9 Manfaat Memiliki Keterampilan Interpersonal yang Baik – Ada banyak keterampilan yang perlu Anda kuasai agar bisa berhubungan secara efektif dengan rekan kerja dan pimpinan perusahaan.

Mulai dari keterampilan verbal, diplomatik, dan keterampulan interpersonal yang baik.

Ketiga jenis keterampilan ini memungkinkan Anda untuk bisa berhubungan baik dengan orang-orang yang ada di sekitar.

Baca Juga: 5 Keputusan yang Menghancurkan Karier Anda Sebagai Pemimpin

Hal yang tidak Anda sadari adalah banyak orang yang kehilangan pekerjaan di sebuah perusahaan, karena mereka tidak bisa bekerja sama dengan orang lain.

Hal inilah yang menjadi alasan bahwa keterampilan interpersonal bisa meningkatkan produktivitas kerja dan membuat Anda berkesempatan mendapatkan karir yang lebih baik.

Tidak hanya itu saja, ada 9 manfaat lain yang bisa Anda dapatkan saat mampu menguasai keterampilan interpersonal dengan baik. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.


9 Manfaat Memiliki Keterampilan Interpersonal yang Baik

1Berkomunikasi Dengan Efektif

5 Cara Menggunakan Gestur Tangan Saat Sedang Presentasi, Ini Cara Memulainya! (1) - 3 Teknik Memperbaiki Keterampilan Berbicara di Depan Umum - Mengapa Belajar Bersama Mentor akan Memberikan Manfaat Lebih Banyak? - 5 Skill Komunikasi yang Wajib Dimiliki Seorang Pemimpin di Bidang Apapun

Keterampilan interpersonal akan membantu Anda untuk membangun hubungan dengan rekan kerja, seperti saling bertukar ide, informasi, dan keterampilan.

Baca Juga: Tidak Ada Kegagalan! Hanya Perlu Belajar Meraih Kemenangan Tersebut

Anda juga bisa membangun rasa saling menghormati dan belajar untuk mempertimbangkan pendapat dan masukan dari orang lain.

Komunikasi yang berjalan dengan efektif memungkinkan tugas dan pekerjaan di dalam kantor bisa diselesaikan dengan lebih baik dan lebih cepat.


2Peluang yang Lebih Luas

sukses - senang - bahagia - karyawan kantoran - pebisnis (9) - 7 Langkah yang Perlu Dilakukan Agar Sukses Mencapai Tujuan - 6 Tanda yang Menunjukkan Bahwa Anda Akan Berhasil dalam Kehidupan

Hubungan yang baik dengan rekan kerja dan pimpinan perusahaan membuat Anda bisa mendapatkan lebih banyak peluang menarik di perusahaan tempat bekerja.

Baca Juga: Ini 6 Perilaku yang Menunjukkan Anda Termasuk Manajer yang Buruk

Kesan baik yang Anda berikan kepada pimpinan perusahaan membuat Anda lebih mudah untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi dan tanggung jawab yang lebih besar.

Hal seperti ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi pengembangan karir Anda di masa depan.


3Meningkatkan Kredibilitas dan Kepuasan Pelanggan

sukses - senang - bahagia - karyawan kantoran - pebisnis (9) - 7 Langkah yang Perlu Dilakukan Agar Sukses Mencapai Tujuan - 6 Tanda yang Menunjukkan Bahwa Anda Akan Berhasil dalam Kehidupan

Kemampuan interpersonal yang baik membuat Anda bisa dengan mudah berinteraksi dengan konsumen yang menggunakan produk atau layanan dari perusahaan.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Anda Perlu Sering Berlatih dan Belajar

Para pelanggan sangat suka dengan orang yang bersedia menjawab setiap pertanyaan mereka dan mau mendengarkan masukan tentang produk atau layanan yang ditawarkan.


4Keterbukaan Akan Menciptakan Kepercayaan

meningkatkan Kepercayaan Konsumen - apresiasi

Penelitian yang dilakukan oleh American Psychological Association menunjukkan bahwa sekitar 50% karyawan di Amerika Serikat tidak percaya dengan pimpinan perusahaan.

Hal ini bisa terjadi karena para pimpinan perusahaan tidak terbuka dengan karyawan yang dipimpinnya.

Baca Juga: 5 Perbedaan Orang Sukses dan Gagal, Anda Memiliki Salah Satu Cirinya?

Jika Anda seorang pemimpin di perusahaan, keterampilan interpersonal yang terlatih dengan baik akan membuat Anda lebih terbuka dengan para karyawan.

