Agar Keuangan Tetap Terkendali, Coba 5 Aplikasi Pengelola Keuangan Ini – Sekarang ini, Anda pasti sering menemukan orang-orang yang memiliki smartphone.

Baik di halte, stasiun, maupun di lingkungan pekerjaan Anda, rata-rata orang sekarang ini sudah memiliki smartphone.

Yang menarik adalah, ponsel pintar bisa diintegrasikan dengan berbagai bidang, baik itu dari segi pekerjaan maupun dari segi pengelolaan keuangan.

Baca Juga: Tips Keuangan: Ikuti Tips Ini Demi Mempersiapkan dan Menghemat Biaya Pernikahan

Meskipun ponsel sudah berekspansi penggunaannya dari segi fungsional, yang pada dasarnya tercipta untuk berkomunikasi nirkabel jarak jauh, lewat aplikasi kini ponsel bisa digunakan untuk beragam jenis kegiatan, terutama pengelolaan keuangan.

Bila Anda saat ini mengantongi smartphone dengan OS Android maupun iOS, dan berniat untuk mulai belajar mengelola keuangan, 5 aplikasi pengelola keuangan ini tentu bisa Anda coba sekarang juga.

5 Aplikasi Pengelola Keuangan

aplikasi pengelola keuangan - koinworks

1. Money Lover – Money Manager

Bila Anda ingin mengelola keuangan mulai dari mencatat pengeluaran harian, Money Lover ini sangat cocok untuk digunakan.

Kemudahan yang ditawarkannya akan menjadi bantuan sendiri ketika digunakan. Dengan selain mencatat pengeluaran harian, Anda juga bisa mengklasifikasikannya berdasarkan kategori, entah itu transportasi, makan, dan sebagainya.

Baca Juga: Menurut Sebuah Studi, Hal Ini yang Membuat Anda Jauh Lebih Menarik

Money Lover juga bisa dijadikan sebagai pembuatan anggaran belanja/budget, mencatat pemasukan, hingga menganalisa pengeluaran yang paling besar berdasarkan kategori.

Money Lover tersedia secara gratis maupun premium dan bisa diunduh melalui Playstore, iTunes, bahkan Windows Store.

Download

2. Monefy – Money Manager

Aplikasi pengelola keuangan yang kedua dalam daftar ini adalah Monefy. Sebagian besar fungsinya dari Money Lover sebenarnya sama, hanya saja tampilan dan pengalaman penggunaan tentu akan berbeda.

Monefy menawarkan kesederhanaan tampilan dengan visualisasi yang bagus, sehingga bila Anda lebih suka menganalisa keuangan Anda lewat bentuk visual, Monefy cocok dijadikan acuan.

Baca Juga: Punya Duit Rp 100.000? Ini yang Bisa Dilakukan Agar Duit Anda Semakin Produktif

Monefy dilengkapi widget sehingga Anda bisa dengan mudah mengatur keuangan langsung dari home screen. Mengklasifikasikan bentuk pengeluaran atau budget juga bisa lebih mudah, dan Anda bisa menyingkronkan data Anda ke penyimpanan cloud Dropbox.

Download

3. Realbyte Money Manager Expense & Budget

Money Manager yang satu ini sepertinya cukup populer di bidangnya. Dengan aplikasi pengelola keuangan ini, mengelola keuangan bukanlah sesuatu yang rumit lagi.

Baca Juga: Apa itu Debt Snowball dan Bagaimana Cara Menerapkannya dengan Baik?

Fitur yang ditawarkannya sudah lengkap sehingga Anda bisa langsung menggunakannya untuk kebutuhan dasar, seperti mencatat pengeluaran, menentukan anggaran belanja bulanan, hingga menentukan target uang yang harus terkumpul dalam beberapa periode.

Download

4. Financius – Expense Manager

Financius bisa menjadi alternatif aplikasi pengelola keuangan yang mungkin cocok untuk Anda. Selain tampilan yang minimalis dan mudah digunakan, Financius ini cocok bagi Anda yang memiliki beberapa akun keuangan yang ingin dikelola, misalnya keuangan sebagai karyawan sekaligus keuangan sebagai pebisnis.

Baca Juga: Tips Mengelola Pinjaman Agar Bisa Tepat Sasaran Sesuai Tujuan

Banyak orang yang bekerja sambil berbisnis, sehingga gaji dan pendapatan dari bisnis mungkin harus dikelola secara terpisah.

Aplikasi pengelola keuangan Financius ini memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa akun keuangan sekaligus, sehingga akan sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini.

Download

5. AndroMoney (Expense Track)

Aplikasi pengelola keuangan populer lainnya adalah AndroMoney, dan bila Anda yang sudah pernah mencoba mengelola keuangan lewat aplikasi mungkin sudah pernah mendengar namanya, paling tidak sekali.

Baca Juga: 5 Tips Mempersiapkan Dana Darurat Agar Keuangan Selamat

AndroMoney terbilang lengkap sebagai sebuah aplikasi pengelola keuangan, karena, berbagai fitur yang dimiliki oleh aplikasi pesaing, seperti yang sudah disebutkan di atas, bisa Anda gunakan dengan AndroMoney.

Selain fitur yang lengkap, tampilan yang ditawarkan juga minimalis, sehingga Anda tidak perlu pusing dan merasa rumit melihat angka yang banyak jumlahnya ketika menggunakannya. AndroMoney didesain untuk memudahkan penggunaan.

Download

Bonus

6. Microsoft Excel atau Google Sheets

Bila Anda selama ini sudah sering menggunakan atau sudah sangat akrab dengan Microsoft Excel, Anda bisa mengunduhnya di smartphone Anda dan gunakan sebagai buku akuntansi Anda.

Baca Juga: 5+ Cara Menghemat Biaya Hidup Agar Keuangan Bisa Selamat

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan Google Sheets agar lebih mudah terintegrasi dengan akun Google Anda, teristimewa bagi Anda pengguna Android.

Download Microsoft Excel | Download Google Sheets

7. Aplikasi KoinWorks

Tidak secara khusus untuk mengelola keuangan, namun bila Anda memiliki uang sisa dari anggaran belanja Anda, dan bila Anda terpikir untuk menggunakannya untuk sesuatu yang lebih bermanfaat dan menguntungkan, Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk berinvestasi di KoinWorks.

Baca Juga: 5 Cara Membiasakan Diri untuk Berinvestasi

Selain berinvestasi dan mendapatkan keuntungan, dana yang Anda miliki akan lebih bermanfaat nilainya karena digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan peminjam, sehingga mereka dan impian semakin dekat.

Jadi, daripada nilai uang Anda tergerus di tabungan atau digunakan untuk sesuatu yang tidak produktif, gunakan aplikasi KoinWorks untuk berinvestasi dan mendapatkan keuntungan seraya membantu memenuhi berbagai kebutuhan sesama.

Download

Penutup

Meski mengelola keuangan adalah salah satu tugas yang rumit, paling tidak kegiatan tersebut akan memudahkan Anda dalam memperbaiki kondisi keuangan dalam jangka panjang.

Tidak ada alasan untuk tidak mengelola keuangan bila Anda peduli dengan kondisi keuangan di masa mendatang.

Gunakan bantuan aplikasi di atas agar keuangan Anda lebih terkendali, sehingga anggaran belanja yang ditetapkan dapat sesuai dengan target, tujuan keuangan yang diharapkan dapat terpenuhi dalam beberapa ke depan dapat lebih mudah terpenuhi, dan sebagainya. Selamat mencoba aplikasi pengelola keuangan di atas!


Artikel Selanjutnya:

survey online

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.