Mengukur Potensi Investasi Pada Usaha Mikro

Usaha kecil dan menengah, atau biasa disebut juga dengan istilah usaha mikro merupakan penunjang ekonomi yang sangat kuat di Indonesia. Lebih dari 50 persen Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dalam negeri ditunjang oleh UMKM yang terdiri dari berbagai macam sektor industri. Memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) per tanggal 31 Desember 2015 yang lalu, usaha mikro telah menjadi penunjang ekonomi kawasan ini dan menyerap lebih dari 97 persen tenaga kerja. Data yang diambil dari majalah The Economist edisi November 2015 tersebut juga menunjukkan bahwa dengan potensi lebih dari 600 juta penduduk ASEAN, usaha mikro telah menjadi pemain utama di kawasan. Apalagi pertumbuhan ekonomi ASEAN adalah ketujuh yang tercepat di dunia, dan merupakan lima besar kekuatan ekonomi di dunia. Ditambah lagi dengan munculnya wirausahawan-wirausahwan baru di negara-negara anggota, membuat ASEAN akan menjadi macan Asia di kemudian hari.

Melihat potensi yang terus tumbuh, tidak heran jika usaha mikro dilirik sebagai instrumen baru dalam berinvestasi. Jika dulu orang memilih investasi dollar sebagai cara untuk menciptakan profit dengan memanfaatkan kurs rupiah yang sedang melemah, maka dengan semakin teredukasinya masyarakat mengenai investasi, membuat instrumen jangka pendek sudah mulai sepi peminat. Sebaliknya, bisnis skala menengah telah menjadi alternatif baru untuk mereka yang melihat jangka panjang. Apalagi sekarang pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan agar perbankan berinvestasi 20 persen untuk UKM. Ditambah lagi dengan pajak yang tidak memberatkan serta program Bapak Asuh dari korporat-korporat terhadap UKM, sektor ini dipercaya akan menarik minat investor untuk menanamkan modalnya.

Jika Anda berminat untuk investasi ke usaha mikro, apa yang harus dipahami? Pertama adalah industri usaha itu sendiri. Saat ini makanan, fesyen, teknologi adalah lini-lini bisnis yang pertumbuhannya cukup siginifikan. Silahkan lihat di pasar-pasar busana seperti Tanah Abang. Betapa banyak yang menjual beraneka ragam fesyen dengan beragam merek. Hingga saat ini produsen-produsen merek baru pun terus bermunculan. Bahkan jika kita mengambil produk yang niche sekalipun. Contohnya jilbab. Anda bisa melihat jilbab dengan berbagai model sudah tersebar di ratusan toko-toko busana. Dan seperti kita ketahui, hingga detik ini produsen jilbab terus bermunculan dan produknya selalu terserap oleh pasar. Belum lagi produk aksesoris pakaian seperti ikat pinggang, manset, dan lainnya. Hingga sekarang pun Tanah Abang masih terus disesaki oleh orang-orang yang ingin berbelanja baju. Demikian pula dengan butik-butik mewah yang ada di mal, tetap juga dipenuhi oleh mereka yang ingin berbelanja. Ingin menunjukkan bahwa fesyen adalah industri yang tidak ada matinya.

Makanan pun sama. Ambil contob kebab. Ada berapa merek kebab yang ada di Indonesia? Banyak sekali. Dan hampir semuanya punya pelanggan tetap. Ada berapa banyak penjual nasi goreng di Jakarta? Hitung sendiri! Dan semuanya juga laris manis. Jika Anda ingin berinvestasi pada usaha mikro, carilah pelaku bisnis makanan dan tanyakan secara detail kepada mereka rencana pengembangan usahanya. Jika menurut Anda cukup logis dan prospektif, jangan ragu untuk menggelontorkan modal kepada mereka.

Kedua, pelajari rekam jejak pemiliknya. Kalau bisnis yang sedang digeluti tersebut bertolak belakang dengan kompetensi profesionalitas yang telah ia bangun selama ini, maka coba perhatikan tim di belakang layarnya. Mungkin saja seseorang yang tidak punya latar belakang koki lalu membuat restoran sebab ia punya tim koki yang hebat di dapurnya. Bisa saja seseorang yang lebih banyak mengecap pengalaman di industri properti lalu membangun bisnis busana. Sebab bisa jadi ia punya desainer yang handal untuk membantunya. Mempelajari profil pendiri dan tim kerja merupakan syarat utama bagi Anda sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada usaha mikro.

Untuk memudahkan proses pencarian, mengapa tidak bergabung dengan KoinWorks? Sebuah platform yang sangat cocok bagi calon investor dalam mencari bidang usaha yang prospektif untuk diberikan modal. Dengan dukungan tim kerja yang berpengalaman, KoinWorks bahkan bisa membantu Anda menemukan profil pengusaha mikro yang terpercaya dan layak untuk diberikan bantuan investasi. KoinWorks pun juga akan mengedukasi Anda dalam menyusun perjanjian kerjasama antara investor dan pengusaha sehingga meminimalisir potensi kerugian dari kedua belah pihak. Ini adalah platform masa depan untuk pertumbuhan ekonomi sektor riil

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.