Di zaman yang semakin susah ini, masyarakat dituntut untuk mampu memiliki penghasilan yang lebih besar dibandingkan sebelumnya guna masa depan untuk anak cucu Anda kelak. Investasi menjadi sebuah pilihan tepat bagi sebagian masyarakat yang ingin secara tidak langsung meningkatkan pendapatan mereka secara signifikan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang meskipun pilihan investasi jangka panjang jauh lebih disukai karena bisa bertahan sangat lama. Bisnis merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang apalagi banyak cara aman berinvestasi pada bisnis rumahan. Mengapa bisnis rumahan? Perlu diketahui jika setiap masyarakat memiliki kekayaan modal maupun dana yang berbeda-beda. Semakin tinggi status sosial seseorang, maka akan semakin besar pula dana yang dimiliki sehingga investasinya pun bisa lebih besar lagi seperti investasi emas batangan, rumah dan tanah, forex maupun investasi saham pada perusahaan.

Lantas bagaimana dengan masyarakat yang hanya memiliki modal kecil? Bisakah mereka melakukan bisnis investasi? Tentu saja tetap bisa karena memulai sebuah usaha tidak harus langsung menjadi besar. Anda justru bisa menjadi bos dari usaha yang dimiliki dan mengatur segalanya sesuai dengan keinginan Anda. Usaha yang kecil juga lebih baik karena lebih mudah bagi Anda untuk mengontrolnya. Bahkan pengusaha besar yang dikenal seperti sekarang ini, ketahuilah jika mereka juga memulai usahanya dari bawah. Bukan hal yang mustahil jika Anda bisa meniru langkah Steve Jobs maupun Bill Gates atau pengusaha lokal Indonesia yang juga memulai usahanya sebagai bentuk investasi masa depan yang dimulai dari nol. Kelebihan membuka bisnis rumahan lainnya adalah waktu Anda jauh lebih fleksibel dan bisa mengurus pekerjaan yang lainnya atau bahkan pekerjaan utama sebagai karyawan.

Terdapat banyak cara untuk memulai investasi Anda pada bisnis rumahan yang dibangun sendiri mulai dari nol sebagai berikut:

  • Menentukan jenis bisnis

Setiap orang memiliki kemampuan dan kelebihannya masing-masing namun semua kemampuan itu bisa sangat bermanfaat untuk Anda jika mampu diolah ataupun dibentuk menjadi sebuah produk ataupun jasa yang menghasilkan uang. Ada kalanya seseorang merasa kebingungan dalam menentukan jenis usaha yang diinginkannya. Seringkali seseorang memilih jenis bisnis yang terlihat menguntungkan dan ingin menirunya. Tetapi perlu diketahui jika belum tentu bisnis yang Anda jalankan itu sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Bila menjalankan bisnis hanya melihat dari keuntungan, maka hasilnya pun tak akan maksimal. Sebaiknya sesuaikan jenis bisnis yang Anda pilih sesuai keahlian yang Anda miliki sehingga hasilnya pun lebih baik sekaligus bisa fokus dalam menjalankannya. Sebagai contoh jika Anda menyukai memasak, maka Anda bisa membuka jasa katering maupun kedai makanan agar konsumen bisa langsung mencicipi masakan Anda.

  • Jangan gunakan seluruh uang Anda

Sebuah usaha butuh pengorbanan dan hal itu berkaitan erat dengan uang. Anda harus siap kehilangan uang pada awalnya dan mengalami kerugian materi sebagai modal awal. Bahkan banyak sekali modal awal yang hangus sebagai bentuk perencanaan atau segala macam perlengkapan pendukung usaha yang akan Anda rintis. Dikarenakan usaha yang dimulai merupakan bisnis kecil, maka biasanya pemilik bisnis akan menggunakan dana pribadi miliknya sendiri. Namun jika memang modal yang diperlukan masih kecil dan kurang untuk menutupi kebutuhan bisnis, maka cobalah untuk mencari partner kerja sama sehingga bisnis Anda bisa berjalan dengan baik tentunya dengan pembagian keuntungan yang jelas agar semua pihak saling diuntungkan. Hanya saja, jangan gunakan seluruh uang atau tabungan yang Anda miliki karena Anda masih harus memenuhi berbagai macam kebutuhan keluarga.

  • Memperluas jaringan yang Anda miliki

Meskipun Anda membangun usaha tersebut sendiri tanpa memerlukan bantuan orang lain, namun yang namanya manusia tidak bisa melakukan berbagai macam seorang diri dan perlu bantuan dari orang lain termasuk juga dalam menjalani dunia bisnis. Agar usaha rintisan Anda menjadi lebih berkembang dan besar, maka sebaiknya perluaslah jaringan dengan mempercepat pertumbuhannya sebagai contoh mengetahui informasi pasar, mempeluas jaringan target pasar termasuk juga bergabung menuju komunitas bisnis sehingga mampu bertukar pikiran dan menemukan solusi atas masalah bisnis yang dihadapi.

Semoga informasi mengenai cara aman berinvestasi pada bisnis rumahan akan menginspirasi Anda untuk memulai investasi masa depan jangka panjang yang menguntungkan dan bisa diwariskan untuk generasi selanjutnya.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.