Ayo, Berhemat di Bulan Puasa dengan Memangkas 4 Pengeluaran Sehari-hari Ini – Yang ditunggu-tunggu akan datang sebentar lagi. Ya, kurang dari sebulan, bulan puasa akan tiba. Persiapan apa saja yang sudah Anda lakukan?

Apakah Anda sudah memikirkan menu untuk sahur dan berbuka? Atau, sudah mulai janjian dengan teman-teman dan relasi bisnis untuk berbuka bersama?

Baca Juga: Jangan Boros! Ini Dia 7 Ide Berhemat Saat Kencan

Perlu disadari, bulan puasa terkadang identik dengan pengeluaran yang membengkak. Entah untuk buka bersama, membeli baju baru, membeli tiket transportasi untuk mudik, dan sebagainya. Oleh karena itu, ayo persiapkan diri Anda untuk berhemat di bulan puasa ini.

Setidaknya, ada 4 pos pengeluaran sehari-hari yang bisa Anda pangkas sehingga Anda uang di dompet atau rekening Anda tidak terkuras. Apa saja?

Ayo, Berhemat di Bulan Puasa dengan Memangkas 4 Pengeluaran Sehari-hari Ini

1. Makan pagi

makan mie instan - tidak sehat

Mungkin, Anda termasuk salah satu yang gemar membeli sarapan sebelum ke kantor. Entah itu bubur, nasi uduk, nasi kuning, atau soto sekalipun. Untuk sarapan saja, Anda bisa menghabiskan uang Rp15.000 dalam sehari.

Bila dikalikan dengan hari efektif, Anda bisa menghabiskan Rp15.000 x 5 hari = Rp75.000 demi menambah tenaga sepanjang hari.

Baca juga: Wajib Dihindari! Ini 5 Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan

Bayangkan, di bulan puasa ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli sarapan lantaran sudah sahur di rumah.

Dengan demikian, dalam sebulan Anda bisa menghemat pengeluaran kurang lebih Rp75.000 x 4 minggu = Rp300.000.

Baca juga: 5 Tips Hemat Memanfaatkan Layanan Transportasi Online

Lalu, bagaimana dengan anggaran makan siang? Anggaplah, dalam sehari Anda menghabiskan Rp25.000 dan dalam sebulan kocek yang keluar untuk membeli makan siang adalah Rp500.000. Nah, Anda bisa mengalokasikan uang tersebut untuk membeli makanan berbuka puasa.

Baca juga: 8 Cara Menghasilkan Uang Tambahan di 2018

Namun yang perlu diingat, Anda tetap harus menentukan anggaran untuk berbuka puasa karena biasanya, Anda bisa kalap dengan membeli makanan ini dan itu karena saking laparnya.

Sampai-sampai Anda tidak sadar bahwa uang yang dikeluarkan melebihi budget makan siang per hari.


2. Camilan

9 Bisnis Para Seleb Indonesia yang Bisa Anda Curi Idenya - makanan

Sore hari sehabis makan adalah jam-jam krusial di mana Anda mulai merasa kantuk. Apabila kantor tidak menyediakan kopi, pilihannya adalah mau tidak mau Anda sendiri yang membelinya.

Baca juga: 5 Penulis Wanita dengan Pendapatan Fantastis di Dunia

Hmm… sayangnya, di sekitar kantor tidak ada penjual kopi keliling. Alhasil, Anda harus merogoh kocek dalam, setidaknya Rp50.000, untuk membeli segelas kopi di café.

Nah, untungnya sedang bulan puasa. Pengeluaran sehari-hari yang satu ini bisa Anda pangkas.

Sama halnya ketika perut sedang keroncongan, rasanya Anda tidak menolak jika diajak untuk membeli camilan.

Baca juga: 5 Cara Memanfaatkan Keterampilan untuk Menghasilkan Uang

Entah itu gorengan, makanan ringan, kue, roti, dan lain-lain. Nah, lantaran sedang berpuasa, tentu saja keinginan untuk makan camilan harus Anda tahan. Dengan demikian, Anda bisa kembali memangkas pengeluaran dan berhemat di bulan puasa ini.


3. Rokok

berhenti merokok bisa hemat

Berbatang-batang rokok seringnya menjadi teman terbaik sembari minum kopi. Namun, di bulan puasa ini, mengapa tidak mengurangi jumlah rokok yang dihisap? Bila biasanya Anda membeli satu bungkus rokok untuk satu hari, kali ini untuk tiga hari.

Baca juga: Rumah Jauh dari Kantor? Ini 5 Manfaat Ngekos Ketimbang Pergi-Pulang

Dengan demikian, pengeluaran sehari-hari Anda untuk rokok bisa berkurang. Nilai plusnya, bukan dompet saja yang senang, kesehatan Anda pun demikian.

Bahkan, Anda bisa memanfaatkan bulan puasa ini untuk benar-benar menahan diri agar tidak merokok. Siapa tahu niat Anda untuk berhenti bisa terwujud.


4. Hiburan

menonton film - Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil

Bulan puasa ini menjadi momen yang tepat untuk mengurangi rekreasi atau hiburan, seperti makan di luar, nonton film di bioskop, jalan-jalan ke mal, atau sekadar nongkrong.

Nah, untuk mengganti hal tersebut, mengapa tidak mengisi kekosongan waktu dengan mengajak diri Anda guna melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat?

Baca juga: Mau Jalan-jalan Gratis? Coba 5 Pekerjaan untuk Penggemar Traveling Ini

Misalnya, salat tarawih berjamaah, atau bisa juga mengaji. Pahala Anda bisa semakin bertambah di bulan puasa ini.


Manfaat Berhemat di Bulan Puasa

Nah, dengan belajar berhemat di bulan puasa, sedikit demi sedikit Anda bisa mengumpulkan pundi-pundi uang demi mencapai tujuan keuangan Anda.

Misalnya, Anda ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ingin liburan ke tempat-tempat eksotis di Indonesia, hingga mempersiapkan biaya pernikahan.

Baca juga: Hemat! Ikut 7 Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan Ini

Nah, ada satu hal lain yang bisa Anda lakukan agar tujuan keuangan tercapai, yakni dengan berinvestasi sedini mungkin. Dengan berinvestasi, Anda bisa menambah nilai uang Anda secara efektif.

Bagi Anda yang pemula, di mana seharusnya memulai berinvestasi? Semua tergantung preferensi masing-masing orang. Apabila ingin berinvestasi dengan nominal minimal Rp100 ribu saja dan ingin mendapatkan bunga efektif hingga 18% per tahun, KoinWorks bisa Anda jadikan pilihan.

Baca juga: Dapatkan Passive Income dengan Investasi Online P2P Lending

Platform P2P Lending yang sudah resmi terdaftar dan diawasi OJK ini memungkinkan Anda untuk menjalankan seluruh kegiatan investasi secara otomatis lewat salah stau fitur inovatifnya, yaitu Auto Purchase.

Dengan Auto Purchase, Anda bisa memilih jenis produk investasi, bunga, tenor, juga risiko yang sebelumnya sudah Anda tetapkan.

Yuk, simak video mengenai Auto Purchase di bawah ini:

https://www.youtube.com/watch?v=Vz5OgTT2xb0


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.