkan Anda mendapatkan keuntungan yang lebih besar di masa mendatang.

Namun, sementara berinvestasi lebih awal sangatlah penting, tentunya berinvestasi dengan bijak juga harus dilakukan.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini: Kamis, 19 September 2019

Untuk dapat berinvestasi dengan bijak maka Anda harus memiliki sebuah pengalaman. Pengalaman adalah guru terhebat bagi para investor, tapi bisa juga menjadi cara belajar yang sangat mahal.

Dibandingkan harus belajar dengan trial dan error, membaca buku mengenai investasi dapat menjadi cara yang lebih efektif untuk belajar, paling tidak dasar-dasar fundamentalnya, karena membaca buku memungkinkan Anda untuk memperoleh keuntungan dari pengalaman orang lain.

Baca Juga: Mempersiapkan Dana Pensiun Dengan Rp 100.000 Setiap Hari

Untuk itu, berikut adalah 5 rekomendasik buku investasi terbaik yang dapat memberikan wawasan bisnis dan keuangan yang sangat diperlukan bagi investor muda:

5 Rekomendasi Buku Investasi Terbaik untuk Investor Pemula

“Rich Dad, Poor Dad” (2000) oleh Robert Kiyosaki

Rekomendasi buku investasi terbaik yang pertama dalam daftar ini mungkin sudah sering Anda ketahui eksistensinya. Buku ini wajib dibaca bagi para investor muda. Dalam buku ini Kiyosaki berpandangan bahwa orang miskin dan kelas menengah bekerja demi uang, tapi orang kaya bekerja untuk belajar.

Baca Juga: Cara Berinvestasi Sesuai Dengan Risk Tolerance

Dia menekankan pentingnya mengerti akan finansial, dan bagaimana mencapai kebebasan finansial sebagai tujuan akhir.

Kiyosaki menunjukkan bahwa walaupun akutansi penting untuk dipelajari, tapi terkadang juga bisa menyesatkan. Bank saat ini memberikan kemudahan memiliki rumah sebagai aset bagi setiap individu, namun karena pembayaran yang diperlukan untuk mencicilnya, terkadang bank menjadi tanggung jawab besar dan menjadi sangat mengganggu dalam pemutaran arus kas.

Baca Juga: Investasi Rp 100.000 Setiap Hari, Bagaimana Keuntungannya Setelah 10 Tahun?

Menurut Kiyosaki, aset yang sesungguhnya seharusnya merupakan asset yang menambah pendapatan bukan mengurangi pendapatan.


“The Essays of Warren Buffett: Lessons For Corporate America” (1997) oleh Warren Buffett

Dalam esainya, Warren Buffett yang secara luas dianggap sebagai investor modern yang paling sukses memberikan pandangannya pada berbagai topik penting bagi perusahaan Amerika dan pemegang saham.

Baca Juga: 5 Kesalahan Investasi yang Sering Dilakukan Investor dan Harus Segera Dihindari

Investor muda bisa melihat sekilas dan belajar mengenai manajemen perusahaan dan pemegang sahamnya, serta proses pemikiran yang terlibat dalam meningkatkan nilai perusahaan perusahaan.

Esai Buffett juga mencakup diskusi tentang tata kelola perusahaan, keuangan, investasi, alternatif untuk saham biasa, merger dan akuisisi, akuntansi dan penilaian, kebijakan akuntansi, dan masalah pajak. Buffett menguraikan prinsip-prinsip bisnis dasarnya.

Baca Juga: Mengenal Investasi dan Cara Memulai Investasi dengan Rp 1 juta

Dalam buku ini Buffet menganjurkan pembelian saham bisnis pada saat saham diperdagangkan dengan harga diskon, dia menentang mengikuti tren investasi.


“Beating the Street” (1994) oleh Peter Lynch

Peter Lynch adalah salah satu investor di pasar saham yang paling sukses. Dia memulai perjalanannya sebagai seorang intern di Fidelity Investments pada pertengahan tahun 1960-an.

Hampir 11 tahun kemudian, dirinya ditugaskan untuk mengelola Dana Magellan, yang pada saat itu mendekati aset $18 juta. Pada tahun 1990, dana tersebut telah tumbuh menjadi aset $18 miliar dengan hampir 1.000 posisi saham. Selama ini, dana tersebut membukukan hasil rata-rata lebih dari 29% per tahun.

