Home » Blog » Gaya Hidup » 5 Cara Kembalikan Kondisi Keuangan Setelah Lebaran

5 Cara Kembalikan Kondisi Keuangan Setelah Lebaran

·
3 menit
kondisi-keuangan-rumah-kpr-Mengenal Hukum Perdata Dalam Perdagangan-membayar dp rumah-Lebih Untung Mana, Beli Rumah dengan KPR atau Tunai? - punya penghasilan tanpa kerja-Strategi Memiliki Hunian Impian untuk Generasi Milenial-hemat uang - 7 Nasihat Keuangan Warren Buffet yang Bikin Anda Jago Mengatur Uang! - tips investasi untuk gaji pas pasan- sampingan mahasiswa-Lebih Untung Mana, Beli Rumah dengan KPR atau Tunai? - punya penghasilan tanpa kerja-Strategi Memiliki Hunian Impian untuk Generasi Milenial-Tertarik dengan KPR Rumah? Pertimbangkan Dulu 7 Hal Ini Sebelum Mengambilnya

5 Cara Kembalikan Kondisi Keuangan Setelah Lebaran – Setelah menjalani puasa selama satu bulan lamanya, akhirnya umat Muslim merayakan hari raya Idul Fitri dengan penuh suka cita.

Kini hari Idul Fitri atau hari lebaran telah usai. Semua telah kembali untuk menjalani rutinitasnya masing-masing dan mengucapkan selamat tinggal pada libur lebaran.

Baca Juga: 4 Tips Supaya Bisa Menghemat Uang untuk Berlibur

Namun, sebenarnya masih banyak hal yang harus Anda pikirkan setelah menikmati libur panjang Lebaran, THR dihabiskan untuk membeli keperluan hari raya, mudik, hingga bagi-bagi amplop.

Lalu, bagaimanakah cara untuk kembalikan kondisi keuangan setelah Lebaran?


5 Cara Kembalikan Kondisi Keuangan Setelah Lebaran

Periksa Kembali Catatan Pengeluaran Anda

keuangan setelah lebaran - periksa keuangan - pengeluaran - catatan

Saat Lebaran, biasanya banyak pengeluaran yang tidak terduga. Maka, sudah seharusnya Anda mempunyai catatan tentang pengeluaran Anda di sebelum dan sesudah Lebaran.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Menghemat Uang Bulanan Mahasiswa

Periksa kembali semua dana yang sudah Anda keluarkan kemudian lakukan evaluasi, pengeluaran apa saja yang bisa Anda batasi di bulan ini.

Selain itu, catatan ini juga dapat berguna sebagai patokan pengeluaran Anda di Lebaran tahun berikutnya.


Lunasi Semua Utang

Keuangan Setelah Lebaran - tips keuangan - lunas - utang

Jika Anda sempat menggunakan kartu kredit atau cicilan lainnya untuk pembayaran keperluan lebaran, maka hal penting berikutnya adalah segeralah membayar semua tagihan utang tersebut.

Jangan menunda terlalu lama untuk membayarnya, karena hal ini akan menjadi beban yang berkelanjutan di bulan-bulan berikutnya.

Bayarlah utang sesuai dengan kemampuan Anda dan lakukan secara konsisten untuk membantu kembalikan kondisi keuangan Anda setelah Lebaran.


Buat Batasan untuk Pengeluaran Sehari-hari

Keuangan Setelah Lebaran - batasan pengeluaran - boros

Jika Anda termasuk orang yang sering beli kopi atau makan di luar, mulai sekarang hilangkanlah kebiasan tersebut.

Mulai membawa bekal makan dan botol minum dari rumah benar-benar dapat memangkas pengeluaran Anda selama bekerja atau berkegiatan di luar.

Baca Juga: 8 Alasan Logis Mengapa Anda Sulit Menjadi Milyarder Sampai Saat Ini

Gunakan uang Anda untuk memenuhi kebutuhan utama terlebih dahulu. Hindari dahulu hangout di cafe bersama teman atau belanja barang yang tidak diperlukan.


Munculkan Kebiasaan Menabung

Keuangan Setelah Lebaran - menabung - tabung - hemat

Momen lebaran memang sering menyebabkan kondisi keuangan menjadi tidak stabil dan cukup menguras kantong.

Karena itu, Anda harus secepatnya kembalikan kondisi keuangan Anda, salah satunya dengan menabung.

Jika Anda sudah berhasil membatasi pengeluaran Anda sehari-hari, maka seharusnya Anda sudah bisa untuk mulai mengalihkan uang Anda ke dalam tabungan.

Namun tetap perlu diingat bahwa sebaiknya Anda menyisihkan uang Anda terlebih dahulu tanpa perlu menunggu sisa pengeluaran untuk ditabung.


Mulailah Berinvestasi

Keuangan Setelah Lebaran - investasi - mendanai - modal

Salah satu cara untuk menyelamatkan keuangan Anda setelah lebaran adalah dengan berinvestasi.

Berinvestasi memang beresiko, tetapi bila Anda mampu mengukur risk-nya dan menerapkan apa yang perlu dilakukan dengan baik, tentu saja keuntungan dari uang yang Anda investasikan akan langsung terasa.

Jangan pernah berpikiran bahwa investasi hanyalah bagi orang yang memiliki pendapatan yang besar atau hanya untuk orang kaya, karena investasi bisa dilakukan oleh siapa saja.

Apalagi jika Anda berinvestasi di KoinWorks, dengan modal mulai dari Rp100.000 saja, Anda bisa berpotensi mendapatkan imbal hasil mencapai lebih dari 18% per tahun.

Bagaimana? Sudah siapkah Anda untuk kembalikan kondisi keuangan seperti semula?

Ferry Irawan
I believe that humans can not only be hypnotized through actions, but also through words.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Waah, dapet modal awal 475 ribu pas daftar :), kode promo BUTUHUANG