5 Tips Membuat Slide Presentasi (Power Point) yang Menarik agar Tidak Membosankan – Presentasi yang buruk adalah saat Anda menempatkan semua orang merasa bosan dan mengantuk dengan presentasi tersebut.

Meskipun keberhasilan presentasi sangat bergantung pada kemampuan pembicara untuk melibatkan pemirsa, Anda tidak boleh meremehkan pentingnya slide presentasi.

Slide presentasi yang buruk akan mengalihkan perhatian audiens dan melemahkan kredibilitas Anda sebagai seorang pembicara.

Untuk itulah diperlukan beberapa cara untuk membantu Anda membuat slide yang menarik, ketika Anda sambil belajar Power Point atau software presentasi lainnya.

Simak pembahasannya di bawah ini:

5 Tips Membuat Slide Presentasi (PPT) yang Menarik agar Tidak Membosankan

1Memiliki Kerangka yang Jelas

3 Persyaratan yang Dapat Dilakukan Agar Mendapatkan Promosi Jabatan

Kerangka presentasi yang bagus biasanya memiliki awalan, tengah, dan akhir yang solid. Mulailah presentasi dengan skenario atau pertanyaan yang menarik perhatian.

Kemudian lanjutkan dengan menawarkan ringkasan ppt tentang apa saja yang disajikan dalam presentasi tersebut.

Jangan lupa untuk mengakhiri presentasi dengan ajakan untuk bertindak dan meminta audiens mengikuti apa yang telah dikatakan.


2Menggunakan Desain yang Sederhana

6 Tips Agar Anda Bisa Memberikan Presentasi Secara Profesional

Tidak ada yang lebih mengganggu daripada slide yang terlalu banyak desain, warna mencolok, dan teks yang berlebihan.

Kami menyarankan Anda untuk menggunakan warna maksimal 3 dan menggunakan latar belakang dengan menggunakan warna putih atau netral. Gunakan font yang sederhana dan jangan terlalu banyak desain yang membingungkan.


3Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Teks

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari

Anda mungkin saja ingin meletakkan semua hal yang akan dikatakan pada slide agar audiens mudah memahami penjelasan Anda.

Hal yang perlu dipahami adalah cara demikian bukanlah cara yang paling menarik untuk menyampaikan presentasi.

Jika Anda memberikan semua informasi pada power point di depan, maka audiens akan cenderung fokus pada monitor / proyektor daripada apa yang Anda katakan.

Cukup gunakan beberapa kata kunci dan penjelasan di dalam presentasi Anda. Dengan demikian, para audiens cenderung lebih memperhatikan apa yang sedang disampaikan.


4Menggunakan Gambar Sebagai Fokus Utama

6 Tips Agar Anda Bisa Memberikan Presentasi Secara Profesional

Presentasi yang menarik adalah kemampuan Anda untuk menggunakan gambar yang bagus dan berkualitas baik. Carilah gambar yang mencerminkan tema yang sedang dibahas dan nada yang akan Anda sampaikan.

Misalnya saja, Anda akan melakukan presentasi agar menjadi lebih produktif, maka gambar yang bisa digunakan adalah gambar yang menginspirasi dan membawa kebahagiaan para audiens.


5Menggunakan Grafik yang Menarik

Miliki Peraturan Sendiri

Salah satu cara yang paling efektif untuk menampilkan banyak informasi dalam satu tempat adalah dengan menggunakan grafik atau bagan.

Grafik bisa membantu Anda untuk menyampaikan tren yang terjadi, misalnya tentang turun dan naiknya pendapatan dan lain sebagainya.

Terapkan 5 teknik dan kiat di atas untuk membuat slide presentasi yang efektif dan menarik perhatian. Jangan sampai presentasi yang dilakukan membuat banyak orang merasa bosan dan tidak tertarik.

Selain menggunakan power point yang menarik, jangan lupa untuk memperhatikan cara menyampaikan pesan kepada audiens.

Anda bisa mencoba untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi dengan mengikuti pendidikan atau kursus di bidang public speaking. Pendidikan yang diikuti memungkinkan Anda menemukan mentor dan guru yang bisa mengajarkan keterampilan komunikasi menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Namun, bukankah mengikuti pendidikan membutuhkan biaya?

Memang benar, tapi Anda tidak perlu khawatir dengan masalah di atas. Saat ini telah tersedia fasilitas pinjaman dana yang bisa dimanfaatkan agar Anda bisa mengikuti pendidikan atau kursus.

KoinPintar mampu memberikan pinjaman dana khusus untuk Anda yang ingin belajar public speakingSuku bunga rendah yang ditawarkan mulai dari 0,75% per bulan saja. Kemudian, jika Anda menggunakan fasilitas dari KoinPintar, Anda bisa melakukan cicilan pinjaman sampai 12 bulan ke depan.

Yang menarik, fasilitas pinjaman dana pendidikan dari KoinPintar bisa Anda manfaatkan untuk menjalani pendidikan formal, lho! Dengan demikian, Anda bisa menempa diri dengan beragam ilmu bermanfaat, tanpa harus terbebani dengan biaya yang mahal.

Tertarik untuk mendapatkan dana pendidikan dari KoinPintar?


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.