5 Alasan Anda Tidak Perlu Menyimpan Terlalu Banyak Dana Pendidikan Anak – Sebagai orangtua yang bertanggung jawab, Anda tentu saja ingin menyediakan pendidikan yang berkualitas untuk anak di masa depan.

Oleh karena itu, sangat wajar jika banyak orang tua rela menyisihkan sebagian penghasilan mereka untuk menabung mempersiapkan dana pendidikan anak. Hal yang tidak disadari adalah menabung terlalu banyak untuk dana pendidikan memiliki beberapa kelemahan.

Berikut ini 5 alasan Anda tidak perlu menyimpan terlalu banyak dana untuk pendidikan anak.

5 Alasan Anda Tidak Perlu Menyimpan Terlalu Banyak Dana untuk Pendidikan Anak

1Ada Hal Lain yang Harus Dikorbankan

uang - rupiah - 5 Alasan Mengapa Harus Terus Meningkatkan Pengetahuan tentang Uang, Meskipun Anda Telah Kaya Raya

Ada beberapa hal yang harus dipenuhi, misalnya saja membayar utang kartu kredit, asuransi kesehatan, dan mempersiapkan dana darurat.

Mesipun menabung untuk pendidikan anak sangat penting, tetapi jangan menempatkan sebagian besar penghasilan di dalamnya, karena ada kebutuhan lain yang perlu dipenuhi.


2Apakah Anda Sudah Mempersiapkan Dana Pensiun?

Kesalahan Menabung Dana Pensiun

Anda tidak akan aktif seumur hidup dan terus bekerja di masa tua nantinya. Oleh karena itu, mulai saat ini perlu mempersiapkan dana pensiun yang disisihkan dari penghasilan bulanan.

Jangan sampai keinginan untuk mempersiapkan masa depan anak membuat Anda mengabaikan kebutuhan diri sendiri di masa depan.

Ingatlah, saat memasuki masa pensiun hanya Anda yang bertanggung jawab untuk memenuhi semua kebutuhan hidup. Tanpa persiapan yang matang sejak dini, maka Anda bisa sangat kesulitan untuk memenuhi berbagai kebutuhan di masa pensiun.


3Anak Anda Belum Tentu Akan Memilih Kuliah

mahasiswa-alumni-PTS Bisa Jadi Pilihan Saat Tak Lolos SBMPTN 2019, Ini Dia Tips Memilihnya!

Saat ini ada banyak sekali pilihan karir dan sebagian besar tidak membutuhkan ijazah sarjana dari perguruan tinggi. Bahkan ada berbagai macam institusi pemerintahan dan swasta membutuhkan tenaga kerja yang berasal dari lulusan SMA.


4Anak Anda Akan Semakin Tidak Mandiri

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (25) - 5 Alasan Mengapa Produktivitas Menurun, Ubah Kebiasaan dan Jadi Lebih Baik! - 4 Cara Mengatasi Stres dan Kecemasan dalam Proses Belajar - 7 Latihan yang Membantu Seseorang untuk Mengingat Lebih Mudah

Sebagai orang tua sudah kewajiban Anda untuk memberikan pendidikan yang layak kepada anak sampai mereka bisa menghasilkan uang sendiri.

Saat masuk ke perguruan tinggi sebenarnya usia anak Anda sudah masuk kategori dewasa dan sudah seharusnya mereka belajar mandiri menjalani kehidupan.

Sebagai orang tua, Anda tidak perlu memberi tahu berapa banyak uang yang tersedia untuk mereka yang akan digunakan sebagai biaya pendidikan.

Cara seperti ini akan membuat mereka lebih dewasa dalam menyikapi keadaan dan berusaha untuk memenuhi semua kebutuhan sendiri.

Hal inilah yang penting diajarkan oleh semua orang tua agar anak mereka tumbuh dewasa dan bisa mengemban tanggung jawab yang lebih besar di masa depan.


5Investasi Adalah Pilihan Terbaik

Cara Mudah Beli Rumah Walaupun Gaji Cuma 4 Juta

Saat Anda mempersiapkan dana pendidikan ke dalam rekening tabungan bank, maka dana tersebut tidak akan bisa berkembang optimal di masa depan. Belum lagi adanya biaya yang harus dibayarkan setiap bulan.

Solusi terbaik dalam mempersiapkan dana pendidikan anak adalah dengan berinvestasi. Berinvestasi memungkinkan dana yang Anda miliki bisa berkembang nilainya di masa depan.

Jika Anda ingin mempersiapkan dana pendidikan yang jaraknya sekitar 10-15 tahun dari sekarang, maka kami menyarankan Anda untuk berinvestasi di pasar saham. Saham bisa memberikan return yang sangat tinggi dalam jangka panjang, tetapi diiikuti dengan risiko yang sangat besar juga. 

Akan tetapi, apabila Anda baru pertama kali berinvestasi, kami menyarankan Anda untuk mulai membiasakan diri berinvestasi dengan KoinWorks terlebih dahulu.

Di KoinWorks, Anda bisa berinvestasi mulai dari Rp100.000, dan mendapatkan keuntungan mulai dari 21,32% per tahun. Anda pun bisa memilih sendiri ke Peminjam mana Anda akan mengalokasikan uang yang dimiliki.

Kemudian, KoinWorks pun sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sehingga kegiatan investasi Anda akan lebih aman.

Nah, itulah 5 alasan yang mendasari mengapa Anda tidak perlu berlebihan saat akan mempersiapkan dana pendidikan untuk anak di masa depan.

Semoga bermanfaat.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.