7 Ciri-ciri Pecandu Belanja, Apakah Anda Salah Satunya? – Segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik untuk dilakukan, begitu juga dengan kebiasaan berbelanja impulsif yang pada akhirnya bisa membawa pada permasalahan keuangan di dalam rumah tangga.

Penghasilan yang dihabiskan hanya untuk memenuhi keinginan berbelanja membuat Anda kesulitan untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk disimpan dan diinvestasikan.

Padahal kedua hal tersebut sangat penting untuk dilakukan untuk mencapai berbagai tujuan keuangan di masa depan. Melihat dampak negatif di atas, sebaiknya Anda mulai mengurangi kebiasaan berbelanja yang berlebihan.

Berikut ini adalah 7 ciri-ciri pecandu belanja. Apalah Anda termasuk salah satunya? Yuk, cari tahu di artikel ini.

7 Ciri-ciri Pecandu Belanja, Apakah Anda Salah Satunya?

1Ada Banyak Barang yang Tidak Sempat Dibuka

5 Manfaat Terbebas dari Utang - 5 Cara Menghentikan Kebiasaan Berbelanja Secara Impulsif

Coba Anda perhatikan semua barang yang pernah dibeli dan lihat apakah ada beberapa barang yang belum sempat dibuka dan digunakan.

Barang yang sudah dibeli, tetapi belum sempat digunakan menunjukkan bahwa Anda melakukan pembelanjaan yang berlebihan dan tidak sesuai dengan kebutuhan.


2Anda Sering Membeli Barang yang Tidak Diperlukan

Ciri yang selanjutnya adalah Anda melakukan pembelanjaan dengan tidak terlebih dahulu menimbang dan berpikir secara rasional.

Pola pembelian yang Anda lakukan berdasarkan emosi sesaat saja. Hal ini membuat Anda sangat rentan untuk tergoda dengan penawaran yang baru meskipun sebenarnya tidak terlalu membutuhkan barang tersebut.


3Frustasi dan Stres Membuat Anda Terdorong Untuk Berbelanja

akibat-kartu kredit-utang

Kebiasaan melakukan pembelanjaan berlebihan seringkali dialami oleh orang-orang yang kesepian, kurang percaya diri, dan masalah mental lainnya.

Aktivitas belanja yang dilakukan merupakan upaya yang dilakukan untuk mengisi kekosongan emosional yang sedang dirasakan.

Solusinya adalah sebaiknya Anda melakukan aktivitas belanja pada saat emosi sedang stabil agar bisa berpikir lebih rasional.


4Anda Mudah Kegirangan Saat Akan Membeli Sesuatu

belanja baju - pakaian - shopping - 7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren, Bijaklah Menghabiskan Uang

Hal yang perlu Anda pahami adalah shopaholic akan merasakan adrenalin yang tinggi bukan saat mereka memiliki sesuatu barang, tetapi dari tindakan pembelian yang dilakukannya.

Mereka sangat mudah merasa senang saat melihat barang yang diinginkan dan akhirnya mulai mempertimbangkan untuk membelinya. Perasaan senang saat berbelanja inilah yang akan menjadi candu atau adiktif.


5Merasa Menyesal Setelah Membeli Sesuatu

Cara Cerdas Menghemat Anggaran Belanja Pakaian

Pembelian yang dilakukan secara berlebihan, di mana seseorang membeli sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan membuat mereka merasa menyesal setelah membeli.

Hal ini bisa terjadi karena para shopaholic tidak mengedepankan logika dan rasional saat mengambil keputusan untuk membeli.


6Anda Berusaha Menyembunyikan Kebiasaan Berbelanja

belanja baju - pakaian - shopping - 7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren, Bijaklah Menghabiskan Uang! Mau Tampil Maksimal Tanpa Biaya Mahal? Ini Triknya! - belajar self-love

Apabila Anda berusaha untuk menyembunyikan kebiasaan berbelanja, maka bisa saja itu termasuk pertanda bahwa aktivitas yang Anda lakukan tersebut sudah mengorbankan kebahagiaan keluarga, orang terdekat, bahkan pekerjaan.


7Anda Merasa Cemas Saat Tidak Berbelanja

instant delivery - pengiriman cepat - belanja - strategi harga toko online - membuat online shop - cara mengatasi kecanduan belanja online - 5 Kebiasaan Belanja yang Membuat Utang Semakin Menumpuk - 7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren

Satu tanda terakhir yang menunjukkan bahwa Anda termasuk orang yang berlebihan saat berbelanja adalah munculnya perasaan gelisah saat Anda tidak sedang berbelanja dan menghabiskan uang untuk membeli barang.

Apakah Anda memiliki 7 tanda di atas? Jika Anda memiliki tanda-tanda yang sudah dampaikan di atas, jangan khawatir. Masih ada kesempatan bagi Anda untuk berubah dan menghapus kebiasaan buruk yang pernah dilakukan.

Tahukah Anda, mengapa tidak menghapus kebiasaan belanja impulsif Anda dan beralih ke investasi? KoinWorks menjadi salah satu tempat berinvestasi yang bisa dipilih karena beberapa keuntungan yang berpotensi untuk didapatkan.

Pertama, Anda hanya perlu mempersiapkan modal investasi minimal Rp100.000 saja untuk memulai.

Kedua, potensi untuk mendapatkan tingkat imbal hasil yang sangat kompetitif dan mampu mengalahkan laju inflasi tahunan di Indonesia.

Ketiga, Anda bisa ikut terdaftar dan mulai berinvestasi di KoinWorks tanpa perlu repot dengan proses administrasi yang merepotkan, karena semua proses sudah dilakukan secara onlineAyo persiapkan masa depan dari sekarang!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.