Hal ini selanjutnya akan berdampak pada kesetiaan karyawan untuk bekerja di perusahaan.


5Membina Hubungan Pribadi yang Terjalin

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (16) - 5 Mitos Tentang Belajar Bahasa Asing yang Tidak Perlu Dipercaya - Cara Menggunakan Umpan Balik Demi Meningkatkan Kemampuan Belajar

Keterampilan interpersonal menjadi efektif dan memberikan manfaat, saat Anda bisa membangun sebuah hubungan yang berarti.

Keterampilan interpersonal yang baik tidak hanya bermanfaat untuk membangun hubungan pribadi, tetapi juga penting untuk mempertahankan hubungan yang sudah lama terjalin.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengasah Ketegasan Dalam Diri Untuk Pekerjaan Anda

Mempertahankan sebuah hubungan pribadi jauh lebih sulit dibandingkan membangun hubungan pribadi yang baru.

Sebab, hal ini membutuhkan tindak lanjut, empati, dan konsistensi di dalam diri seseorang.

Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mempertahankan sebuah hubungan adalah dengan berhubungan yang tulus terhadap orang lain.


6Kesempatan Menjadi Pemimpin yang Efektif

6 Kualitas Pemimpin yang Luar Biasa, Andakah Salah Satunya? - 9 Prinsip yang Membedakan Pemimpin yang Ideal dan yang Bukan

Menjadi seorang pemimpin membutuhkan banyak keterampilan yang perlu dikuasai dengan baik.

Anda perlu membina hubungan interpersonal, membangun kepercayaan lewat kejujuran, dan mengembangkan keterampilan komunikasi agar bisa menjadi seorang pemimpin yang efektif.

Baca Juga: 5 Peluang Kerja yang Tersedia Untuk Lulusan Teknologi Informasi (TI)

Pemimpin yang tidak memiliki kemampuan untuk terhubung dengan anggota tim pasti akan gagal.

Mereka pasti akan dengan mudah kehilangan anggota tim yang berharga dan akhirnya menghilangkan produktivitas perusahaan.


7Mengembangkan Sifat Empati di Dalam Diri

kesuksesan bisnis katy perry (2) - 5 Skill yang Perlu Diasah Sebelum Memasuki Dunia Kerja - 6 Kualitas Pemimpin yang Luar Biasa, Andakah Salah Satunya? - 5 Cara Menjadi Pemimpin yang Dihormati, Bukan Ditakuti - 5 Cara yang Bisa Dilakukan agar Lebih Menonjol dalam Pekerjaan dan Bisnis

Seorang pemimpin perlu mengembangkan sifat empati kepada anggota tim yang dipimpinnya.

Empati yang Anda tunjukkan kepada orang lain akan membantu untuk menciptakan hubungan yang kuat dengan orang-orang yang ada di sekitar.

Saat Anda mampu menjadi pribadi yang bisa memahami orang lain, hal ini akan menciptakan kesetiaan, meningkatkan moral, dan memfasilitasi komunikasi.

Baca Juga: 7 Hal Ini Bisa Membuat Anda Menjadi Karyawan yang Luar Biasa, Mau Mencoba?

7 manfaat keterampilan interpersonal di atas akan memberikan dampak positif dalam kehidupan pribadi dan perkembangan karir Anda di masa depan.

Hal inilah yang menjadi bukti bahwa Anda perlu untuk meningkatkan keterampilan interpersonal.

Bagaimana cara meningkatkan keterampilan interpersonal?

Saat ini sudah banyak sekali lembaga pendidikan non-formal atau kursus yang bisa memfasilitas Anda dengan pendidikan interpersonal yang lebih baik.

Tidak ada salahnya untuk bergabung dan mengikuti kelas kepribadian agar bisa menjadi sosok yang lebih baik lagi.

Tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal, sebab saat ini sudah banyak pinjaman dana pendidikan yang bisa Anda gunakan.

KoinPintar menjadi salah satu platform yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan pinjaman dana pendidikan yang mudah.

Baca Juga: Kecerdasan yang Menentukan Seseorang Layak Menjadi Pemimpin Atau Tidak, Apakah Anda Termasuk?

Suku bunga yang ditawarkan sangatlah rendah yaitu mulai dari 9% per tahun. Tidak hanya itu saja, cicilan pembayaran bisa diangsur sampai dengan 12 bulan lamanya.

Tertarik untuk menggunakan fasilitas di atas?

Semoga informasi di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda semua.


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.