Minat masyarakat terutama generasi muda untuk membuka bisnis sendiri adalah sesuatu yang menggembirakan tetapi tentu saja sering terjadi masalah klasik bagi para calon pengusaha ini yaitu modal usaha. Padahal sesungguhnya pemerintah banyak meluncurkan program untuk menyuburkan iklim berwirausaha di kalangan masyarakat demi peningkatan kesejahteraan dengan pemberian kredit-kredit UKM serta pinjaman tunai. Tetapi tentu pinjaman lunak ini tetap memberikan beban bunga bagi peminjam. Selain itu Anda tak perlu merasa khawatir karena sumber dana sesungguhnya ada di mana-mana. Inilah jenis-jenis kerjasama bagi hasil mendapatkan pinjaman tanpa bunga

Beberapa sumber pendanaan ini bisa dijadikan modal awal usaha Anda tanpa pusing memikirkan beban dana yang harus ditanggung.

Investasi pribadi atau tabungan

Untuk memulai menjadi pebisnis Anda harus berani berkorban termasuk menggunakan uang tabungan yang selama ini Anda kumpulkan dengan susah payah untuk modal usaha. Bila belum mencukupi Anda bisa menjual sebagian aset bernilai milik Anda seperti misalnya emas. Karena itu rencanakan semuanya dengan cermat agar modal awal ini tak tergerus hingga ludes sebagaimana yang sering terjadi pada banyak pebisnis pemula. Inilah investasi Anda untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar di masa depan nanti.

 Memburu dana hibah perusahaan

Modal usaha juga bisa diperoleh dari dana hibah perusahaan baik pada perusahaan swasta atau pun pemerintah. Sekarang ini umumnya perusahaan-perusahaan besar memiliki anggaran sendiri untuk mendukung pembangunan perekonomian masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan tersebut. Caranya adalah dengan menyalurkan beberapa dana melalui kegiatan CSR atau Corporate Social Responsibility.

Untuk teknik penyaluran dana tersebut bisa dalam bentuk kompetisi bisnis atau usaha. Pergunakanlah kesempatan ini untuk memperoleh kapital bisnis rintisan Anda. Persiapkan segalanya seoptimal mungkin karena peminat untuk acara kompetisi ini tentu sangat banyak dan semuanya berusaha menampilkan konsep bisnis terbaik untuk bisa menarik perhatian juri. Lakukan riset sebelumnya, buatlah produk terbaik yang diprediksi bisa menarik perhatian konsumen, dan persiapkan konsep usaha secara optimal.

 Profit sharing

Profit sharing atau bagi hasil biasanya bersifat sementara dan bukan merupakan kepemilikan. Untuk bisnis ritel, bagi hasil ini dapat dilakukan secara rutin setiap bulan atau pada setiap proyek. Sistem bagi hasil lainnya adalah dengan jangka waktu tertentu pada suatu kontrak sehingga modal akan dikembalikan di akhir masa kontrak. Dengan demikian harus dibuat perjanjian batasan waktu sehingga modal tak menjadi kepemilikan untuk seterusnya. Proyek akan dianggap selesai bila sudah terbayar.

 Menjalin kerja sama

Untuk mengumpulkan modal Anda bisa mengajak orang-orang yang mempunyai minat yang sama seperti misalnya antar teman atau kerabat. Rekan-rekan Anda tersebut bisa membantu dalam hal permodalan atau dalam operasional bisnis sehari-hari bila yang bersangkutan memang kompeten dalam bidang tertentu yang berkaitan dengan usaha tersebut. Agar tak terjadi masalah dikemudian hari buatlah kesepakatan di awal kerjasama yang menjelaskan segala hal termasuk hak, tanggung jawab, pembagian hasil dan sebagainya secara tertulis agar tak ada yang merasa dirugikan.

 Kongsi atau patungan

Kongsi atau kemitraan bisa menjadi solusi atas permasalahan permodalan Anda. Dengan alternatif ini Anda bisa memperoleh modal dalam jumlah lebih besar yang mencukupi keperluan dalam membuka usaha dan selain itu kita pun tak perlu membayar bunga pinjaman. Sebagai kompensasi bagi pihak mitra, pemilik usaha harus membagi hasil profit dari usaha tersebut sesuai dengan komposisi modal atau porsinya dalam bisnis kita tersebut.

Sama seperti pada point ke-empat Anda sebaiknya membuat kontrak sejelas mungkin di awal kerja sama tentang hak dan kewajiban agar tak terjadi masalah kepercayaan serta pelanggaran kesepakatan. Harus disadari bahwa sebuah bisnis bisa bubar di tengah jalan karena hal ini walaupun pada awalnya didasari oleh kerja sama.

Nah, Anda sekarang sudah mengetahui alternatif untuk memperoleh pendanaan bagi bisnis Anda terutama  dalam bentuk kerjasama bagi hasil, mendapatkan pinjaman tanpa bunga. Segera realisasikan ide tersebut  dan jalankan bisnis Anda seprofesional mungkin agar bisa berkembang pesat dan menjadi sarana untuk mewujudkan mimpi Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.