Lebih Hemat Ngekos, Ngontrak atau Sewa Apartemen?

Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan - lebih hemat ngekos, ngontrak atau sewa apartemen

Lebih Hemat Ngekos, Ngontrak atau Sewa Apartemen? Ini Pertimbangannya! – Ketika kamu memutuskan untuk tinggal sendiri karena harus merantau atau memang ingin belajar mandiri tentu akan mencari tempat tinggal baru.

Mencari tempat tinggal baru di daerah asing yang sebelumnya tak pernah kamu kunjungi, memang sedikit sulit. Apalagi, saat ini banyak pilihan tempat yang dapat dipilih dan semakin membuat bingung.

Tetapi apapun pilihannya, tentu perihal biaya akan menjadi faktor penentu akhir.

Dari berbagai pilihan yang ada, pasti kamu akan menimbang dengan keadaan sekarang, lebih hemat ngekos, ngontrak atau sewa apartemen?

Sebenarnya, jawabannya akan kembali pada kondisi dan kebutuhan masing-masing individu. Namun, jangan khawatir, karena berikut ini kami akan membantu kamu memberikan beberapa pertimbangan untuk menentukan pilihan tepat.


Lebih Hemat Ngekos, Ngontrak atau Sewa Apartemen? Ini Pertimbangannya!

Status Saat Ini

mengasah keterampilan mengubah karir - 7 Faktor yang Mempengaruhi Peluang Promosi di Tempat Bekerja - tips investasi untuk anak muda - lebih hemat ngekos, ngontrak atau sewa apartemen

Hal pertama untuk mengetahui lebih hemat ngekos, ngontrak atau sewa apartemen, kamu boleh mempertimbangkan status kamu.

Ketika kamu masih sendiri, ngekos bisa menjadi pilihan terbaik untuk tempat tinggal.

Buat seseorang yang hidup sendiri, tinggal di sebuah kamar yang tak terlalu luas akan lebih dari cukup, selain itu kamu juga tak memerlukan banyak perabotan yang mengharuskan tempat luas.

Baca Juga: Makan Siang di Kantor, Lebih Hemat Masak Sendiri atau Beli?

Menyewa kosan, akan lebih hemat daripada kamu harus mengontrak atau sewa apartemen.

Pilih kosan yang memiliki tempat strategis dan dekat dengan kantor atau kampus, dengan begitu kamu tak perlu keluar ongkos banyak.

Nah, akan tetapi kalau kamu sudah memiliki pasangan (menikah), tinggal di kontrakan adalah pilihan tepat.

Walaupun sebenarnya ada kosan yang diperuntukan untuk pasangan. akan tetapi tinggal di kontrakan akan lebih menguntungkan karena kamu jadi punya ruang untuk mengumpulkan perabitan rumah tangga.

Tak hanya lebih hemat karena biaya bulanan dibagi dua, kamu juga bisa mengumpulkan uang lebih semangat agar bisa memiliki rumah.


Lokasi Tempat Tinggal

sukses - senang - bahagia - karyawan kantoran - pebisnis (9) - lebih hemat ngekos, ngontrak atau sewa apartemen

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui lebih hemat ngekos, ngontrak atau Sewa Apartemen adalah dengan memertimbangkan lokasinya.

Biasanya, jika kamu ingin tinggal di tempat yang strategis di pusat kota, sewa apartemen adalah pilihan tepat.

Lokasi dari perkantoran biasanya dikelilingi denga gedung-gedung apartemen. Tentu saja, hal ini membuat jarak kantor dan tempat tinggal kamu lebih dekat dan menghemat waktu.

Baca Juga: 10 Kota Terbaik untuk Masa Pensiun, Yuk Tentukan dari Sekarang

Kalau sudah begitu, tentu kamu tak perlu mengerluakan banyak dana untuk transportasi.

Nah, tapi jika kamu tak masalah dengan jarak yang agak jauh, kosan atau kontrakan bisa jadi pilihan.

Sebenarnya, ada juga kosan atau kontrakan yang letaknya di pusat kota, namun biasanya harganya akan jauh lebih mahal untuk sebuah kosan atau kontrakan.


