Introvert Tetap Bisa Menjadi Pembicara Publik yang Hebat, Lakukan Langkah Sukses Berikut Ini – Pasti Anda pernah melihat dan mendengar Barrack Obama berbicara dengan penuh kejelasan, martabat, dan gairah.

Barrack Obama termasuk orang yang mengetahui cara untuk berbicara di hadapan banyak orang. Hal yang menarik, Barrack Obama adalah seorang introvert yang mampu menjadi pembicara publik dengan sangat mengesankan.

Baca Juga: Mau Jadi Pribadi yang Lebih Baik? Ayo Terapkan 6 Kiat Cerdas Berikut Ini

Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Dimana banyak orang yang berpikir bahwa introvert adalah mereka yang tidak terlalu suka dengan keramaian dan pembicara yang hebat pastilah seorang ekstrovert.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk menjelaskan kepada Anda bahwa seorang introvert tetap bisa menjadi pembicara publik yang hebat.

Simak pembahasannya di bawah ini.


Agar Introvert Tetap Bisa Menjadi Pembicara Publik yang Hebat

1Berbicara Itu berhubungan Dengan Teknik

Ini 6 Alasan Utama Mengapa Perusahaan Mau Mempekerjakan Anda, Jangan Salah Melangkah! - membangun bisnis keluarga

Banyak orang yang berpikir bahwa agar bisa berbicara di hadapan publik membutuhkan keberanian. Ekstrovert memiliki keunggulan di sisi ini karena mereka tidak terlalu cemas secara sosial dan mudah berhadapan dengan banyak orang.

Hal yang tidak dipahami disini adalah pembicara publik adalah bukanlah mereka yang paling berani, tetapi mereka yang mengetahui cara atau teknik terbaik.

Pembicara hebat adalah mereka yang bisa menggunakan jeda saat berbicara, mampu menggunakan retorika yang indah, dan bisa menjaga diri tetap tenang di bawah tekanan.

Baca Juga: 7 Langkah Mudah Menjadi Karyawan Berprestasi

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mengendalikan pernafasan serta menggunakan bahasa dan mengeluarkan nada suara yang tepat.

Hal di atas menunjukkan bahwa berbicara di hadapan banyak orang bukan hanya sekedar faktor keberanian saja, tetapi merupakan latihan yang bisa diasah. Berbicara di hadapan banyak orang sama seperti mengendarai mobil atau belajar melukis.


2Introvert Memiliki Sensitivitas

Introvert adalah orang yang berpikir dan pemikiran mereka dapat menghasilkan buah yang sangat menarik. Dalam situasi sosial, mereka dapat lebih sensitif terhadap orang yang ada di sekitar mereka dan dapat melihat setiap isyarat sosial dan perubahan yang terjadi.

Mereka juga akan berpikir tentang apakah seseorang menyukainya, apakah mereka mengatakan hal yang salah, atau mengapa orang lain tidak mengizinkan dirinya untuk masuk ke dalam lingkaran pergaulan.

Baca Juga: 5 Peluang Kerja yang Tersedia Untuk Lulusan Teknologi Informasi (TI), Tertarik?

Kepekaan yang dimiliki oleh introvert menjadi sebuah keuntungan tersendiri, sebab mereka bisa memperhatikan berbagai area perbaikan tentang cara mereka berbicara di hadapan banyak orang.


3Terus Memperbaiki Diri Anda

tips-ampuh-negosiasi-gaji-

Agar bisa menjadi seorang pembicara publik yang hebat, maka Anda harus memiliki mentalitas untuk terus tumbuh. Itu artinya, Anda jangan pernah putus asa dengan kelemahan yang dimiliki dan teruslah melatih area kelemahan dengan pelatihan.

Saat ini telah banyak tersedia pendidikan non-formal yang berkaitan dengan bidang public speaking dan bisa Anda gunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara di hadapan banyak orang.

Baca Juga: 4 Teknik Belajar yang Tepat di Era Keterbukaan Informasi, Benarkah Cara Belajar Anda Selama Ini?

Bagaimana dengan biaya pendidikan yang harus di bayarkan?

Tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, sebab saat ini telah ada solusi pinjaman dan pendidikan yang bisa digunakan. KoinPintar merupakan salah satu produk pinjaman dana khusus pendidikan yang menawarkan suku bunga rendah.

Suku bunga yang ditawarkan mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Pinjaman yang Anda ambil tersebut juga bisa dibayarkan sampai dengan 12 bulan ke depan dan mengangsurnya setiap bulan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung di muka.

Baca Juga: Presentasi yang Baik Itu Diawali dengan 5 Tips Berikut, Sudah Menerapkannya?

Tidak hanya itu saja, setiap bunga dan beban yang timbul atas pinjaman akan diinformasikan secara transparan dan tidak ada yang disembunyikan. Sehingga tidak akan ada bunga yang bertambah atau jumlah cicilan yang berubah selama masa pembayaran.

Berbagai kemudahan di atas bisa terjadi karena KoinPintar bertujuan untuk membantu seluruh masyarakat di Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya yang mahal.


4Beberapa Perbaikan yang Bisa Anda Lakukan

pemimpin karismatik memiliki tujuan saat bicara

Banyak studi yang mengungkapkan bahwa rentang nada yang luas dan bervariasi sangat erat dengan karisma seseorang. Di sisi yang lain, jika Anda menggunakan nada yang monoton, maka Anda akan terlihat sangat membosankan.

Belajar untuk berbicara dengan energi dan menggunakan wajah Anda untuk mengekspresikan apa yang sedang dikatakan.

Baca Juga: Gugup Saat Akan Presentasi? Ini 5 Tips Presentasi untuk Menenangkan Diri saat Tampil di Depan Umum

Selanjutnya, Anda juga bisa membangun hubungan dengan para pendengar atau audiens. Pembicara yang hebat adalah mereka yang bisa seolah-olah berbicara langsung kepada Anda.

Hal ini bisa terjadi karena mereka mengetahui apa yang Anda pikirkan dan mengetahui bagaimana menjawab setiap pertanyaan yang ada di dalam benak Anda.

Dari pembahasan di atas dapat kita ketahui bahwa seorang introvert tetap bisa menjadi seorang pembicara publik yang hebat dengan cara terus melatih keterampilan mereka. KoinPintar akan membantu Anda dengan pinjaman dana pendidikan untuk melatih keterampilan yang diminati.

Semoga bermanfaat!

 


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.