5 Biaya Pernikahan Adat Termahal di Indonesia

pernikahan adat termahal di Indonesia

5 Biaya Pernikahan Adat Termahal di Indonesia – Indonesia terkenal dengan negara yang memiliki suku terbanyak di dunia.

Begitu banyak keanekaragaman budaya, mulai dari makanan, baju adat, bahasa, hingga kesenian seperti tarian dan alat musik.

Baca Juga: Begini Trik Mempersiapkan Biaya Pernikahan Dengan Investasi

Dengan begitu kayanya Indonesia dengan budaya yang cukup kental, sehingga ketika pernikahan berlangsung pun begitu banyak atribut budaya yang berbeda disetiap sukunya.

Untuk beberapa etnis, biaya untuk penikahan adat dapat menghabiskan dana yang besar hingga ratusan juta. Untuk mengetahui lebih lanjut ini dia 5 biaya pernikahan adat termahal di Indonesia.

Baca Juga: Tips Mempersiapkan Bridal Shower yang Berkesan


5 Biaya Pernikahan Adat Termahal di Indonesia

Pernikahan Suku Nias

5 Biaya Pernikahan Adat Termahal di Indonesia - nias

Suku Nias merupakan salah satu yang terkenal dengan pernikahan adat termahal di Indonesia. Untuk melamar saja, sang pasangan harus menyiapkan mahar berupa babi dengan total sekitar 25 ekor babi.

Ketika harga seekor babi dimisalkan sekitar 1juta rupiah, maka Anda memerlukan biaya sekitar 25juta rupiah hanya untuk babinya saja.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Malas yang Membuat Kondisi Finansial Anda Menderita

Semakin tinggi tingkat pendidikan mempelai wanita, semakin tinggi pula mahar yang harus diberikan.

Namun, jika ternyata mempelai pria tidak dapat membayar mahar sesuai dengan perjanjian tersebut, maka mempelai pria harus mengabdi kepada mertua hingga mahar tersebut dianggap telah lunas.


Pernikahan Adat Bugis

5 Biaya Pernikahan Adat Termahal di Indonesia - bugis

Ini dia pernikahan ada termahal di Indonesia yang nyatanya juga cukup menguras dompet. Pernikahan adat suku Bugis memiliki persiapan dengan proses yang tebilang panjang dan cukup banyak orang yang dilibatkan didalamnya.

Untuk terselenggaranya pernikahan ini perlu diadakan penyebaran informasi pernikahan tersebut kepada seluruh orang di desa, hal ini bertujuan untuk mendapatkan banyak doa dan bantuan dalam penyelenggaraannya.

Baca Juga: 6 Tanda Bahwa Anda Menyembunyikan Keuangan dari Pasangan

Mahar pun berbeda tergantuk tingkat pendidikan yang telah ditempuh oleh mempelai wanita dan harus dalam bentuk emas, dengan rangkaian acara pernikahan yang tibilang panjang.

Sebagai salah satu pernikahan adat termahal di Indonesia, kisaran biaya untuk melaksanakan penikahan adat Bugis ini dapat mencapai angka lebih dari Rp180 juta.


Pernikahan Adat Minangkabau

5 Biaya Pernikahan Adat Termahal di Indonesia - minangkabau

Sehari sebelum pesta pernikahan adat berlangsung, terdapat acara bernama Malam Bainai  yang dilaksanakan oleh mempelai perempuan.

Malam Bainai adalah malam terakhir bagi calon pengantin wanita sebagai wanita lajang. sebelum pernikahan dengan menghias tangan dengan inai (pacar).

Baca Juga: 3 Hal Tentang Investasi yang Perlu Diketahui oleh Para Wanita

Tak hanya itu terdapat pula Manjapuik Marapulai, yaitu parade penjemputan pengantin pria ke tempat pesta pernikahan berlangsung.

Biaya yang dikeluarkan untuk melaksanakan upacara pernikahan dengan adat Minangkabau dapat mencapai angka lebih dari Rp150 juta yang juga termasuk dalam salah satu pernikahan adat termahal di Indonesia.


Pernikahan Adat Batak

5 Biaya Pernikahan Adat Termahal di Indonesia - batak

Ketika orang Batak menyelenggarakan pernikahan, maka pesta tersebut akan terselenggara dengan meriah dan termasuk pernikahan adat termahal di Indonesia.

Sama seperti pernikahan adat termahal di Indonesia lainnya, besar nilai mahar atau yang biasa disebut dengan sinamot pun tergantung dengan tingkat pendidikan dan pekerjaan dari mempelai wanita.

Baca Juga: 5 Tips dan Strategi Investasi untuk Ibu Rumah Tangga

Ulos merupakan busana yang dikembangkan oleh masyarakat Batak dan kain ini merupakan hal yang penting di dalam setiap pernikahan Batak, juga sebagai penanda status sosial.

Harga ulos pun tegolong mahal mulai dari ratusan hingga mencapai jutaan rupiah. Untuk pelaksanaan pernikahan, biasanya ulos yang diberikan untuk keluarga kedua mempelai adalah ulos yang terbaik.

Semakin panjang prosesi pernikahan adat Batak semakin menguras kantong pula, ditampabah lagi bila ada ritual khusus lainnya. Biaya dapat mencapai lebih dari Rp150 juta. Wah, tidak heran ya kalau ini merupakan salah satu pernikahan adat termahal di Indonesia!


Pernikahan Adat Suku Sasak

5 Biaya Pernikahan Adat Termahal di Indonesia - lombok

Ini dia pernikahan adat termahal di Indonesia selanjutnya. Suku Sasak berada di kampung Sade, Lombok Tengah. Suku ini sangat mempertahankan tradisi asli, bahkan dalam tata cara pernikahan.

Untuk mahar pernikahan suku Sasak sendiri pun tergantung dari tingkat pendidikan dan pekerjaan memempelai wanita.

Jika mempelai wanita bekerja sebagai pegawai negeri, mahar yang diberikan berkisar antara 10 hingga 250 juta rupiah.

Seluruh jumlah biaya tersebut adalah perkiraan yang mungkin jumlahnya dapat lebih dari angka tersebut, karena tidak terdapat aturan baku soal ini.

Baca Juga: Tips Keuangan: Ikuti Tips Ini Demi Mempersiapkan dan Menghemat Biaya Pernikahan

Nah, itulah dia 5 biaya pernikahan adat termahal di Indonesia. Apakah Anda juga pernah mengalaminya?

Pada dasarnya, aari suku manapun Anda dan pernikahan adat manapun yang akan dilaksanakan, hhal yang perlu disadari adalah Anda mungkin saja akan mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Jangan sampai Anda terlambat menabung untuk mempersiapkan biaya pernikahan! Hal tersebut dapat memicu tingkat stres juga dapat mengubur dalam-dalam meriahnya pesta pernikahan impian Anda.

Sebelum hal itu terjadi, mulailah menyisihkan pendapatan Anda untuk persiapan pernikahan kelak.

Bagaimana caranya? Apakah menabung saja cukup? Tahukah Anda, Anda juga dapat memulai menginvetasikan uang di platform P2P Lending, seperti KoinWorks, lho! Investasi dapat dimulai dari Rp100.000 saja dengan bunga rata-rata mencapai 21,32% per tahun.

Masih bingung bagaimana cara menggunakan KoinWorks? Yuk, baca panduannya di sini atau tonton videonya di bawah ini, ya!

Tunggu apa lagi, yuk mulai beinvestasi untuk masa depan Anda!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Devayanti Pardi

Devayanti Pardi

Content Creator at KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.