Lingkungan Tempat Tinggal 

manfaat ngekos - rumah jauh dari kantor

Nah, selanjutnya kamu bisa mempertimbangkan urusan lingkungan tempat tinggal.

Jika kamu butuh tempat yang memiliki privasi dan keamanan tinggi, tentu saja sewa apartemen adalah pilihan terbaik.

Bagi beberapa orang, tempat tinggal adalah tempat beristirahat dan harus memiliki suasana tenang serta jauh dari hingar-bingar, setelah seharian beraktivitas.

Maka dari itu, apartemen adalah pilihan terbaik bagi mereka yang butuh tempat private.

Tetapi, lain lagi jika kamu adalah orang yang suka keramaian, ngekos atau ngontrak yang notebennya membaur dengan orang lain, adalah pilihan tepat.

Ketika ngekos, bukan tidak mungkin kamu akan tinggal serumah dengan orang lain.

Begitu pun dengan ngekos, kamu akan membaur dengan lingkungan yang kanan-kirinya adalah masyarakat umum.


Biaya yang Ada

tabungan-rekening-menikah-buku-tagihan

Pertimbangan paling terakhir yang menentukan adalah persoalan biaya. Ya, apa pun pilihan kamu,  semuanya akan kembali pada dana yang kamu miliki.

Kalau berbicara soal biaya, sebenarnya semua pilihan menyediakan berbagai macam harga. Mulai dari yang murah hingga mahal, dan tentu saja semua pilihan berbanding lurus dengan kualitas.

Saat ini, ngekos paling murah di Jakarta harganya sekitar 900-2 juta tentunya dengan fasilitas kamar seadanya dan kamar mandi bersama.

kamu juga bisa mendapatkan kamar kos yang mewah dengan harga mulai dari 3 – 5 juta. Walaupun mahal, tetapi biasanya fasilitas yang kamu dapatkan juga beragam.

Baca Juga: Ini Dia Cara Mudah Berhenti Merokok dan Menghitung Biaya Penghematannya!

Sedangkan untuk kontrakan, kamu bisa mendapatkan dengan harga mulai dari 1-5 juta per bulan tergantung dengan luas rumah. Namun, kamu harus ingat bahwa ketika memutuskan untuk ngontrak, kamu akan mendapatkan ruangan kosong tanpa fasilitas, namun biasanya luasnya akan lebih dari kosan.

Terakhir, jika kamu memutuskan untuk sewa apartemen, harga paling murah adalah sekitar 5 jutaan, untuk tipe studio. Namun, kamu juga harus tahu bahwa harga tersebut belum termasuk biaya maintenance, listrik, dan lain sebagainya.

Nah, dari pilihan-pilihan di atas, sudah tahu akhirnya mau menentukan yang mana?

Semua kembali lagi dengan ketersediaan dana, dan kemampuan kamu dalam membayar.

Jangan sampai, kamu kesulitan untuk membayar apalagi sampai menunggak, karena hal ini tentu akan menyulitkan kamu nantinya.

Maka dari itu setelah menentukan mau memilih yang mana, jangan lupa untuk mengumpulkan dan mempersiapkan dananya.

Mungkin kamu sudah menabung, namun tahukah kamu kalau hal itu saja tidak cukup?

Menabung hanya akan mengamankan nilai mata uang kamu, sedangkan setiap tahunnya ada inflasi yang menggerus nilai mata uang. Solusinya selain menabung kamu juga harus berinvestasi.

Tenang, jika kamu seorang pemula, saat ini sudah tersedia investasi alternatif dengan modal awal terjangkau dan hasil imbal maksimal, dengan mendanai di KoinP2P dari KoinWorks, Super Financial App.

KoinWorks sendiri sudah berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bersertifikasi ISO:27001.

Hanya dengan modal awal Rp100.000 kamu bisa menjadi seorang Pendana dan mendapatkan hasil imbal mulai dari 18% – 21,32% per  tahun.

Berikut adalah pengalaman dari Pendana di KoinWorks, yuk lihat!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Firda Nur Asmita

Firda Nur Asmita

As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.