7 Teknik Membuat Keputusan Keuangan yang Lebih Cerdas, Patut Ditiru!

7 Teknik Membuat Keputusan Keuangan yang Lebih Cerdas, Patut Ditiru! (3) - Mengajar Anak Mengelola Keuangan Lewat 5 Hadiah Ini - 3 Alasan Pentingnya Melakukan Financial Check Up Sejak Dini - 5 Keputusan Kecil yang Bisa Memperbaiki Kondisi Keuangan Anda Saat Ini - Ini Ramalan Keuangan Berdasarkan Shio pada Tahun Babi Tanah 2019

7 Teknik Membuat Keputusan Keuangan yang Lebih Cerdas, Patut Ditiru! – Keputusan keuangan yang diambil saat ini akan sangat menentukan hasil keuangan yang Anda dapatkan di masa depan.

Jika Anda termasuk orang yang boros dan tidak suka berhemat, maka jangan salahkan orang lain, jika di masa depan Anda tidak memiliki sejumlah aset dan tabungan yang memadai.

Baca juga: #UntungNyoba: Pesta Hadiah untuk Peminjam KoinWorks & Mitra Toppers

Hukum sebab akibat akan berlaku di sini yang artinya hasil yang didapatkan di masa depan sangat tergantung dari apa yang Anda lakukan saat ini. Jadilah orang yang mampu membuat keputusan keuangan dengan cerdas!

Berikut ini 7 teknik membuat keputusan keuangan yang lebih cerdas. Selamat menerapkannya, ya!

7 Teknik Membuat Keputusan Keuangan yang Lebih Cerdas, Patut Ditiru!

Sisihkan Pendapatan Secara Otomatis

Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil - Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan

Inilah dia teknik membuat keputusan keuangan yang lebih cerdas yang bisa Anda lakukan. Ada sebagian karyawan yang bekerja dan memiliki penghasilan yang tinggi, tetapi hanya memiliki jumlah tabungan dan investasi yang sangat sedikit.

Baca juga: Kiat Cerdas Mengelola Bonus dari Perusahaan dengan Bijak

Kesulitan untuk menabung sebenarnya bisa diatasi dengan menggunakan sistem auto debit yang telah tersedia di perbankan. Sistem seperti ini memungkinkan Anda untuk melakukan transfer secara otomatis dari satu akun ke akun yang lainnya.

Dengan demikian, Anda bisa mengatur berapa jumlah yang akan disisihkan setiap bulannya dan ditransfer ke salah satu akun tabungan.


Miliki Anggaran Untuk Bersenang-Senang

cara berhemat yang salah - berhemat di bulan puasa - pengeluaran sehari-hari

Teknik yang selanjutnya ini mungkin terdengar aneh dan tidak biasa, tetapi yakinlah memiliki anggaran untuk bersenang-senang akan sangat membantu Anda membuat keputusan keuangan dengan lebih baik.

Baca juga: 6 Tips Hemat Banyak Uang Saat Membeli Perabot Rumah

Tidak ada salahnya untuk menyisihkan sebagian pendapatan yang Anda miliki untuk menikmati makan malam bersama pasangan atau sekedar berjalan-jalan ke mall.

Jika tidak memiliki anggaran untuk bersenang-senang, maka Anda akan lebih mudah frustasi dengan anggaran yang sudah dibuat dan akhirnya bisa menyerah dan tidak mau lagi melakukannya.


Miliki Keinginan yang Kuat

Tips Hidup Hemat di Jakarta - 7 Cara Hidup Enak Sambil Tetap Bisa Menabung dan Berinvestasi

Kemauan dan tekad akan menjadi api yang mampu membakar semangat Anda untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Miliki keinginan yang kuat dan berikan alasan mengapa Anda ingin mencapainya di masa depan. Keinginan yang kuat akan sangat membantu Anda untuk membuat keputusan keuangan yang lebih cerdas.


Pertimbangkan Baik dan Buruknya

Membuat Anggaran Untuk Beragam Kebutuhan Keuangan - mematuhi anggaran keuangan

Untuk membuat keputusan keuangan yang lebih cerdas, Anda perlu mempertimbangkan sisi baik dan sisi buruknya.

Apabila Anda memiliki keputusan keuangan yang memang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari Anda, mengapa tidak? Namun di sisi lain, pertimbangkan pula dampak buruk yang mungkin didapatkan dari keputusan yang Anda buat.


Bertanya pada Diri Sendiri

12 Tujuan Keuangan Pada Usia 30 Tahun yang Harus Dicapai (6) - utang - kartu kredit - 9 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit, Yuk Jangan Boros!

Banyak masyarakat yang melakukan pembelian tanpa menimbang dan berpikir terlebih dahulu. Mereka tidak mengetahui, apakah barang yang dibeli masuk dalam kebutuhan atau hanya sekedar keinginan saja.

Solusinya adalah mulailah bertanya kepada diri sendiri mengapa Anda perlu melakukan suatu pembelian.


Kendalikan Emosi Anda

orang kaya - milyarder - tajir - uang

Kemampuan Anda untuk mengendalikan gaya hidup dan pengeluaran akan sangat menentukan apakah Anda akan menjadi kaya atau miskin di masa depan.

Banyak sekali orang yang berpenghasilan besar, tetapi memiliki sedikit sekali jumlah uang yang ada di tabungan mereka.

Baca juga: 5 Manfaat Terbebas dari Utang yang Bikin Kondisi Finansial Anda Membaik

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Jawabannya sangat sederhana yaitu mereka membelanjakan semua uang yang mereka hasilkan.

Artinya saat terjadi peningkatan pendapatan, mereka juga akan membelanjakan uang lebih banyak dari sebelumnya.

Jangan menggunakan emosi saat akan berbelanja dan mengeluarkan uang, pertimbangkan dengan baik setiap keputusan yang akan Anda ambil.

Saat Anda mampu mengendalikan pengeluaran setiap bulan, artinya akan ada lebih banyak dana yang bisa ditabung dan diinvestasikan setiap bulannya. KoinWorks bisa menjadi salah satu solusi investasi peer to peer lending yang bisa Anda lakukan.

Melalui KoinWorks, Anda bisa mulai mendanai hanya dengan modal minimal Rp100.000 saja. Nilai uang yang tidak terlalu besar dan hampir bisa dilakukan oleh sebagian masyarakat di Indonesia.


Ambil Sikap dan Buat Sebuah Keputusan

aturan penting saat membangun kekayaan

Banyak orang yang dibuat bingung dengan keputusan keuangan yang dianggapnya rumit dan berbelit-belit. Dengan demikian, pada akhirnya mereka tidak mengambil sikap dan tidak berbuat apapun berkaitan dengan keuangan yang dimiliki.

Tidak ada yang sulit di dunia ini, sebab ada banyak sekali cara untuk mempelajari permasalahan keuangan yang terjadi.

Baca juga: 7 Ciri-ciri Pecandu Belanja, Apakah Anda Salah Satunya?

Anda bisa membaca buku tentang investasi dari penulis yang ternama atau bisa mengunjungi situs pengelolaan keuangan sebagai tempat belajar.

Biasakan diri Anda untuk bersikap tegas dan mengambil keputusan tentang keuangan keluarga dan pribadi. Salah satu keputusan tersebut adalah dengan berinvestasi untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan.

Nah, 7 teknik membuat keputusan keuangan yang lebih cerdas. Kemampuan mengambil keputusan yang lebih baik akan sangat membantu Anda meraih masa depan keuangan yang lebih baik juga.

Semoga bermanfaat!

 

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Wahyu Utama

Wahyu Utama

Freelance Content Writer
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.