4 Cara Efektif Mencapai Resolusi Keuangan yang Telah Ditetapkan

4 Cara Menjalani Gaya Hidup Minimalis Untuk Berhemat Banyak Uang - 4 Cara Efektif Mencapai Resolusi Keuangan yang Telah Ditetapkan - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!

4 Cara Efektif Mencapai Resolusi Keuangan yang Telah Ditetapkan – Akhir tahun adalah momen di mana banyak orang yang mendedikasikan waktu mereka untuk mengubah kebiasaan dan meningkatkan kehidupan.

Salah satu komitmen yang banyak diharapkan di akhir tahun adalah kesejahteraan dalam hal finansial. Misalnya saja bertekad untuk menambah jumlah tabungan, melunasi hutang yang ada, sampai rencana untuk membeli rumah sendiri.

Hal yang menjadi masalah adalah tidak semua orang bisa memenuhi tujuan mereka dengan mudah. Bahkan hanya sekitar 8% saja yang berhasil mencapai resolusi tahun baru yang telah ditetapkan.

Jika kamu khawatir tidak bisa mencapai resolusi tahun baru, berikut ini beberapa tips bermanfaat yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan keuangan.

4 Cara Efektif Mencapai Resolusi Keuangan yang Telah Ditetapkan

Mengetahui Alasan di Balik Tujuan Tersebut

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah 4 - aturan penting soal uang

Langkah pertamauntuk mencapai sasaran keuangan adalah memiliki pemahaman yang kuat tentang mengapa kamu berusaha untuk mencapainya.

Baca juga: 7 Cara Jitu Mendapatkan Uang Tambahan

Alasan bisa dalam berbagai bentuk, misalnya saja ingin menabung lebih banyak dana darurat agar terhindar dari hutang atau berusaha melunasi kartu kredit agar kamu memiliki lebih banyak uang untuk disimpan.

Alasan yang kuat untuk mencapai tujuan keuangan akan membuat kamu tetap termotivasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.


Memanfaatkan Fasilitas Autodebet

Kartu kredit memudahkan transaksi

Selanjutnya kamu juga bisa mengotomatisasi aktivitas keuangan untuk memudahkan kamu konsisten dalam mencapai tujuan keuangan.

Saat ini hampir semua lembaga keuangan memberikan fasilitas untuk mengatur transfer otomatis ke rekening tertentu. Misalnya saja, kamu bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk langsung mentransfer gaji ke rekening tabungan yang dimiliki.

Atau kamu juga bisa mengotomatisasi transfer ke rekening KoinWorks yang memungkinkan kamu untuk berinvestasi di peer to peer lending.

Dana yang dibutuhkan untuk investasi tidak perlu terlalu besar, sebab hanya dengan Rp100.000 saja kamu sudah bisa berinvestasi untuk masa depan yang lebih cerah.

Mengenai potensi imbal hasilnya, kamu akan mendapatkan sekitar 21,32% per tahun dengan konsisten berinvestasi di KoinWorks. Tingkat imbal hasil tersebut berada di atas tingkat inflasi tahunan dan bersaing dengan tingkat imbal hasil yang diberikan oleh reksadana saham.

Tidak hanya itu, berinvestasi di KoinWorks memungkinkan kamu untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

Hal ini bisa terjadi karena dana yang kamu investasikan akan dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha mereka. Inilah yang disebut dengan peer to peer lending, dimana masing-masing pihak yang terlibat akan mendapatkan untung.


Membuat Rencana yang Realistis

strategi investasi - teknik investasi - strategi bisnis - menciptakan rencana keuangan

Strategi lain yang harus dipertimbangkan saat akan mencapai resolusi keuangan adalah memastikan bahwa rencana tersebut dapat tercapai.

Baca juga: Bagaimana Donald Trump Membangun Kekayaannya? Simak Bocorannya!

Bersikap realistis berkaitan dengan jumlah uang yang bisa kamu sisihkan setiap bulannya untuk menabung dan berinvestasi atau berapa jumlah uang yang bisa kamu sisihkan untuk membayar hutang.

Rencana keuangan yang realistis memungkinkan kamu untuk bisa mencapainya dengan lebih mudah.


Temukan Orang yang Mendukung Kamu

kerja sama kantor nyaman diskusi - 7 Hal yang Tidak Dilakukan oleh Orang-orang Produktif

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah menemukan orang di sekitar yang bersedia memberikan dukungan kepada kamu.

Pastikan mereka bisa membuat kamu tetap berkomitmen pada resolusi tersebut dan mereka bisa memberikan dorongan yang memotivasi. Teman, rekan kerja, pasangan, atau keluarga bisa menjadi mitra yang baik untuk membantu Anda mencapai resolusi keuangan.

Baca juga: 5 Prinsip Hidup Miliarder yang Bisa Kamu Tiru di Keseharian

Nah, itulah 4 tips yang bisa membantu kamu untuk mencapai resolusi keuangan yang telah ditetapkan. Semoga pembahasan di atas membuat kamu tetap bersemangat dalam meraih tujuan keuangan dan komitmen dalam prosesnya.

Semoga bermanfaat!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.