Ketimbang Buat Jajan, Ini 5 Cara Bijak Memanfaatkan Angpao Imlek

Ketimbang Buat Jajan, Lakukan 5 Cara Bijak Memanfaatkan Angpao Imlek

Ketimbang Buat Jajan, Ini 5 Cara Bijak Memanfaatkan Angpao ImlekGong Xi Fa Cai. Xin nian kuai le. Wan shi ru yi. Salam sejahtera. Selamat tahun baru. Semoga semua impian Anda tercapai. Itulah ucapan yang biasa diucapkan saat tahun baru Imlek.

Imlek nyatanya menjadi salah satu perayaan yang ditunggu-tunggu banyak orang. Menikmati dekorasi merah dari lilin dan lampion, menonton pertunjukan barongsai, tak lupa makan jeruk mandarin dan kue keranjang.

Baca juga: 3 Hal yang Membuat Milennial Kehabisan Uang dan Cara Mengatasinya

Saat merayakan Imlek, selain bisa berkumpul bersama keluarga besar atau saudara-saudara yang sudah lama tidak ditemui, mungkin ada hal lain yang Anda nantikan, yakni angpao. Angpao diberikan oleh orang yang sudah menikah. Angpao memiliki simbol keberuntungan dan kepedulian terhadap sesama.

Biasanya, kebanyakan orang akan menggunakan angpao yang mereka dapat untuk jajan atau membeli sesuatu. Beli baju, beli makan, beli buku, dan sebagainya. Padahal, uang tambahan tersebut dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih berguna, lho.

Baca juga: Kantong Bolong Gara-gara Doyan Belanja? Simak 5 Cara Mengatasinya!

Nah, ketimbang buat jajan, yuk gunakan angpao Imlek untuk melakukan hal-hal bermanfaat di bawah ini.

5 Cara Bijak Memanfaatkan Angpao Imlek

Tambah ilmu dengan ikut kursus atau les

Ketimbang Buat Jajan, Lakukan 5 Cara Bijak Memanfaatkan Angpao Imlek

Punya banyak waktu lowong saat weekdays? Atau, tidak tahu mau ngapain saat weekend? Perkaya diri Anda dengan beragam ilmu dan kemampuan baru dengan mengikuti kursus atau les. Pilihlah kursus yang Anda suka dan pastikan ilmu yang didapat bisa dimanfaatkan lagi di kemudian hari.

Baca Juga: Inilah 5 Kelebihan Jualan Online di Facebook

Sebagai contoh, ikut kursus memasak, belajar bahasa Inggris, belajar soal programming, kursus makeup, dan seterusnya. Ilmu yang Anda dapat bahkan bisa dijadikan sebagai sumber uang lagi.

Misal, Anda ikut kursus memasak kue selama tiga bulan. Lalu, skill yang didapat Anda gunakan untuk berbisnis cupcake.


Bayar utang dan cicilan

Perbedaan Kredit Tanpa Agunan dan Kredit Dengan Agunan - terhindar dari lilitan hutang

Tahan diri Anda untuk berfoya-foya ketika memiliki uang lebih di dompet. Coba ingat, apakah Anda memiliki utang? Apakah Anda memiliki cicilan yang belum dilunasi?

Memanfaatkan angpao Imlek untuk membayar lunas semua utang dan cicilan Anda bisa menjadi pilihan yang baik. Dengan demikian, Anda bisa mengurangi tanggungan finansial Anda.

Baca Juga: 5 Tips Mencapai Financial Freedom


Jadikan sebagai tabungan dana darurat

mempersiapkan dana darurat - emergency fund

Angpao Imlek juga bisa dijadikan modal awal mempersiapkan dana darurat. Pertanyaannya, mengapa setiap orang butuh mengalokasikan uang untuk dana daruat?

Sederhananya, dalam kehidupan ini akan ada masanya ketika Anda dihadapkan pada kebutuhan mendadak. Sementara itu di waktu yang bersamaan, Anda tidak memiliki dana cukup untuk menutupi kebutuhan tersebut.

Baca Juga: 5+ Cara Menghemat Biaya Hidup Agar Keuangan Bisa Selamat

Maka dari itu, penting untuk mempersiapkan dana darurat sendiri. Anda bisa memulainya dengan menentukan jumlah dana darurat yang ingin dialokasikan dan jangan lupa disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda saat ini.

Mulailah perlahan-lahan dan tahan hasrat Anda untuk mengeluarkan uang untuk hal yang tidak terlalu mendesak.


Investasi

investasi p2p lending untuk anak muda - pengaruh pinjaman p2p lending

Banyak yang tak acuh soal betapa pentingnya investasi. Kebanyakan menganggap, investasi butuh uang banyak, investasi memiliki risiko tinggi, dan sebagainya. Hilangkan anggapan tersebut dari benak Anda sekarang juga.

Ada banyak investasi yang bisa dijalani, khususnya bagi pemula. Selain investasi reksadana dan properti, Anda juga bisa mencoba peer-to-peer lending.

P2P Lending merupakan jenis investasi baru di mana Anda sebagai investor bisa menginvestasikan uang Anda kepada peminjam guna memenuhi tujuan si peminjam.

Baca Juga: Belum Pernah dan Ingin Mulai Mendanai? Ini 5 Tips Investasi untuk Pemula

Meski hanya mendapat angpao sebesar Rp100 ribu saja, Anda sudah bisa mulai mendanai di KonWorks. Anda pun bisa mendapatkan bunga efektif hingga 21,32% per tahun dengan risiko yang terjangkau.

Namun yang perlu diingat, pilihlah platform P2P Lending yang telah resmi terdaftar dan diawasi OJK, seperti KoinWorks.


Didonasikan

Ketimbang Buat Jajan, Lakukan 5 Cara Bijak Memanfaatkan Angpao Imlek

Seperti yang sudah disebutkan bahwa angpao merupakan simbol kepedulian terhadap sesama.

Karenanya, tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan angpao Imlek untuk didonasikan kepada instansi sosial atau orang-orang yang membutuhkan. Tentunya, pasti jadi lebih bermakna.

Baca Juga: 5 Cara Membiasakan Diri untuk Berinvestasi

Anda bisa menyumbang buku untuk taman bacaan di daerah-daerah terpencil di Indonesia, memberikan seragam dan alat-alat tulis, atau bisa juga Anda gunakan untuk membantu orang-orang yang sedang mengalami kesulitan, lewat platform crowdfunding terpercaya.

Jadikan Tahun Baru Imlek Anda lebih bermakna, bukan hanya memperkaya diri sendiri, melainkan orang lain.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih