4 Teknik Belajar yang Tepat di Era Keterbukaan Informasi, Benarkah Cara Belajar Anda Selama Ini? – Di era keterbukaan informasi seperti saat ini, Anda bisa dengan mudah belajar dari banyak sekali sumber pengetahuan. Bisa belajar melalui Facebook atau membuka Youtube untuk mempelajari tutorial yang bermanfaat.

Meskipun kehadiran teknologi membawa pengetahuan lebih mudah untuk diakses oleh banyak orang, tetapi hal tersebut tidak serta merta membuat orang jauh lebih pintar. Faktanya banyak orang yang tidak pernah belajar tentang cara belajar dengan benar.

Baca Juga: 8 Hal yang Harus Dilakukan untuk Mempelajari Hal Baru

Untuk itulah kali ini kami akan mencoba untuk menjelaskan kepada Anda semua tentang 3 teknik belajar yang tepat di era keterbukaan informasi seperti saat ini.

Simak pembahasannya di bawah ini.

4 Teknik Belajar yang Tepat di Era Keterbukaan Informasi, Benarkah Cara Belajar Anda Selama Ini?

1Saring Informasi yang Bermanfaat

Saring informasi cara belajar

Saat Anda belajar melalui internet, maka bisa jadi jumlah informasi yang bisa diakses selalu lebih dari apa yang bisa Anda proses. Oleh karena itu, Anda perlu menyaring informasi dan fokuslah pada apa yang perlu Anda tingkatkan. Dengan mengambil langkah seperti ini akan memungkinkan Anda untuk melewati informasi yang tidak berhubungan dengan kemajuan.

2Menerapkan Apa yang Telah Dipelajari

menerapkan yang dipelajari cara belajar

Jika Anda mencoba untuk mempelajari keterampilan baru, maka Anda juga harus belajar untuk menerapkannya. Sebab, pengetahuan tidak akan berguna sampai Anda bisa menerapkannya dengan baik.

Baca Juga: 5 Keterampilan Sederhana yang Bisa Membantu Anda Menjadi Kaya dan Sukses

Lakukan beberapa upaya untuk bisa menguasai keterampilan yang Anda pelajari. Saat Anda mampu menerapkan keterampilan tersebut tanpa harus mengingat teori yang telah dipelajari, maka inilah hasil pembelajaran yang diinginkan.

3Teruslah Berlatih dan Dapatkan Umpan Balik

dapatkan umpan balik cara belajar

Membiasakan diri Anda menerapkan apa yang telah dipelajari adalah langkah yang baik dalam proses pembelajaran. Namun, Anda memerlukan masukan dan saran dari orang lain untuk bisa membawa keterampilan yang telah dipelajari ke tahapan yang berikutnya.

Umpan balik bisa dimulai dari diri Anda sendiri dengan cara melakukan penilaian terhadap diri untuk mengetahui apa yang perlu dikembangkan dan diperbaiki. Jika Anda ingin membuat lebih banyak pertumbuhan, maka Anda bisa meminta umpan balik dari orang lain.

Baca Juga: 5 Tips untuk Tenangkan Diri saat Presentasi

Bisa saja Anda merasa telah melakukan semua hal dengan baik dan tidak memerlukan umpan balik dari orang lain, tetapi akibatnya Anda tidak akan mengetahui apa yang tidak Anda ketahui. Umpan balik yang diberikan oleh orang lain akan membantu Anda menentukan kekurangan yang perlu diperbaiki dan perlu ditingkatkan.

4Terus Belajar dan Hindari Membuang Waktu Pada Informasi yang Tidak Perlu

terus belajar cara belajar - 5 Aturan yang Bisa Diikuti Agar Bisa Belajar Bahasa Apapun Dengan Mudah

Jika Anda ingin menjadi orang yang senantiasa berkembang dan lebih baik, maka jangan pernah berpikir untuk berhenti belajar. Teruslah mengambil peluang untuk belajar dan meningkatkan keterampilan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Salah satu cara belajar adalah dengan berdiskusi dengan para ahli, membaca buku dari penulis yang kredibel, mengikuti seminar dari pembicara hebat, atau mengikuti pendidikan dan pelatihan non-formal yang lainnya.

Baca Juga: Buka Peluang Karir, Ini 12 Lembaga Pendidikan Mitra KoinWorks

Beberapa cara untuk mendapatkan pengetahuan di atas membutuhkan banyak biaya yang harus dikeluarkan. Kendala muncul saat Anda tidak memiliki dana yang cukup untuk membayar biaya pendidikan yang akan diikuti.

Apa yang harus dilakukan saat hal di atas terjadi?

Jangan khawatir, sebab saat ini telah ada KoinPintar yang akan membantu Anda dengan pinjaman dana pendidikan formal dan non-formal. KoinPintar akan terlebih dahulu membayarkan biaya pendidikan tersebut ke lembaga yang akan diikuti.

Selanjutnya, Anda tinggal membayar pinjaman tersebut dengan cara mengangsur sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara yang jauh lebih mudah daripada harus membayar biaya pendidikan tersebut secara langsung di muka.

Hal yang tidak kalah penting adalah suku bunga yang ditawarkan oleh KoinPintar sangatlah rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lainnya.

Tidak hanya itu saja, setiap bunga dan beban yang akan dibayar akan diinformasikan secara transparan kepada Anda. Jadi, tidak akan ada beban bunga yang tiba-tiba bertambah atau jumlah cicilan yang berubah dalam masa pambayaran.

Berbagai kemudahan di atas bisa terjadi karena tujuan utama dari KoinPintar adalah membantu seluruh masyarakat di Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang memberatkan keuangan.

Dengan demikian Anda bisa lebih mudah mendapatkan akses ke pendidikan yang jauh berkualitas dan keterampilan yang lebih baik.

Kami berharap informasi yang di atas bisa memberikan banyak manfaat dan inspirasi kepada Anda yang telah membacanya.

Jika ada pertanyaan yang berkaitan dengan topik di atas, silahkan ajukan pertanyaan kepada kami melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Kami akan dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan yang masuk untuk membantu Anda semua.


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.