Home » Blog » Gaya Hidup » 7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren, Bijaklah Menghabiskan Uang!

7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren, Bijaklah Menghabiskan Uang!

·
4 menit
belanja baju - pakaian - shopping - 7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren, Bijaklah Menghabiskan Uang - 7 Cara Jitu Mendapatkan Uang Tambahan pada 2019

7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren – Pakaian termasuk ke dalam kebutuhan pokok setelah makanan dan tempat tinggal.

Itu artinya mengeluarkan uang untuk membeli pakaian merupakan hal yang perlu Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan yang penting di dalam hidup. Pakaian menjadi kebutuhan pokok untuk menghindari tubuh dari bahaya cuaca yang dingin dan panas.

Meskipun demikian, pakaian yang Anda kenakan bisa menjadi kebutuhan tersier. Hal ini bisa terjadi saat Anda memutuskan untuk membeli pakaian berdasarkan tren yang ada di pasar.

Anda tetap berusaha membeli pakaian berdasarkan tren terbaru meskipun saat ini sudah memiliki banyak sekali pakaian yang bisa digunakan. Tidak perlu berbelanja pakaian hanya berdasarkan tren! Simak 7 alasannya berikut ini.

7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren

Tren Pakaian Tidak Pernah Berakhir

belanja - engagement konsumen menjadi purchasing decision - Tips Mendapatkan Pelanggan Setia

Ketahuilah bahwa pakaian yang sedang tren saat ini bisa ditinggalkan dan tidak lagi digunakan orang pada satu atau dua tahun ke depan.

Artinya saat memutuskan untuk mengikuti tren pakaian yang ada di pasar, Anda pasti merasakan tren tersebut berakhir dan tidak cocok lagi digunakan hanya dalam waktu yang singkat saja.

Coba Anda pikirkan baik-baik, apakah pola belanja pakaian di atas yang benar-benar Anda inginkan. Hal yang semakin aneh adalah bisa jadi mode pakaian yang lama bisa kembali menjadi sebuah tren di pasaran.

Dari penjelasan ini dapat dipahami bahwa tren pakaian tidak akan pernah habis untuk diikuti.


Anda Perlu Memiliki Identitas Fashion Sendiri

pamer - Cara Mengatasi Kantong Bolong Gara-gara Doyan Belanja

Alasan selanjutnya yang membuat Anda tidak perlu terlalu mengikuti tren pakaian adalah perlunya sebuah identitas berpakaian yang ada di dalam diri Anda.

Baca juga: 10 Cara Bersenang-Senang Tanpa Uang, Yuk Berhemat!

Memiliki gaya sendiri dalam berpakaian akan membentuk identitas fashion pada diri Anda. Tidak perlu menjadi orang yang senantiasa mengikuti tren berpakaian hanya untuk bisa diterima secara sosial di masyarakat.

Sebab, tren yang ada belum tentu sesuai dengan kepribadian dan cocok untuk Anda kenakan sehari-hari.


Tren Pakaian Belum Tentu Cocok Untuk Dikenakan

Masing-masing orang memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda satu dengan yang lainya. Ada orang yang berpostur tinggi dan pendek, ada juga yang berkulit gelap dan putih, serta ada juga yang bertubuh kurus dan gemuk.

Karakteristik dan bentuk tubuh yang dimiliki belum tentu sesuai dengan tren pakaian yang sedang berlaku di pasaran. Oleh karena itu, sudah sepatutnya Anda tidak perlu terlalu mengikuti tren berpakaian.


Ciri Berpakaian Anda Tidak Unik

belanja baju - pakaian - shopping - 7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren, Bijaklah Menghabiskan Uang

Mungkin Anda berpikir bahwa dengan mengikuti sebuah tren pakaian bisa membuat terlihat lebih menonjol dan berbeda dari orang lain.

Faktanya, saat mengenakan pakaian berdasarkan tren artinya ada banyak sekali orang yang juga mengikuti tren yang sama dengan Anda.

Tidak hanya itu saja, setiap toko pasti berusaha menjual pakaian yang sedang banyak diminati di pasar. Jadi, sangat besar kemungkinan Anda mengenakan pakaian yang sama dengan orang lain.


Pertimbangkan Anggaran yang Dimiliki

5 Alasan Perlunya Mengajarkan Anak Mengelola Uang Sejak Dini

Tren pakaian terbaru bisa saja memiliki harga jual yang berada di atas kemampuan Anda membeli. Artinya, jika ingin mengikuti sebuah tren, Anda harus mengeluarkan lebih banyak anggaran yang dimiliki.

Itu artinya ada pemborosan yang dilakukan untuk sebuah barang habis pakai seperti baju dan celana.

Baca juga: 5 Kebiasaan Belanja yang Membuat Utang Semakin Menumpuk, Segera Hentikan!

Jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli pakaian berdasarkan tren, apalagi yang berada di luar kemampuan Anda. Sebaiknya belilah pakaian sesuai dengan kemampuan dan penghasilan yang Anda dapatkan setiap bulannya.


Saat Mode Berkembang, Usia Anda Juga Terus Berkembang

belanja baju - pakaian - shopping - 7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren, Bijaklah Menghabiskan Uang

Hal yang banyak tidak disadari adalah mode pakaian yang sedang berkembang saat ini lebih ditujukan untuk anak muda dalam rentang usia 17 – 29 tahun.

Itu artinya, tidak semua orang cocok dan sesuai untuk mengenakan pakaian berdasarkan tren yang ada. Semakin bertambahnya usia membuat Anda tidak selalu cocok untuk mengenakan mode pakaian terbaru. Miliki gaya sendiri dan kenakan pakaian sesuai dengan usia yang Anda miliki saat ini.


Bisa Menghemat Banyak Uang!

Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas bahwa mengikuti sebuah tren membutuhkan anggaran yang cukup besar untuk Anda miliki. Saat Anda beristirahat dan tidak terlalu memusingkan sebuah tren berpakaian artinya ada lebih banyak dana yang bisa disimpan dan diinvestasikan.

Penghematan uang tersebut bisa Anda alokasikan ke berbagai kebutuhan yang lebih bermanfaat untuk masa depan, salah satunya adalah dengan berinvestasi.

Baca juga: 5 Hal yang Patut Dipertimbangkan Saat Membeli Smartphone Baru, Jangan Sampai Memboroskan Uang!

Saat ini Anda tidak perlu khawatir investasi memerlukan modal yang besar untuk memulai. KoinWorks memberikan bukti kepada masyarakat bahwa investasi bisa dimulai hanya dengan modal Rp100.000.

Selain imbal hasil yang menguntungkan, Anda juga berpotensi untuk membantu perekonomian Indonesia berkembang. Hal ini bisa terjadi karena melalui KoinWorks, Anda selaku investor akan dipertemukan dengan pelaku UMKM yang membutuhkan pinjaman modal untuk mengembangkan usaha.

Konsep investasi dan pinjaman inilah yang dikenal dengan istilah  peer to peer lending yang terbukti memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak.

Lebih baik berinvestasi daripada memboroskan uang untuk mengikuti tren berpakaian!

Wahyu Utama
Freelance Content Writer

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat