5 Kiat Berbicara di Hadapan Publik yang Didapatkan Dari Pembicara Kelas Dunia – Jika melihat Tony Robbins atau Barrack Obama sedang berbicara di depan umum, akan banyak orang yang ikut tergerak dan terinspirasi.

Setiap orang bisa mendapatkan apa yang dilakukan kedua tokoh pembicara hebat tersebut. Hal yang perlu dilakukan adalah terus mengasah keterampilan berbicara dan melatih keterampilan terus-menerus.

Baca Juga: Introvert Tetap Bisa Menjadi Pembicara Publik yang Hebat, Lakukan Langkah Sukses Berikut Ini

Agar memudahkan Anda menguasai teknik berbicara di hadapan publik, kami telah merangkum 5 tips bermanfaat yang bisa diterapkan.


5 Kiat Berbicara di Hadapan Publik

5Berbicara Untuk Memberi

4 Tips Membantu Anda Menjadi pembicara Luar Biasa - 4 Tips Sukses Menjadi Pembicara Profesional

Kesalahan umum yang banyak dilakukan pembicara publik adalah mereka berbicara di atas panggung dengan tujuan menjual produk atau layanan yang dimiliki.

Hal yang tidak disadari adalah manusia termasuk makhluk sosial dan mereka sangat mudah mengetahui apakah Anda cenderung untuk mengambil sesuatu dari mereka atau memberi.

Baca Juga: 5 Teknik Berbicara Seperti Seorang Pemimpin, Mau Mencobanya?

Orang-orang lebih cenderung percaya dengan pembicara yang memberikan mereka nilai, mengajarkan mereka seseuatu yang baru, dan memberikan mereka ilham daripada pembicara yang hanya bertujuan untuk berjualan.


4Mengatur Nafas Anda

Mengatur pernafasan selama berbicara di hadapan banyak orang akan mengurangi kepanikan yang terjadi.

Baca Juga: 3 Tips Ampuh Untuk Menjadi Seorang Pembicara Publik yang Matang

Tarik nafas secara dalam dan hembuskan secara perlahan untuk menenangkan diri saat sedang berbicara di hadapan banyak orang.

Mengatur nafas juga sangat bermanfaat untuk membuat pikiran tetap fokus pada apa yang sedang dibicarakan.


3Menggunakan Bahasa yang Sederhana dan Mudah Dipahami

sukses - senang - bahagia - karyawan kantoran - pebisnis (9)

Saat Steve Jobs memperkenalkan iPod kepada masyarakat, ia bisa berbicara tentang masa pakai baterai, kemampuan menyimpan file musik, atau kecepatan transfer yang sangat cepat.

Baca Juga: Jangan Meratapi Nasib yang Buruk, Lakukan 2 Hal Sederhana Ini Mengubah Takdir Anda

Hal yang menarik adalah Steve Jobs tidak menggunakan kata-kata teknis saat ia memperkenalkan produk baru Apple. Kalimat yang dikatakannya adalah “iPod, seribu lagu di sakumu.”

Kalimat yang digunakan oleh Steve Jobs jauh lebih sederhana dan bisa dengan mudah dimengerti oleh siapa saja yang tidak mengetahui teknologi seperti ini sebelumnya.


2Menggunakan Jeda Saat Berbicara

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (10) - 5 Cara Bijak Memberikan Umpan Balik Pada Orang Lain - kemampuan kerja

Pembicara terbaik pasti akan memanfaatkan kekuatan jeda yang bisa memberi mereka cukup waktu untuk memikirkan pernyataan yang selanjutnya.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Untuk Mengatasi Rasa Takut Saat Berbicara di Hadapan Banyak Orang

Jangan pernah menggunakan kata-kata “umm” atau “ah”, sebab kata tersebut akan menciptakan suasana gugup di sekitar Anda.


1Melibatkan Audiens yang Mendengar

4 Tips Membantu Anda Menjadi Pembicara Luar Biasa

Otak manusia tidak berkembang secara alami untuk belajar dengan cara ceramah saja. Bahkan, National Training Laboratories menemukan bahwa jenis pembelajaran tertentu akan jauh lebih efektif dilakukan dibandingkan dengan ceramah saja.

Baca Juga: 5 Aturan yang Bisa Diikuti Agar Bisa Belajar Bahasa Apapun Dengan Mudah

Penelitian di atas menunjukkan bahwa hanya sekitar 5% seseorang bisa menyerap informasi saat mereka belajar dengan cara ceramah.

10% informasi bisa terserap dengan metode belajar membaca buku atau tulisan, 20% informasi bisa dipelajari melalu audiovisual, menyerap informasi sebanyak 30% dengan cara melihat demonstrasi, 50% informasi bisa terserap dengan terlibat dalam diskusi kelompok, 75% bisa menyerap informasi jika belajar dengan cara praktek, dan 90% informasi bisa terserap dengan menggunakanya segera atau mengajarkannya kepada orang lain.

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa seberapa hebat presentasi yang dilakukan, para audiens tidak akan belajar optimal dengan cara demikian.

Anda harus melibatkan mereka dengan praktek langsung akan penyerapan informasi bisa optimal.

Baca Juga: 5 Keterampilan Utama yang Mampu Memberikan Manfaat Jangka Panjang

Selain menerapkan 5 kiat presentasi dan berbicara di hadapan publik seperti contoh di atas, Anda juga harus mengoptimalkan kemampuan berbicara dengan cara lain.

Ikuti seminar, pelatihan, dan pendidikan yang berkaitan dengan bidang public speaking.

Bagaimana dengan biaya pendidikan yang harus dibayarkan?

Berkenaan dengan hal di atas, Anda tidak perlu merasa khawatir. KoinPintar bisa membantu masalah di atas dengan pinjaman dana khusus pendidikan yang bisa dimanfaatkan.

Pinjaman dana tersebut memiliki suku bunga yang sangat rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan.

Baca Juga: 3 Harapan Generasi Milenial Terhadap Pekerjaan dan Karier yang Mereka Jalankan

Suku bunga yang sangat rendah jika dibandingkan dengan suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Tidak hanya itu saja, masa pembayaran pinjaman juga bisa dilakukan sampai dengan 12 bulan ke depan. Dengan demikian, Anda tidak perlu membayar biaya pendidikan secara langsung di muka.

Hal yang tidak kalah penting adalah bagi mereka yang ingin mengikuti pendidikan formal, fasilitas pinjaman dana dari KoinPintar juga bisa dimanfaatkan.

Dengan kemudahan tersebut, jangan lagi menjadikan biaya pendidikan yang mahal sebagai kendala untuk tidak mengikuti pendidikan dan keterampilan yang berkualitas.

Kami berharap informasi di atas bisa memudahkan Anda untuk menjadi pembicara yang hebat. Semoga bermanfaat!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.