Tidak Mau Lembur di Kantor? Rencanakan Kerja Efektif Anda! – Bagi Anda yang suka lembur di kantor, mungkin Anda memiliki permasalahan yang tidak Anda sadari.

Walaupun memang, tidak sepenuhnya permasalahan tersebut timbul karena Anda sendiri, tetapi juga dari limpahan pekerjaan yang mendadak dari atasan (dan diberikan saat sudah lewat dari jam pulang).

Di samping itu, Anda harus pintar mengatur waktu dan membuat rencana kerja yang efektif. Tujuannya agar tidak ada lagi lembur sampai malam, bahkan sampai pagi, di kantor.

Dengan demikian, beban kerja Anda akan sedikit berkurang. Sehingga Anda merasa lebih nyaman dan menikmati seluruh pekerjaan Anda.

Berikut ini ada beberapa tips dalam menyusun rencana kerja efektif yang dapat Anda terapkan dalam keseharian Anda. Simak yuk!


Tidak Mau Lembur di Kantor? Rencanakan Kerja Efektif Anda!

1Hadir di Kantor Lebih Awal

Hadir di Kantor Lebih Awal

Kantor pasti sudah menjadi rumah kedua bagi Anda. Oleh karena itu, usahakan untuk datang lebih pagi agar pekerjaan Anda juga bisa dimulai lebih awal.

Dengan hadir lebih cepat, Anda juga bisa pulang lebih cepat. Namun, kembali lagi pada diri Anda, bagaimana Anda memanfaatkan setiap waktu yang Anda miliki untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan yang ada di hari itu.

Jika Anda biasa datang jam 10 pagi, cobalah biasakan datang jam 8 pagi. Maka Anda juga bisa pulang 2 jam lebih awal.

Waktu yang Anda sia-siakan di awal, akan Anda bayar di penghujung hari. Inilah yang mengharuskan Anda lembur dan menuntaskan pekerjaan yang belum selesai di waktu setelah jam kerja Anda usai.


2Buat Jadwal dan Daftar Pekerjaan

Buat Jadwal dan Daftar Pekerjaan

Satu hari sebelumnya atau di pagi hari, hendaknya Anda membuat daftar pekerjaan yang harus Anda selesaikan demi rencana kerja Anda yang efektif.

Buat dengan tulisan tangan atau diketik, dan sediakan ruang untuk membubuhkan tanda ceklis jika pekerjaan tersebut telah diselesaikan dengan baik.

Anda juga bisa memeriksa setiap progress pekerjaan yang telah Anda kerjakan. Anda pun tidak perlu khawatir akan melewatkan setiap pekerjaan penting Anda karena semuanya telah terekam di catatan yang Anda buat.

Dengan adanya to-do-list ini, memungkinkan Anda lebih teratur dalam menuntaskan setiap pekerjaan. Sehingga Anda pun akan lebih cepat pulang dan tidak perlu lembur di kantor sampai malam.


3Atur Prioritas

Atur Prioritas

Belajarlah memprioritaskan suatu hal, mulai dari yang paling penting dan mendesak, hingga yang tidak telalu penting dan tidak terlalu mendesak.

Caranya, Anda bisa mulai membuat tabel prioritas versi Anda. Bagilah pekerjaan-pekerjaan Anda yang menumpuk menjadi beberapa kategori sesuai dengan prioritas (importance dan urgency) masing-masing.

Dengan mengategorikannya, Anda akan lebih mudah memilah mana yang seharusnya Anda kerjakan terlebih dahulu.

Selesaikan bagian yang paling penting, mendesak, dan paling membutuhkan banyak energi di awal hari Anda. Setelahnya, Anda akan lebih bersemangat karena akan mengerjakan pekerjaan lain yang jauh lebih mudah dan sederhana.

Namun, kembali lagi pada kebiasaan Anda. Hanya Anda yang mengetahui kemampuan diri Anda sendiri. Di mana titik nyaman Anda ketika mengerjakan “sesuatu”, hingga akhirnya menghasilkan “sesuatu” yang memuaskan.


4Fokus di Satu Pekerjaan

Fokus di Satu Pekerjaan

Apakah Anda termasuk seseorang yang gemar mengerjakan suatu hal secara multitasking? Memang, tidak ada yang salah dengan multitasking. Namun, alangkah lebih baiknya Anda memusatkan fokus dan perhatian Anda pada satu pekerjaan.

Misalnya, saat menulis sebuah artikel. Cari terlebih dahulu sumber-sumber yang valid dan lakukan research. Setelah mendapat banyak referensi, barulah Anda bisa menulis isi artikel dari awal hingga akhir berdasarkan referensi-referensi tersebut.

Daripada Anda harus berulang kali membuka google untuk mencari referensi, kemudian beralih ke tulisan artikel, lalu mencari referensi lagi, dan begitu seterusnya sampai akhir. Pasti sangat memusingkan diri Anda.

Selain itu, jauhkan juga hal-hal yang dapat menghancurkan fokus Anda, seperti notifikasi media sosial atau notifikasi pesan di ponsel Anda. Cara terbaik yang bisa dilakukan yaitu mengaturnya dalam mode hening tanpa getar, atau mengubahnya ke mode airplane.

Ini bisa membantu Anda dalam mempertahankan fokus Anda terhadap pekerjaan yang tengah Anda tuntaskan. Kerja Anda pun juga akan lebih efektif dan cepat selesai.


5Tentukan Deadline

Tentukan Deadline

Tenggat waktu atau deadline sangat penting dalam sebuah pekerjaan. Dengan adanya deadline, Anda akan terpacu untuk menyelesaikannya. Jangan coba-coba untuk menundanya karena akan merugikan diri Anda sendiri.

Selalu selesaikan tugas dan pekerjaan Anda maksimal beberapa menit sebelum deadline, serta jangan lupa memeriksanya kembali sebelum deadline Anda berakhir.

Jika memang tidak diberikan tenggat waktu oleh atasan Anda, itu artinya, Anda lah yang harus menetapkannya sendiri. Jangan sampai ada pekerjaan yang terlewat hanya karena atasan Anda tidak memberikan deadline.

Selain kena omelan dari atasan, kebiasaan buruk tersebut akan terus menerus tertanam dalam diri Anda secara tidak sadar. Tentunya Anda sendiri lah yang merasa rugi akibat perbuatan Anda itu.


Nah, itulah beberapa rencana kerja efektif di kantor yang bisa Anda lakukan agar bisa pulang lebih cepat dan tidak perlu lembur sampai malam.

Namun, selain pandai mengatur waktu, Anda juga harus pandai mengatur keuangan demi kebebasan finansial Anda di masa mendatang.

Untuk mewujudkannya, Anda bisa melakukan pendanaan di berbagai perusahaan fintech yang sudah terdaftar di OJK. KoinWorks dapat dijadikan alternatif investasi peer-to-peer lending bagi Anda yang ingin sukses meraih untung berlipat.

Manfaatkan saja uang lembur Anda yang susah payah Anda kumpulkan itu. Lebih baik Anda gunakan untuk mendanai daripada Anda diamkan di dalam rekening bank hingga terkikis habis termakan administrasi.

Hanya dengan Rp100.000, Anda sudah bisa melakukan pendanaan di KoinWorks. Serta, imbal hasil yang Anda peroleh besarnya mencapai 21.32% per tahun.

Tunggu apalagi? Download aplikasi KoinWorks sekarang juga untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak!



Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.