Atur Budget Kamu Menjelang Hari Valentine dengan 5 Tips Berikut Ini!

Atur Budget Kamu Menjelang Hari Valentine dengan 5 Tips Berikut Ini!- detoks keuangan

Atur Budget Kamu Menjelang Hari Valentine dengan 5 Tips Berikut Ini! – Ada banyak alasan orang-orang tidak mau merayakan hari Valentine. Beberapa di antaranya bahkan menghindari perayaan ini karena alasan-alasan tertentu.

Salah satunya adalah takut pengeluaran membengkak demi membeli berbagai barang yang diinginkan sang pasangan saat hari Valentine tiba.

Tapi, masih ada banyak orang yang tetap memaksakan diri untuk membeli hadiah demi menyenangkan hati pasangan. Akibatnya, keuangan menjadi tidak terkontrol dan kamu pun tidak bisa membeli keperluan kamu lainnya.

Padahal tidak ada yang bilang kalau hadiah Valentine harus mewah dan mahal. Lagipula, sayang juga jika harus membeli sesuatu yang mahal tapi malah tidak ada manfaatnya.

Coba deh, mulai atur budget kamu menjelang hari Valentine dengan mempertimbangkan tips-tips di bawah ini.


Atur Budget Kamu Menjelang Hari Valentine dengan 5 Tips Berikut Ini!

Membuat Batasan Dana

Atur Budget Kamu Menjelang Hari Valentine dengan 5 Tips Berikut Ini!

Perayaan hari Valentine memang hanya dirayakan satu kali dalam setahun, tapi bukan berarti kamu harus menghabiskan pendapatan bulanan kamu demi sebuah hadiah.

Pertimbangkan sesuatunya dengan bijak. Pikirkan lagi bahwa kamu masih memiliki kebutuhan yang harus kamu penuhi. Belum lagi ada tagihan dan cicilan yang harus dibayar secara rutin setiap bulan.

Belum lagi jika anak atau keponakan kamu berulang tahun, tentu saja kamu terpaksa menyisihkan budget untuk keperluan tersebut. Tidak terlalu penting sih, tapi demi menyenangkan anak dan keponakan, hal ini cukup penting untuk dilakukan.

Untuk memudahkan kamu, buatlah tabel rencana keuangan. Perhatikan contoh tabel di bawah ini.

Membuat batasan dana - anggaran

Penting untuk diingat, pemasukan dan pengeluaran harus sama jumlahnya. Dan, jangan lupa juga menyisihkan sebagian pendapatan kamu untuk ditabung ya! Sesuai tabel di atas, tertulis sebanyak 20% untuk tabungan reksa dana dan 10% untuk tabungan dana darurat.

Sedangkan budget untuk hadiah Valentine bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan pasangan kamu. Agar tidak mahal, kamu bisa mengatasinya dengan membuat hadiah tersebut menggunakan teknik DIY (Do It Yourself).

Jika ternyata yang dibutuhkan pasangan kamu adalah sesuatu yang lebih mahal, maka kamu bisa memakai cara lain yaitu menabung. Namun, sudah pasti, kamu tidak bisa memberikannya tepat di hari Valentine karena membutuhkan waktu lebih banyak untuk mengumpulkan uangnya.

Nah, sebagai hadiah Valentine sementara, kamu bisa membelikannya coklat. Doi pasti akan senang juga, kok!

Baca juga: Selain Coklat, Ini Hadiah Valentine Hemat Budget yang Cocok Buat Pasangan Kamu!


Rayakan di Hari Lain

5 Ide Kencan di Alam Terbuka yang Bisa Menghemat Biaya

Mungkin, hari Valentine merupakan hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan kamu. Di mana pada momen ini, kamu bisa menghabiskan waktu seharian berdua dan saling memberi hadiah spesial.

Tapi, ternyata, merayakan hari Valentine tepat di tanggal 14 Februari bukanlah hal yang efektif. Memang sih, banyak promo yang ditawarkan menjelang hari Valentine, kamu pun bisa membeli berbagai pernak-pernik untuk hadiah dengan harga yang lebih murah.

Namun, di tepat di hari Valentine kamu akan kesulitan mencari tempat makan yang romantis, bahkan tempat-tempat yang hemat budget sekalipun.

Kenapa sulit? Karena biasanya kebanyakan orang sudah booking tempat di hari-hari sebelumnya. Situasinya juga cenderung ramai dan penuh sesak.

Nah, solusinya, carilah hari lain. Tidak masalah kok jika merayakannya di H+2 atau bahkan H+7 Valentine, justru ini menjadi sebuah keuntungan.

Kamu dan pasangan kamu bisa dengan mudah mendapatkan tempat hangout yang ramah budget tanpa harus pusing-pusing berdesakan. Kamu juga tidak perlu menunggu waiting list di tempat makan yang kamu dan pasangan kamu kunjungi.


Rencanakan dari Jauh-Jauh Hari

Atur Budget Kamu Menjelang Hari Valentine dengan 5 Tips Berikut Ini!

Seperti yang telah disinggung di poin pertama. Alangkah lebih baiknya, kamu merencanakan perayaan hari Valentine di beberapa minggu atau beberapa bulan sebelumnya.

Sehingga jika kamu membutuhkan dana lebih untuk membeli hadiah Valentine, kamu bisa menabung lebih banyak lagi. Apalagi jika harga hadiahnya terbilang mahal dan mewah.

Misalnya, saat ini pasangan kamu sedang membutuhkan laptop baru karena laptopnya yang lama sudah hampir rusak dan pasangan kamu sangat membutuhkannya untuk menunjang keefektifan pekerjaannya sehari-hari.

Sebagai orang tersayang, pasti kamu sangat ingin memberinya laptop baru pada saat hari Valentine tiba atau pada saat hari ulang tahunnya.

Lalu, apa yang harus kamu lakukan? Tentu saja menabung. Mustahil mendapatkan uang minimal Rp5 juta (untuk laptop merek biasa) dalam hitungan hari atau minggu bukan?

Nah, oleh karena itu, rencanakanlah dari jauh-jauh hari agar ada waktu untuk mengumpulkan uangnya. Kecuali, kamu memang memiliki banyak uang yang kamu hasilkan dalam sebulan.

Katakanlah hari Valentine masih 7 bulan lagi, sedangkan kamu membutuhkan uang sebesar Rp6 juta untuk sebuah MacBook Air. Jika dihitung, kamu harus menyisihkan pendapatan kamu sebesar Rp1 juta setiap bulannya sampai bulan ke-6.

Sehingga pada bulan terakhir yaitu bulan ke-7, kamu hanya perlu mencari dan membeli produknya, lalu memberikannya ke pasangan kamu tepat di tanggal 14 Februari pada hari Valentine.

Begini penjabarannya:

Segala sesuatu yang direncanakan dengan baik, maka hasil akhirnya juga akan baik. Jarang ada yang gagal dalam suatu perencanaan, kecuali ada hal-hal tertentu yang ‘mungkin’ menghambatnya.

Semangat!


Manfaatkan Diskon E-Commerce dan Kupon Belanja Lain

7 Kebiasaan yang Menunjukkan Bahwa Anda Belum Matang Secara Finansial - 5 Mitos Gaya Hidup Hemat yang Tidak Perlu Anda Percaya

Ini saatnya kamu memanfaatkan momen Valentine untuk membahagiakan diri. Baik ada pasangan maupun tidak, kamu tetap bisa merayakannya, kok.

Menjelang hari Valentine, atau bahkan pada saat hari Valentine, banyak sekali tawaran promo berupa diskon atau potongan harga, serta cashback. Kebanyakan, promo tersebut terlihat menarik dan sangat menggiurkan.

Promo dan diskon menarik ini bisa kamu temukan secara offline di toko atau gerai yang tersebar di mall, maupun secara online melalui situs e-commerce.

Bagi kamu yang ingin membeli sesuatu tapi tidak memiliki banyak anggaran, manfaatkanlah momen yang hanya ada satu kali dalam setahun ini. Tapi ingat, jangan sampai kalap membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan.

Bijaklah dalam berbelanja walaupun menggunakan kupon belanja dan tawaran promo Valentine lainnya. Hmm, caranya bagaimana sih?

  • Membuat pilihan yang tepat
  • Membuat daftar belanja
  • Jangan hanya berfokus pada merek
  • Hemat membuat kamu memiliki lebih banyak uang

Kebiasaan berbelanja bijak ini bisa berdampak baik bagi diri kamu, lho! Dengan begitu, kamu tetap bisa mengontrol nafsu belanja kamu ketika banyak promo dan diskon yang berkeliaran di sekitar kamu.

Baca juga: Tips Berbelanja Lebih Bijak di Tahun yang Baru


Jika Tidak Bisa Merayakan, Tidak Perlu Dipaksa

5 Hal Menakjubkan yang Akan Terjadi Apabila Kamu Tidak Berhenti Belajar - pemikiran yang tajam

Tidak ada yang melarang perayaan Valentine, tapi tidak ada pula yang memaksa kamu untuk harus merayakan Valentine.

Berbagai macam alasan mendasari banyak orang tidak ingin merayakan Valentine, seperti sedang patah hati, tidak punya pasangan, bingung mau kasih hadiah Valentine ke siapa, hingga tidak adanya budget untuk membeli hadiah Valentine.

Tidak perlu pusing! Solusinya adalah dengan tidak merayakannya. Sesederhana itu.

Pemberian hadiah pada hari Valentine hanya sekadar kebiasaan, bukan hal wajib yang harus dilaksanakan. Sehingga kamu tidak perlu khawatir berlebih karena tidak bisa merayakannya.

Lagipula, hal terbaik yang sebenarnya harus kamu lakukan yaitu berhemat saat hari Valentine. Dengan berhemat, kamu pun bisa menyisihkan sebagian dana yang kamu punya untuk berinvestasi.

Kamu sudah berinvestasi? Jika belum, yuk coba salurkan dana kamu ke KoinWorks. Kamu bisa memperoleh keuntungan dan membantu banyak orang di seluruh Indonesia melalui produk KoinP2P dan KoinRobo persembahan KoinWorks.

Bagaimana tidak? Imbal hasilnya saja mencapai 21,32% per tahunnya. Ditambah lagi kamu bisa mendanai mulai dari Rp100.000, lho!

Tunggu apalagi? Atur budget kamu mulai sekarang dan tentukan di mana keuangan kamu akan berlabuh!

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!


Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih