Mempersiapkan Dana Pensiun Dengan Rp 100.000 Setiap Hari – Tidak sedikit orang yang sudah mulai merencanakan pensiun. Ketika kita membicarakan pensiun, yang kerap muncul sebagai bagian dari perencanaan kita adalah dana pensiun itu sendiri.

Tentu tidak bijak apabila kita merencanakan pensiun namun melewatkan strategi untuk mempersiapkan dana pensiun.  Pentingnya dana pensiun mungkin tidak perlu penjelasan lagi.

Yang pasti, dana pensiun akan sangat berguna ketika tubuh sudah tidak lagi mampu bekerja keras, diri sudah tidak produktif, dan apabila kondisi kesehatan sudah mulai berkurang.

Kondisi tersebut tentu sangat berpengaruh terhadap keuangan. Ketika sudah tidak bekerja, nilai pendapatan dan pengeluaran menjadi tak lagi seimbang.

Baca Juga: Investasi Rp 100.000 Setiap Hari, Bagaimana Keuntungannya Setelah 10 Tahun

Kecuali bila Anda sudah memiliki bisnis sampingan sebagai sumber pendapatan lain sebelumnya, dana pensiun akan sangat berguna apabila Anda sudah tidak lagi memiliki sumber pendapatan tetap.

Baca Juga: Optimalisasi Keuangan oleh P2P Fintech Lending

Nah, apabila Anda memang sudah mempersiapkan dana pensiun dari sekarang, satu trik ini bisa Anda terapkan mulai dari detik ini juga.

Mempersiapkan Dana Pensiun Dengan Rp 100.000 Setiap Hari

mempersiapkan dana pensiun-koinworks

Menyisihkan uang senilai Rp 100.000 setiap hari kelihatannya tidak terlalu berpengaruh terhadap kondisi keuangan, namun ternyata, hasilnya sedikit berada di luar dugaan.

Akan tetapi, akan lebih baik uang yang Anda sisihkan diinvestasikan ketimbang ditabung, apalagi disimpan dalam bentuk kas. Anda sebaiknya tidak menyimpan uang dalam bentuk kas hingga usia Anda menyentuh usia pensiun.

Baca Juga: Mengenal Investasi dan Cara Memulai Investasi dengan Rp 1 juta

Di sisi lain, menabung bisa pula menjadi sebuah solusi yang lebih aman untuk mempersiapkan dana pensiun Anda. Bunga sebesar 5% bisa didapatkan dari tabungan dalam bentuk deposito. Hanya saja, bunga dari instrumen investasi lain seperti saham dan peer to peer lending bisa dikatakan lebih tinggi ketimbang tabungan atau deposito.

Sepanjang tahun 2016 lalu, misalnya, bunga rata-rata investasi peer to peer lending KoinWorks mencapai 19,9%. Hal tersebut tentu mampu memberikan keuntungan yang relatif lebih tinggi ketimbang Anda menyisihkan uang sebesar Rp 100.000 per hari untuk ditabung.

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Investasi Itu Perlu Dilakukan Sekarang Juga

Dan sebenarnya, mayoritas uang yang bisa Anda sisihkan datang dari keuntungan investasi, bukan dari gaji bulanan yang Anda sisihkan.

Ketika Anda menyisihkan Rp 100.000 setiap hari dan memilih untuk menginvestasikannya, Anda bisa memilih peer to peer lending KoinWorks atau reksa dana karena bisa dimulai dengan Rp 100.000. Bedanya, peer to peer lending KoinWorks akan memberikan pengembalian per bulan.

Jadi, dari hasil pengembalian tersebut, apabila diakumulasikan dengan pengembalian di bulan-bulan berikutnya, Anda bisa kembali menginvestasikan keuntungan Anda.

Baca Juga: Punya Duit Rp 100.000? Ini yang Bisa Dilakukan Agar Duit Anda Semakin Produktif

Makin sering Anda berinvestasi, makin besar peluang Anda untuk memenuhi dana pensiun. Misalnya, apabila Anda berinvestasi Rp 100.000 per hari selama setahun dengan bunga keuntungan efektif, katakanlah sebesar 18%, maka dalam 10 tahun nilai total uang Anda adalah Rp 1 miliar lebih. Angka yang fantastis, bukan?

Apabila Anda menyisihkan Rp 100.000 per hari selama 10 tahun, itu artinya uang Anda akan menyentuh sekitar Rp 365.000.000.

Baca Juga: 5 Kesalahan Investasi yang Sering Dilakukan Investor dan Harus Segera Dihindari

Ketika Anda berinvestasi dengan bunga efektif sebesar 18%, maka dalam 10 tahun uang tersebut menjadi Rp 1 miliar. Itu artinya uang Anda di masa depan meningkat hampir tiga kali lipat, bukan?

Besarnya keuntungan yang Anda dapatkan dipengaruhi oleh efek compounding. Seperti yang sebelumnya disebutkan, bunga keuntungan efektif rata-rata KoinWorks pada tahun lalu mencapai 19,9%. Apabila angka 18% kita ganti dengan 19,9%, maka ketika Anda berinvestasi di KoinWorks dalam 10 tahun, Anda akan mendapatkan total Rp 1,2 miliar.

Baca Juga: Investasi Sebagai Pendapatan Utama: Apa dan Bagaimana?

Meskipun Anda hanya mampu menyisihkan Rp 50.000 setiap hari untuk diinvestasikan, keuntungan Anda tetap saja besar, dan apabila nominal tersebut ditambah seturut waktu, dana pensiun Anda akan jauh lebih siap.

Untuk menakar berapa total keuntungan Anda di masa depan apabila Anda memutuskan untuk berinvestasi setiap hari atau setiap bulan di KoinWorks (dengan bunga efektif per tahun 19%), coba hitung sendiri keuntungan Anda dalam 10 tahun ke depan dengan kalkulator berikut:


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Future Value:
Bunga Keuntungan:

Bagaimana hasilnya? Luar biasa, bukan? Nah mulai berinvestasi di KoinWorks mulai dari sekarang.

Bagaimana Cara Menyisihkan Uang Rp 100.000 Setiap Hari Untuk Diinvestasikan

Uang sebesar Rp 100.000 bukanlah nominal yang kecil, dan menyisihkannya setiap hari bukanlah perkara mudah. Sebagai langkah awal, Anda mungkin tidak bisa langsung mulai menyisihkan Rp 100.000 per hari untuk diinvestasikan.

Namun, dengan menyadari bahwa berinvestasi itu penting, paling tidak Anda bisa memanfaatkan nominal uang yang Anda miliki sekarang ini.

Baca Juga: 3 Jenis Investasi Menguntungkan yang Layak Dicoba

Silakan pilih instrumen investasi yang tepat sesuai dengan nominal uang yang Anda miliki saat ini, risk tolerance, dan keuntungan yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda.

Bahkan, Anda bisa mendiversifikasikan dana investasi Anda ke beragam instrumen, tidak hanya diversifikasi ke unit yang berbeda di satu instrumen investasi saja.

Baca Juga: 5 Cara Membiasakan Diri untuk Berinvestasi

Contoh, misalnya saat ini Anda memiliki Rp 300.000. Anda bisa mengalokasikan Rp 200.000 ke peer to peer lending KoinWorks (diversifikasi Rp 100.000 per peminjam) dan Rp 100.000 ke instrumen lain seperti reksa dana.  

Di bulan berikutnya, apabila Anda bisa menyisihkan Rp 500.000 untuk diinvestasikan, coba lagi instrumen lain yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda. 

Atau, diversifikasi dana investasi tersebut ke beberapa peminjam di KoinWorks. Upayakan untuk terus bisa menyisihkan uang untuk diinvestasikan. Terus begitu hingga Anda bisa benar-benar menyisihkan uang sebesar Rp 100.000 per hari untuk diinvestasikan.

Baca Juga: Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Nantinya, keuntungan dari hasil investasi bisa Anda putar kembali untuk kemudian diinvestasikan lagi. Justru, dana investasi Anda dari waktu ke waktu datangnya dari keuntungan investasi Anda setiap bulannya, bukan dari gaji yang Anda sisihkan.

Nah, bagaimana menurut Anda? Mempersiapkan dana pensiun mulai dari sekarang serumit yang dibayangkan, bukan? Apabila Rp 100.000 per hari memberatkan bagi Anda, khususnya bagi yang baru ingin memulai investasi, cobalah dengan nominal uang yang dimiliki saat ini.

Baca Juga: Ini 7 Alasan Kenapa Anda Harus Berinvestasi di KoinWorks

Berapa pun nominal yang bisa Anda sisihkan untuk diinvestasikan, itu artinya Anda berkesempatan untuk meningkatkan nilai uang Anda saat ini untuk masa yang akan datang. Menarik?

Di KoinWorks Anda bisa mulai berinvestasi dengan nominal Rp 100.000 sembari membantu sesama yang membutuhkan bantuan dana untuk mewujudkan impiannya. Anda bahkan bisa cepat mempelajari dasar-dasar fundamental investasi bagi pemula. Coba hitung potensi keuntungan investasi Anda di KoinWorks lewat kalkulator di bawah ini.


Baca Juga:

Investasi Fintech Lending: Praktik Terbaik dalam Berinvestasi di Peer to Peer Lending



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?