Baca Juga: Investasi Sebagai Pendapatan Utama: Apa dan Bagaimana?

“Beating the Street” memungkinkan pembaca mengintip pemikiran Lynch dalam hal memutuskan apakah akan membeli atau menjual saham. Lynch percaya bahwa individual investor dapat memanfaatkan peluang pasar lebih baik daripada Wall Street, dan mendorong investor untuk berinvestasi pada apa yang mereka ketahui.


“The Intelligent Investor” (1949) oleh Benjamin Graham

Buku ini ditulis pada tahun 1949 dan telah dipuji oleh Warren Buffett sebagai buku investasi terbaik yang pernah ditulis. Benjamin Graham dianggap sebagai “bapak investasi yang bernilai tinggi”.

Baca Juga: 3 Jenis Investasi Menguntungkan yang Layak Dicoba

Paradigma pada buku ini menganjurkan pembelian saham yang harganya di bawah harga relatif terhadap nilai inheren mereka, yang ditentukan melalui analisis fundamental.

Graham menggali sejarah pasar saham, dan menginformasikan pembaca untuk melakukan analisis fundamental terhadap sebuah saham. Dia membahas berbagai cara untuk mengelola portofolio Anda termasuk pendekatan positif dan defensif.

Baca Juga: Investor Aktif vs Investor Pasif: Investor Tipe Manakah Anda?

Dia kemudian membandingkan saham beberapa perusahaan untuk menggambarkan lebih jelas mengenai poin yang dimaksudkan.


“Think and Grow Rich” (1937) oleh Napoleon Hill

Think and Grow Rich” terjual lebih dari 30 juta kopi di seluruh dunia. Dalam buku ini, Hill melakukan penelitian ekstensif berdasarkan hubungannya dengan para orang-orang kaya selama masa hidupnya.

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Investasi Itu Perlu Dilakukan Sekarang Juga

Atas saran Andrew Carnegie, Hill menerbitkan 13 prinsip untuk kesuksesan dan pencapaian pribadi dari pengamatan dan penelitiannya. Ini termasuk keinginan, iman, pengetahuan khusus, perencanaan yang terorganisir, ketekunan dan “indra keenam”.

Hill juga percaya pada brainstorming terhadap orang-orang yang berpikiran sama, dimana usahanya tersebut kemudian dapat menciptakan energi sinergis. Buku ini akan memberikan wawasan berharga tentang psikologi kesuksesan.

Baca Juga: Dapatkan Passive Income dengan Investasi Online P2P Lending

Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi buku yang wajib Anda baca untuk menambah pengetahuan mengenai cara berinvestasi.

Jika Anda kemudian ingin untuk segera berinvestasi, saat ini Anda dapat mulai berinvestasi hanya dengan Rp 100.000 per hari lho melalui investasi online peer to peer lending KoinWorks!


Bacaan Selanjutnya:

  1. Belum Pernah dan Ingin Mulai Berinvestasi? Ini 5 Tips Investasi untuk Pemula
  2. 4 Langkah Mewujudkan Impian dengan Berinvestasi
  3. Tips Biar Bisa Liburan Setiap Tahun
  4. Ini Alasan Kenapa Berinvestasi di KoinWorks Bisa Mulai dari Rp 100.000
  5. 5 Tips Agar Bisa Berinvestasi Setiap Bulan
  6. Bagaimana Investasi Mempengaruhi Kehidupan Finansial?
  7. Cara Menghitung Bunga Investasi di KoinWorks
  8. Trik Sederhana Mendapatkan Keuntungan Maksimal dari Investasi Fintech Lending KoinWorks
  9. 5 Tips Berinvestasi di Fintech Lending dari Para Ahli
  10. Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

1 KOMENTAR

  1. Mengapa buku yang dianjurkan hanya karangan orang luar saja? Mengapa tidak memasukan buku investasi yang ditulis oleh investor Indonesia sendiri : Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal, yang mendapatkan 5-stars Rating dari pembaca-pembaca yang membeli bukunya di Tokopedia?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.