Merasa Salah Pilih Jurusan Kuliah? Jangan Diam Saja, Ini 7 Solusinya! – Merasa tidak cocok dengan jurusan kuliah yang sudah dipilih setelah menjalani tahun pertama kuliah?

Lalu, masih bingung untuk menentukan apa yang harus Anda lakukan jika sudah mengambil suatu program studi kemudian di tengah jalan merasa tidak cocok dengan apa yang sudah kamu pelajari?

Haruskah berhenti dan memulai jurusan yang baru atau tetap melanjutkannya meskipun dengan perasaan yang berat?

Sebenarnya terdapat beberapa faktor bisa menjadi penyebab Anda merasa salah memilih jurusan kuliah, antara lain :

  1. Pilihan karena bukan kemauan sendiri. Sehingga menyebabkan Anda memilih jurusan berdasarkan yang mereka katakan bukan berdasarkan kemauan dan minat Anda sendiri
  2. Memilih jurusan hanya karena ikut-ikutan teman atau demi gengsi.
  3. Belum mengenal diri Anda sendiri. Kurangnya pemahaman minat atas diri sendiri membuat Anda akhirnya memilih jurusan secara asal.

Namun, jika Anda sudah terlanjur mengalami permasalahan tersebut, Jangan bingung! Ini dia 5 solusi untuk Anda yang merasa salah pilih jurusan kuliah.

Merasa Salah Pilih Jurusan Kuliah? Jangan Diam Saja, Ini 7 Solusinya!

1Pastikan Jika Anda Yakin Salah Memilih Kuliah, Jangan Hanya Bosan

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari - orang terkarya di dunia nomor 2 - bill gates

Ketika Anda merasa salah memilih jurusan, pastikan kembali apakah Anda hanya sekedar panik atau belum bisa beradaptasi dengan mata kuliah yang diberikan. Belum bisa beradaptasi dengan lingkungan kampus juga bisa mejadi salah satu faktornya.

Coba Anda yakinkan diri Anda dahulu dengan ikut kegiatan organisasi yang bisa mendukung perkuliahan Anda atau sering berbaur dengan teman-teman Anda di lingkungan kampus.

Namun jika Anda tetap merasa clueless atau bahkan memiliki minat yang sangat berbeda dengan jurusan yang Anda pilih, kemungkinan Anda memang mengalami salah jurusan.


2Ikuti UKM atau Organisasi

tugas-kuliah-jurusan-dkv - 5 Jurusan Kuliah Favorit yang Akan Dibutuhkan 2020 Mendatang! - Yuk, Lakukan 5 Kegiatan Produktif Ini Saat Menunda Kuliah atau Gap Year!

Coba Anda perhatikan UKM atau organisasi yang tersedia di kampus Anda. Apakah ada kegiatan yang sesuai dengan minat Anda?

Contohnya jika Anda kuliah di fakultas kedokteran namun Anda tertarik dengan penyiaran, Anda bisa bergabung UKM broadcasting atau siaran radio. Selain bisa belajar hal baru, Anda juga bisa mendapatkan teman baru antar jurusan, lho!


3Ikuti Kursus Sesuai Minat

sekolah-pendidikan-ilmu-Anda pun Boleh Boros, Asalkan...

Menambah ilmu untuk menunjang karier ke depannya tidak hanya dari kuliah kok. Jika memang merasa salah memilih jurusan, Anda bisa mengikuti kursus atau workshop.

Baca Juga: PTS Bisa Jadi Pilihan Saat Tak Lolos SBMPTN 2019, Ini Tips Memilihnya!

Di jaman sekarang tidak sulit untuk menemukan kursus untuk meningkatkan soft sklill yang Anda miliki. Anda bisa melakukan kursus atau workshop baik secara online ataupun hadir ke lokasi dengan durasi kursus yang singkat, yaitu sekitar 3-6 bulan.


4Ikuti Program Magang

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari

Jika Anda merasa bahwa mengikuti kursus atau workshop akan mengeluarkan biaya lebih, cobalah untuk mengikuti kegiatan magang atau volunteer yang sesuai dengan minat Anda.

Selain soft skill dan hard skill yang sudah pasti akan bertambah, mengikuti pengalaman magang di suatu perusahaan atau instansi akan memberikan Anda pengalaman di dunia kerja.

Tentunya Anda akan mendapatkan penghasilan dari kegiatan magang tersebut.


5Ambil S2 yang Sesuai dengan Minat

belajar-buku-online-pendidikan - 7 Tipe Pembelajar Ini Mendeskripsikan Diri Anda

Jika memang Anda memiliki rencana untuk lanjut kuliah S2, keputusan tersebut adalah waktu yang tepat untuk masuk ke jurusan yang memang sesuai dengan minat Anda.

Meskipun jurusan yang Anda pilih ketika S1 dan S2 sangat berbeda akan menimbulkan sedikit kesulitan di awal,  namun positifnya adalah pengetahuan Anda bisa semakin luas.


6Terjun di Dunia Kerja

7 Karakteristik Desainer Hebat yang Bisa Anda Miliki - seni a - 5 Keterampilan yang Sulit Dipelajari, Tapi Memberi Manfaat Jangka Panjang - 10 Hal yang Harus Diketahui Setiap Wanita tentang Keuangan 0 - 5 Alasan Orang Menghabiskan Uang yang Tidak Mereka Miliki - uang - kaya - 6 Hal yang Harus Diperbaiki Setelah Lulus Kuliah - kemampuan kerja

Banyak orang yang ketika sudah saatnya memulai karier merka di dunia kerja mengambil profesi yang sangat berbeda dengan jurusan kuliahnya.

Contohnya ketika ia bekerja di jurusan teknik industri, namun ketika bekerja mengambil profesi sebagai wartawan.

Baca juga: 9 Tindakan Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Meskipun hal tersebut akan membuat Anda kesulitan atau ketinggalan jika dibandingkan dengan teman Anda yang mengambil jurusan dan karier yang sesuai, jika Anda memiliki bakat dan minat di profesi yang sudah Anda pilih hal tersebut tidak akan menjadi masalah dan pastinya Anda akan mendapatkan banyak ilmu baru.


7Jangan Ragu untuk Mengambil Double Degree

belajar-buku-pendidikan-kuliah - 7 Tipe Pembelajar Ini Mendeskripsikan Diri Anda

Mengambil double degree berbeda dengan melanjutkan S2. Anda bisa mengaambil kuliah lagi dengan juusan yang sesuai dengan minat Anda. Anda pun bisa mendapatkan dua ijazah sekaligus.

Namun, terdapat kendala jika Anda ingin mengambil kuliah lagi dan mendapatkan dua gelar. Hal tersebut memungkinkan Anda mengeluarkan biaya perkuliahan lagi.

Baca Juga: 4 Cara yang Bisa Diterapkan Untuk Membayar Biaya Kuliah Anda

Bersama KoinPintar, Anda tida perlu khawatir dengan biaya kuliah yang baru.

KoinPintar dari KoinWorks mempermudah para mahasiswa dengan menyediakan pinjaman dana pendidikan. KoinPintar memiliki bunga yang sangat rendah, yaitu mulai dari 9% saja per tahunnya atau hanya sebesar 0,75% per bulan.

Tingkat bunga tersebut sangat rendah, jika dibandingkan dengan institusi keuangan yang lainnya.

Semoga informasi berikut bisa berguna untuk Anda yang sedang merasa salah memilih jurusan kuliah.

Apakah Anda tertarik dengan KoinPintar dan ingin mempelajari lebih lanjut? Klik di sini.


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.