Mau Kuliah di Luar Negeri? Persiapkan Dulu 7 Hal Penting Berikut Ini – Melanjutkan pendidikan di luar negeri tentunya menjadi impian bagi banyak orang.

Selain bisa merasakan lingkungan yang baru, melanjutkan pendidikan di luar negeri juga banyak memberikan Anda manfaat lain.

Berbeda jika Anda melanjutkan pendidikan di Indonesia, untuk kuliah di luar negeri Anda tentu akan membutuhkan persiapan yang lebih banyak lagi.

Lingkungan dan budaya yang berbeda, biaya hidup yang tinggi, sistem belajar yang tidak sama dengan di Indonesia, dan berbagai hal lainnya sangat patut untuk Anda jadikan sebagai pertimbangan.

Baca juga: Kuliah Sambil Kerja? Simak 7 Tips Ini Biar Tidak Keteteran 

Jangan sampai ketika Anda sudah sampai di negara tujuan, Anda merasa tidak nyaman karena Anda tidak mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sejak awal.

Maka dari itu, sebelum Anda terlambat, yuk simak tips berikut ini untuk Anda yang ingin melakukan persiapan melanjutkan kuliah di luar negeri.


Mau Kuliah di Luar Negeri? Persiapkan Dulu 7 Hal Penting Berikut Ini

1Alasan dan Motivasi yang Kuat

persiapan studi di luar negeri

Coba Anda perhatikan lingkungan sekitar Anda. Bisa jadi melanjutkan kuliah di luar negeri menjadi keinginan para generasi muda.

Namun, jangan hanya dengan minat kuliah di luar negeri tinggi, membuat Anda juga ingin mencobanya.

Sangat penting untuk memiliki alasan yang kuat, sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Selain itu, proses penyesuaian diri dan juga belajar di sana bisa saja tidak mudah, sehingga Anda  juga perlu memiliki motivasi yang kuat dalam hal ini.

Pastikan Anda benar-benar siap untuk mandiri dan berjuang untuk memulai hingga menyelesaikan studi Anda nantinya.


2Membuat Rencana yang Matang

persiapan studi ke luar negeri

Jika Anda sudah menemukan alasan yang tepat untuk kuliah di luar negeri, sudah pasti Anda akan langsung menyusun rencana yang matang supaya impian Anda segera terlaksana.

Dari situ, Anda bisa menentukan negara tujuan, universitas yang tepat, jurusan yang akan diambil, biaya hidup dan berbagai hal lainnya perlu kamu ketahui sejak awal.

Baca juga: Tips Mengatur Anggaran untuk Anda yang Kuliah Sambil Bekerja

Jangan merasa bosan untuk mengumpulkan informasi yang akurat sebanyak-banyaknya. Sehingga akan membuat Anda memiliki gambaran yang lebih jelas terkait dengan rencana studi Anda.


3 Mempersiapkan Dokumen Pendukung

persiapan studi ke luar negeri

Setelah Anda sudah menemukan universitas mana yang hendak Anda pilih, Anda harus mencari informasi yang lengkap.

Anda bisa mencari infonya dengan membuka website resmi dari universitas yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai mengenai program studi, mekanisme pembelajaran, biaya kuliah, sampai dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat ke universitas tersebut.

Kemudian, yang terpenting adalah untuk mempersiapkan seluruh dokumen penting lainnya, seperti visa dan passport, supaya Anda bisa lebih tenang sebelum tanggal keberangkatan tiba.

Alangkah baiknya, untuk menyimpan dokumen-dokumen penting tersebut di dalam satu tempat yang aman, sehingga tidak akan tercecer nantinya.


4Mempersiapkan Biaya untuk Hidup di Luar Negeri

persiapan studi ke luar negeri

Tidak bisa dipungkiri bahwa melanjutkan pendidikan di luar negeri akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Baik untuk biaya akomdasi, tempat tinggal maupun kehidupan sehari hari di sana.

Persiapkan budget yang lebih dari jauh-jauh hari supaya impian Anda untuk bisa studi ke luar negeri berjalan lancar.

Nah, untuk Anda yang memiliki kendala persiapan biaya kuliah di luar negeri, Anda bisa mencoba mengajukan pinjaman untuk biaya pendidikan Anda di KoinPintar dari KoinWorks.

KoinPintar adalah salah satu bentuk pinjaman KoinWorks untuk pembiayaan pendidikan baik untuk pendidikan formal maupun non formal.

Pinjaman tersebut bisa Anda diangsur mulai dari 3 bulan hingga 24 bulan. Bahkan Anda juga bisa mengangsurnya selama 10 tahun melalui program KoinPintar, yaitu DEKADE (Dana Edukasi Masa Depan). Tentunya dengan bunga mulai dari 0,75% flat per-bulan.

Baca juga: Dukung Genarasi Muda, KoinWorks Mengadakan Program DEKADE

Bagaimana? Cukup menarik bukan? Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir memikirkan biaya untuk melanjutkan pendidikan Anda ke luar negeri.


5Mengikuti Kursus Bahasa

persiapan studi di luar negeri

Tentunya salah satu persiapan yang jangan sampai Anda lupakan adalah dengan mengasah bahasa asing Anda.

Tentunya dengan Anda tidak ingin kan terjadinya kesulitan untuk bersosialisasi dan ketinggalan pelajaran hanya karena terhalang oleh pengetahuan bahasa yang sangat minim?

Maka dari itu, Anda harus meluangkan waktu untuk mempelajari bahasa yang digunakan di negara tersebut, misalnya Bahasa Inggris jika kamu ingin kuliah di Amerika Serikat, Inggris, Eropa dan sebagainya.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Favorit di Tahun 2020

Maka, tidak ada salahnya mengambil kursus bahasa di tempat yang memiliki akreditasi bagus atau Anda bisa belajar secara otodidak melalui internet.

Dengan begitu, selama menempuh pendidikan di luar negeri akan berjalan dengan aman, sebab sudah menguasai bahasa yang digunakan di negera yang akan dituju.


6Mempelajari Budaya Negara yang Anda Tuju

persiapan studi ke luar negeri

Pastikan Anda untuk mempelajari adat dan budaya negara yang Anda tuju. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru Anda.

Selain itu, pahami juga cara bertahan hidup di luar negeri, terutama jika Anda memilih negara dengan 4 musim sebagai negara tujuan. Jangan sampai Anda mengalami masalah kesehatan ketika kuliah nanti, hanya karena mangabaikan hal yang satu ini.


7Membangun Koneksi

belajar teman perpustakaan- persiapan studi ke luar negeri

Untuk memulai kehidupan baru di luar negeri tentunya butuh persiapan yang benar-benar matang.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda memiliki kenalan yang bisa memberikan Anda saran yang tepat untuk bisa bertahan di negeri asing.

Jika kebetulan lingkungan sekitar Anda  ada yang pernah tinggal di negara tujuan, jangan sungkan untuk lebih kenal.

Baca juga: Salah Pilih Jurusan Kuliah? Ini Dia Solusinya!

Tujuannya bukan untuk memanfaatkan, tapi setidaknya Anda gambaran lebih detail atau untuk bertukar pikiran sebelum kuliah dimulai.


Nah! Berikut tadi adalah 7 persiapan penting yang harus Anda siapkan sebelum Anda memutuskan untuk melanjutkan studi Anda di luar negeri.

Ingat, jangan sampai dengan Anda tidak mempersiapkannya secara matang, rencana Anda malah jadi berantakan.

Selamat mencoba.


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.