4 Cara Efektif Mencapai Resolusi Keuangan yang Telah Ditetapkan – Akhir tahun adalah momen di mana banyak orang yang mendedikasikan waktu mereka untuk mengubah kebiasaan dan meningkatkan kehidupan.

Salah satu komitmen yang banyak diharapkan di akhir tahun adalah kesejahteraan dalam hal finansial. Misalnya saja bertekad untuk menambah jumlah tabungan, melunasi hutang yang ada, sampai rencana untuk membeli rumah sendiri.

Hal yang menjadi masalah adalah tidak semua orang bisa memenuhi tujuan mereka dengan mudah. Bahkan hanya sekitar 8% saja yang berhasil mencapai resolusi tahun baru yang telah ditetapkan.

Jika Anda khawatir tidak bisa mencapai resolusi tahun baru, berikut ini beberapa tips bermanfaat yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan keuangan.

4 Cara Efektif Mencapai Resolusi Keuangan yang Telah Ditetapkan

1Mengetahui Alasan di Balik Tujuan Tersebut

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah 4 - aturan penting soal uang - 4 Diskusi tentang Keuangan yang Wajib Dilakukan Setiap Pasangan - 5 Alasan Penting Pendidikan Keuangan Adalah Investasi Terbaik

Langkah pertamauntuk mencapai sasaran keuangan adalah memiliki pemahaman yang kuat tentang mengapa Anda berusaha untuk mencapainya.

Baca juga: 7 Cara Jitu Mendapatkan Uang Tambahan pada 2019

Alasan bisa dalam berbagai bentuk, misalnya saja ingin menabung lebih banyak dana darurat agar terhindar dari hutang atau berusaha melunasi kartu kredit agar Anda memiliki lebih banyak uang untuk disimpan.

Alasan yang kuat untuk mencapai tujuan keuangan akan membuat Anda tetap termotivasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.


2Memanfaatkan Fasilitas Autodebet

akibat-bayar-kartu kredit-skor-credit scoring - bijak menggunakan kartu kredit

Selanjutnya Anda juga bisa mengotomatisasi aktivitas keuangan untuk memudahkan Anda konsisten dalam mencapai tujuan keuangan.

Saat ini hampir semua lembaga keuangan memberikan fasilitas untuk mengatur transfer otomatis ke rekening tertentu. Misalnya saja, Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk langsung mentransfer gaji ke rekening tabungan yang dimiliki.

Atau Anda juga bisa mengotomatisasi transfer ke rekening KoinWorks yang memungkinkan Anda untuk berinvestasi di peer to peer lending.

Dana yang dibutuhkan untuk investasi tidak perlu terlalu besar, sebab hanya dengan Rp100.000 saja Anda sudah bisa berinvestasi untuk masa depan yang lebih cerah.

Mengenai potensi imbal hasilnya, Anda akan mendapatkan sekitar 21,32% per tahun dengan konsisten berinvestasi di KoinWorks. Tingkat imbal hasil tersebut berada di atas tingkat inflasi tahunan dan bersaing dengan tingkat imbal hasil yang diberikan oleh reksadana saham.

Tidak hanya itu, berinvestasi di KoinWorks memungkinkan Anda untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

Hal ini bisa terjadi karena dana yang Anda investasikan akan dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha mereka. Inilah yang disebut dengan peer to peer lending, dimana masing-masing pihak yang terlibat akan mendapatkan untung.


3Membuat Rencana yang Realistis

4 Tujuan Keuangan yang Wajib Anak Jaman Sekarang Punya!

Strategi lain yang harus dipertimbangkan saat akan mencapai resolusi keuangan adalah memastikan bahwa rencana tersebut dapat tercapai.

Baca juga: Bagaimana Donald Trump Membangun Kekayaannya? Simak Bocorannya!

Bersikap realistis berkaitan dengan jumlah uang yang bisa Anda sisihkan setiap bulannya untuk menabung dan berinvestasi atau berapa jumlah uang yang bisa Anda sisihkan untuk membayar hutang.

Rencana keuangan yang realistis memungkinkan Anda untuk bisa mencapainya dengan lebih mudah.


4Temukan Orang yang Mendukung Anda

kerja sama kantor nyaman diskusi - 7 Hal yang Tidak Dilakukan oleh Orang-orang Produktif- digital marketing

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah menemukan orang di sekitar yang bersedia memberikan dukungan kepada Anda.

Pastikan mereka bisa membuat Anda tetap berkomitmen pada resolusi tersebut dan mereka bisa memberikan dorongan yang memotivasi. Teman, rekan kerja, pasangan, atau keluarga bisa menjadi mitra yang baik untuk membantu Anda mencapai resolusi keuangan.

Baca juga: 5 Prinsip Hidup Miliarder yang Bisa Anda Tiru di Keseharian

Nah, itulah 4 tips yang bisa membantu Anda untuk mencapai resolusi keuangan yang telah ditetapkan. Semoga pembahasan di atas membuat Anda tetap bersemangat dalam meraih tujuan keuangan dan komitmen dalam prosesnya.

Semoga bermanfaat!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.