Home » Blog » Daily, Gaya Hidup » Menghadapi Masalah Keuangan, Langkah Tepat dan Bahaya Bila Dibiarkan

Menghadapi Masalah Keuangan, Langkah Tepat dan Bahaya Bila Dibiarkan

Menghadapi Masalah Keuangan

Sebuah survei yang pernah dilakukan menemukan bahwa sebagian besar orang merasa stres dalam menghadapi masalah keuangan yang dihadapi saat ini.

Stres yang dihadapi membuat mereka menderita depresi, tidak bisa berkonsentrasi, dan kesulitan untuk tidur.

Jika kamu menghadapi situasi di atas, maka tidak perlu khawatir dengan hal tersebut.

Ada beberapa langkah efektif yang bisa dilakukan untuk menurunkan tingkat stres pribadi yang dihadapi saat ini.

Hal ini akan membantu kamu untuk lebih baik dalam mengatasi masalah dan mencegah masalah kesehatan yang lebih buruk karena stres yang dihadapi.


3 Langkah Menghadapi Masalah Keuangan

Tarik Nafas yang Dalam

Mulailah dengan mencari tempat yang redup dan tenang agar kamu memiliki waktu bersantai sekitar 10 menit.

Duduk atau berbaring di posisi yang paling nyaman dan biarkan pikiran kamu merasa tenang.

Selanjutnya tutup mata dan fokuslah pada pernafasan kamu. Lakukan cara ini selama 10 menit.

Jika waktu 10 menit sudah berlalu, bukalah mata secara perlahan dan rasakan perbedaan yang lebih baik di dalam diri kamu. Fokus pada pernafasan akan menyegarkan tubuh dan pikiran.


Mulai Membuat Rencana dan Jalan Keluar

Jika pikiran dan tubuh sudah lebih tenang, maka langkah selanjutnya adalah membuat rencana dan jalan keluar permasalahan.

kamu bisa meminta bantuan dari para ahli dan menerapkan saran perbaikan dari mereka. Anggaplah bantuan dari pakar keuangan sebagai investasi untuk mendapatkan masa depan keuangan yang lebih baik.

Para pakar keuangan biasanya akan memberikan pandangan yang realistis tentang kondisi keuangan saat ini.

Mereka akan menjelaskan cara yang perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan, bagaimana cara mengurangi hutang yang ada saat ini, dan menyarankan kamu agar lebih bijak dalam mengelola keuangan atau menghadapi masalah keuangan.

Membiasakan diri berinvestasi adalah salah satu langkah bijak untuk mengelola anggaran. Mungkin saja selama ini kamu belum membiasakan diri berinvestasi dan lebih suka menghabiskan uang, kamu harus belajar mengendalikan pengeluaran.

Padahal investasi sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan di masa depan, sehingga kamu tidak perlu berhutang.

Jika kamu ingin untuk segera berinvestasi, banyak yang bisa kamu pilih, seperti emas, reksa dana, saham dan lainnya.

Dalam hal ini kamu bisa mempelajari fundamental investasi dengan mendanai di KoinP2P dari KoinWorks.

KoinWorks adalah sebuah aplikasi yang memberikan solusi finansial mulai dari pengembangan aset melalui pendanaan, hingga pinjaman bisnis atau individu.

Sebagai p2p lending indonesia, KoinP2P dari KoinWorks ini kamu bisa mendanai beragam pinjaman dan membantu UKM Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya, lalu mendapatkan imbal hasil efektif hingga 18% per tahun.

Ingin dapet imbal hasil terprediksi hingga 13% p.a? Kamu bisa coba mendanai di KoinRobo.

Imbal hasil tersebut tentu saja sangat menguntungkan daripada kamu hanya menyimpan dana di dalam tabungan saja.


Menunggu

Dibutuhkan waktu agar situasi keuangan saat ini menjadi lebih baik dari sebelumnya. Jika pikiran kamu masih belum stabil dengan adanya permasalahan keuangan, maka sebaiknya tunggu sampai pikiran menjadi lebih tenang.

Cara seperti ini akan membantu kamu untuk mengatasi masalah dengan lebih jernih dan tidak melibatkan emosi di dalamnya.

3 langkah di atas adalah cara yang sangat efektif untuk dilakukan saat menghadapi situasi keuangan yang buruk saat ini.


Dampak Buruk Pada Tubuh Apabila Tidak Menghadapi Masalah Keuangan

Munculnya Fight Response dan Flight Response

Ketika kita sedang dihadapkan oleh suatu ancaman atau penekanan maka amygdala (bagian sistem bilik di dalam otak manusia) akan menimbulkan hormon stres, yaitu adrenalin dan kortisol.

Hormon tersebut kemudian akan menimbulkan fight response (melakukan suatu tindakan ketika di bawah ancaman) atau flight response (menghindari atau lari dari siatuasi ancaman).

Hal yang sama ketika kamu sedang dihadapkan oleh predator di alam liar, stres yang terjadi karena masalah keuangan juga, dapat memicu reaksi tersebut.

Aimee Daramus, Psikologi klinis asal Chicago, Amerika Serikat menjelaskan bahwa Fight dan flight response sangat menguras tenaga pada tubuh kita.

Hal ini dapat menyebabkan otot yang tegang hingga sakit parah. Ini juga dapat merusak fungsi sistem kekebalan tubuh dan membuat kamu lebih rentan terhadap banyak penyakit lainnya.


Kamu Membuat Keputusan yang Buruk, Meskipun Kamu Tahu

Ketika kamu mengalami stres atau tertekan oleh kondisi finansial, kemampuanmu untuk bisa memilih hal yang baik akan terganggu, bahkan meskipun kamu adalah tipikal orang yang rasional.

Saat berada di bawah tekanan, aliran darah dan aktivitas elektrik pada otak akan berkurang di bagian lobus frontal serta korteks prefrontal dan akan meningkat di amygdala (bagian sistem bilik di dalam otak manusia)

Oleh karena itu, jika kamu sedang tertekan, amygdala akan membajak mekanisme berpikir rasional dan akan menyiapkan respons super cepat untuk menanggapi suatu ancaman tersebut yang bisa menyebabkan pengambilan keputusan buruk.


Munculnya Kecemasan, Depresi dan Masalah Kesehatan Mental Lainnya

Bingung dalam menghadapi masalah keuangan mampu menimbulkan rasa cemas.

Mengingat bahwa uang adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita, kekhawatiran yang terus-menerus akan menyebabkan gejala psikologis yang lebih serius.

Menurut Carle Marie Manly, Psikologi Klinis asal California, Amerika Serikat. Ketika sedang stres tentang keuangan, kita bisa menjadi sangat cemas bahkan depresi.

Sebagai contoh dibebani oleh hutang dalam jumlah besar, telah terbukti berdampak besar pada kesehatan mental. Bahkan dalam beberapa kasus serius, mengarahkan pikiran untuk menyakiti diri sendiri.

Sebuah survei oleh The Ascent of American masalah keuangan dapat mengganggu kebahagiaan dan percaya diri seseorang.

Hal ini terbukti dari 38% responden yang mengatakan bahwa masalah keuangan membuat mereka tidak bisa tidur nyenyak di malam hari, 48% mengatakan masalah keuangan memengaruhi semangat mereka, 47% mengatakan masalah keuangan menurunkan kepercayaan diri.


Stres kronis Menyebabkan Penyakit Fisik Serius

Carle Marie Manly kembali menegaskan bahwa stres kronis dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius.

Ketika tingkat adrenalin dan kortisol terus meningkat, kerusakan fisik akan terjadi. Akibatnya, banyak dari mereka yang menderita stres kronis memiliki tingkat penyakit jantung, diabetes, masalah tidur kronis dan masalah kesehatan lainnya yang lebih besar.


Risiko Penyalahgunaan Obat-obatan

Ternyata mengalami stres kronis, terlebih lagi di masalah keuangan bisa berakibat meningkatkan kecanduan pada obat-obatan tertentu lho.

Sebagai contoh, salah satu studi yang dilakukan untuk Sekolah Kesehatan Masyarakat di New York University menemukan hubungan langsung antara peningkatan tekanan finansial dengan kecanduan alkohol dan merokok, terutama di kalangan pria dewasa.

Tingkat stres yang tinggi juga telah ditemukan sebagai prediktor kelanjutan penggunaan opiat, seperti heroin.


Jangan Biarkan Masalah Uang Mengganggu Kesehatan Kamu

Untuk mencegah terjadinya kondisi di atas ketika kamu sedang berjuang secara finansial, kamu bisa melakukan beberapa langkah efektif yang bisa kamu lakukan, seperti:

Lakukan meditasi atau terapi dengan ahli: Jika kamu mengalami penurunan kesehatan mental karena masalah keuangan dan stres, segera kunjungi terapis yang terpercaya.

Kamu juga bisa melakukan meditasi dengan mencari tempat yang redup dan tenang. Mulailah dengan duduk atau berbaring di posisi yang paling nyaman dan biarkan pikiran kamu merasa tenang.

Selanjutnya tutup mata dan fokus pada pernapasan kamu. Lakukan cara ini kiranya selama 10 menit.

Jika 10 menit berlalu, bukalah mata secara perlahan. Fokus pada pernapasan tentunya akan menyegarkan tubuh dan pikiran kamu.

Buat rencara dan jalan keluar: Setelah pikiran dan tubuh sudah tenang, langkah selanjutnya yang harus kamu terapkan adalah membuat rencana dan jalan keluar atas permasalahan yang kamu hadapi.

Kamu bisa meminta bantuan kepada para ahli keuangan untuk mendapatkan perencanaan atau pengelolan keuangan yang baik dan rasional.

Salah satu langkah diri yang bijak untuk mengelola keuangan kamu adalah dengan melakukan kegiatan berinvestasi.

Mungkin saja, jika saat ini kamu memiliki permasalahan keuangan, seperti berhutang karena kamu lebih memilih menghabiskan uang untuk pengeluaran yang tidak perlu.


Jangan sampai permasalahan keuangan memperburuk situasi kamu saat ini. Hadapi permasalahan dengan tenang dan ingatlah bahwa jalan keluar pasti akan selalu ada.

Hal yang lebih penting lagi adalah mengevaluasi kesalahan yang dilakukan di masa lalu dan berjanji untuk tidak mengulangi tindakan yang salah.

Jangan lupa untuk selalu mengevaluasi kesalahan yang dilakukan di masa lalu dan berkomitmen untuk tidak mengulangi kesalahan yang akan membawa kamu ke tindakan yang akan merugikan diri sendiri.

Simulasi Pendanaan KoinWorks
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
Ketahui profil risiko investasi Anda
Profil Risiko

Berdasarkan hasil profiling kami, maka risiko investasi yang cocok untuk Anda adalah dengan imbal hasil hingga .

Jumlah dan Jangka Waktu Investasi

Masukkan jumlah dan jangka waktu pendanaan untuk mensimulasikan diversifikasi dan imbal hasil yang akan kamu dapat.

Rp ,00
Rp ,00
Perkenalkan diri Anda

Kami akan memberikan informasi mengenai promo KoinWorks setiap bulannya ke email Anda.

+62
Rekomendasi Diversifikasi

Dengan modal awal Rp dan tambahan Rp tiap bulan, maka rekomendasi diversifikasimu adalah sebagai berikut:

Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:

Dengan imbal hasil sebesar per tahun, setelah tahun maka perkiraan pengembalian uangmu adalah sebagai berikut

Rp,-

Mulai Mendanai

Mulai lakukan pendanaan di aplikasi KoinWorks sekarang dan dapatkan gratis KOIN (dana percobaan) sebesar Rp350.000,- untuk Anda gunakan di KoinP2P

Install Aplikasi KoinWorks
Devayanti Pardi
Content Creator at KoinWorks

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Waah, dapet modal awal 475 ribu pas daftar :), kode promo BUTUHUANG