Cara Transfer Uang Via ATM Ke Bank Lain Paling Mudah 

·
4 menit
Cara Transfer Uang Via ATM Ke Bank Lain Paling Mudah

Walaupun sudah banyak digunakan, tetapi masih banyak orang tidak tahu bagaimana cara transfer uang via ATM ke bank lainnya.

Saat ini, memang ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan transaksi seperti melalui bank ataupun ATM.

Apabila kamu belum mempunyai nomor rekening maka transaksi melalui bank bisa menjadi pilihan.

Namun apabila kamu dan penerima sudah memiliki nomor rekening masing-masing, maka mengirimkan uang melalui ATM adalah pilihan yang terbaik.

Jangan khawatir! Untuk mengirimkan uang melalui ATM ternyata tidaklah sulit dilakukan bahkan untuk orang yang gaptek sendiri dapat melakukannya dengan mudah.

Kendati demikian, tidak sedikit orang yang masih merasa bingung bagaimanakah cara kirim uang dari bank ke bank lainnya menggunakan ATM. Terlebih lagi bagi seseorang yang belum pernah melakukan transfer sama sekali.

Disamping itu, tidak sedikit pula pengguna yang enggan melakukannya karena takut apabila kartu atm tersebut tertelan ke dalam mesin ataupun bahkan mengirimkan uang ke nomor rekening yang salah.

Cara Transfer Uang via Atm

Tentunya kamu tidak ingin bukan? Apabila berbagai macam hal tersebut terjadi pada dirimu? Jangan khawatir karena kami akan memberikan beberapa tutorial untuk menggunakan mesin ATM buat melakukan transfer uang ke bank lainnya.

Kamu wajib datang ke ATM terdekat terlebih dahulu, jika sudah maka bisa langsung mengikuti panduan dibawah ini.

  • Masukkan kartu atm pada slot mesin

Hal paling utama yang wajib kamu perhatikan adalah menyiapkan kartu ATM terlebih dahulu yang akan kamu gunakan.

Cobalah perhatikan tanda panah pada kartu dan masukkan sesuai dengan arahan yang berlaku pada mesin.

Disini, kamu harus memastikkan apabila garis hitam yang terdapat ke kartu menghadap ke bawah ketika akan memasukkannya ke dalam slot. Perlu diingat apabila salah posisi bisa menyebabkan kartu ATM tertelan.

  • Masukkan nomor pin yang tepat

Apabila kartu ATM sudah berhasil dimasukkan ke dalam slot, kamu akan diminta buat memasukkan PIN dari rekeningmu tersebut.

Masukkan dengan tepat agar tidak salah sehingga tidak terjadi pemblokiran. Jika sudah, kamu akan diarahkan ke halaman yang berbeda.

  • Cari menu transfer

Disinilah kamu bisa melihat beberapa pilihan menu pada layar. Kamu bisa langsung memilih menu transfer untuk melakukan transaksi.

Menu tersebut biasanya terletak di sebelah kanan bawah sehingga dapat ditemukan dengan mudah. kamu akan langsung diarahkan ke halaman berbeda.

  • Pilih tujuan bank yang tepat

Jika sudah, maka kamu bisa langsung memilih tujuan bank yang tepat. Perlu diingat terdapat dua jenis transfer yakni ke bank yang sama ataukah ke bank lainnya.

Apabila kamu akan memasukkan ke sesama bank, maka bisa langsung memasukkan nomor rekening serta jumlah uang yang akan dikirimkan tersebut. Klik ok maka dana tersebut akan langsung dikirimkan ke nomor tujuan.

Bagaimana Cara Melakukan Transfer ke Bank berbeda

Cara transfer uang via atm ke bank sama memang tidak begitu sulit dilakukan bukan? tetapi bagaimana jadinya apabila kamu melakukan transfer ke bank yang berbeda? untuk melakukannya sendiri ternyata tidaklah sulit dilakukan.

Hanya saja mungkin terdapat beberapa perbedaan sedikit karena kamu harus memasukkan kode bank terlebih dahulu.

Adapun kode bank tersebut diantaranya adalah

  1. Bank BCA : 014
  2. Bank Mandiri : 008
  3. Bank BNI : 009
  4. Bank BNI Syariah : 427
  5. Bank BRI : 002
  6. Bank Syariah Mandiri : 451
  7. Bank Cimb Niaga :022
  8. Bank Muamalat : 147
  9. Bank BRI syariah : 422
  10. BTN : 200
  11. Permata Bank : 013
  12. Bank Mega : 426
  13. Bank BII Maybank : 016
  14. Bank Danamon : 011
  15. Bank Sinarmas : 153
  16. Bank Bukopin : 441
  17. Bank BCA syariah : 536
  18. Citibank : 031
  19. Indosat Dompetku : 789
  20. Jenius : 231

Untuk melakukannya sendiri sangat mudah seperti cara sebelumnya. Hanya saja ketika kamu akan memasukkan nomor rekening tujuan/penerima harus diikuti dengan kode bank dari pemilik nomor rekening pihak penerima tersebut.

Jika sudah, maka kamu akan diminta buat melakukan konfirmasi dan melanjutkan transaksi berikutnya.

Ketika proses transaksi berhasil dilakukan maka kamu akan langsung mendapatkan struk sebagai bukti buat melakukan transaksi.

Sebagai catatan, untuk melakukan transaksi antar bank, maka kamu akan dikenai biaya kurang lebih Rp 7500.

Biaya tersebut digunakan sebagai biaya admin bank. Untuk itulah, pastikan saldo yang kamu miliki cukup untuk transfer sekaligus untuk biaya administrasinya.

Keuntungan Melakukan Transfer uang Melalui ATM

Walaupun terdapat banyak cara buat melakukan transfer uang, tetapi menggunakan mesin ATM ternyata menjadi pilihan bagi banyak orang.

Sebab dengan menggunakan mesin ATM itulah, kamu bisa memperoleh banyak keuntungan didalamnya dibandingkan melakukan transfer ke bank ataupun kantor pos, seperti:

  • Proses transaksi lebih aman

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan jika melakukan transfer antar bank atau ke bank lainnya adalah adanya proses transaksi lebih aman.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena kegiatan transaksi akan dilakukan dengan kartu debit masing-masing.

Disamping itu, dengan memasukkan nomor PIN terlebih dahulu ketika masuk dapat meningkatkan keamanan yang lebih bagi para penggunanya. Tentu saja, kamu tidak perlu khawatir akan adanya pencurian uang bukan?

  • Biaya pengiriman terjangkau bahkan gratis

Apabila kamu melakukan transaksi melalui bank secara langsung, maka kamu akan dikenakan biaya administrasi dimana cukup besar.

Namun, apabila kamu melakukannya sendiri melalui ATM maka biayanya sangat terjangkau yakni tidak lebih dari 10 ribu.

Terlebih lagi jika kamu melakukan transfer ke bank yang sama maka tidak ada biaya sedikitpun alias gratis.

  • Proses transfer yang lebih mudah dan cepat

Tidak hanya itu saja, kamu juga dapat menikmati adanya proses transfer yang lebih mudah dan cepat.

Bahkan dalam hitungan 1 menit saja, dana yang dikirimkan sudah bisa dipindahkan ke nomor rekening bersangkutan. Tentu ini akan sangat membantu bagi kamu yang sedang melakukan kegiatan penting.

  • Tidak perlu menyediakan uang tunai

Jika melakukan pengiriman melalui bank mengharuskan kamu buat menyediakan uang tunai, maka tidak ketika menggunakan kartu ATM.

Sebab apabila kartu debit memiliki saldo cukup maka bisa melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun. Sangat cocok bagi kamu yang ingin melakukan transfer non-tunai.

Mengirimkan uang memang menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh sebagian besar orang.

Walaupun demikian banyak orang yang ternyata masih belum mengetahui cara transfer uang via ATM ke sesama dan antar bank.

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih